11 Ide Jualan Makanan dengan Modal Kecil Tetapi Menguntungkan

12 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 10 Jul 2023

Siapa bilang memulai bisnis dengan modal kecil tidak bisa menguntungkan? Sekarang ini, ada banyak sekali macam bisnis yang bisa dikerjakan meski hanya dengan modal minim. Contohnya saja menjual makanan-makanan yang sedang hits dan banyak diminati masyarakat. Ide jualan makanan bermodal minim tersebut tentunya juga bisa mendatangkan untung hingga berkali-kali lipat. 

 Ide jualan makanan

Ini karena bisnis makanan akan menjadi prospek bisnis yang menguntungkan dalam beberapa tahun ke depan. Lantas, apa saja ide jualan makanan yang worth untuk dicoba meski dengan modal minim? Yuk simak seluruh rekomendasinya di bawah ini!

Baca juga: Rekomendasi Ide Bisnis Online dengan Omzet Tinggi

1. Seblak

Makanan pedas, gurih, dan berkuah ini jadi salah satu ide jualan makanan yang menjanjikan. Modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu banyak dan Anda bisa sesuaikan varian seblak sesuai dengan budget yang Anda miliki. Popularitas makanan khas Garut ini memang tidak perlu diragukan lagi. Hampir setiap daerah di Indonesia bisa ditemukan penjual seblak. Jadi, bisa dikatakan tidak akan sulit untuk memulai bisnis ini. Namun, terlepas dari popularitasnya, Anda tidak perlu khawatir jika memiliki banyak pesaing. Yang terpenting adalah Anda bisa menghasilkan resep yang enak dan membuat pelanggan Anda ketagihan untuk membeli kembali. 

2. Risol Mayo

Akhir-akhir ini, risol mayo menjadi makanan atau jajanan yang begitu digemari. Bahkan, makanan ini sempat viral karena rasanya yang enak. Tidak mengherankan jika risol mayo pun akhirnya menjadi ide jualan makanan yang mulai digeluti oleh banyak masyarakat di Indonesia. 

Lezatnya risol mayo didukung karena isiannya yang sangat padat seperti daging, telur, dan saus mayonnaise sebagai ciri khas utama. Ditambah lagi dengan bagian luarnya yang dibalur dengan tepung roti sehingga semakin menambah rasa risol tersebut semakin garing dan gurih. 

3. Sosis Bakar

Sosis bakar mungkin bukan lagi ide jualan makanan yang baru sekarang ini. Namun, sosis bakar juga patut untuk dicoba karena minat pasarnya juga masih cukup tinggi. Terlebih lagi jika sosis bakar masuk dalam ide jualan makanan yang bermodal minim. Anda hanya perlu membutuhkan modal untuk membeli aneka jenis sosis dan menyiapkan saus untuk menambah rasa dari sosis tersebut. Tetapi, sama halnya dengan trik penjualan makanan lainnya, menjual sosis bakar juga mengharuskan Anda untuk lebih kreatif. Anda harus bisa melihat peluang yang ada untuk menarik lebih banyak konsumen di tengah persaingan yang sudah cukup banyak. 

4. Salad Buah

Gaya hidup sehat semakin hari semakin disadari pentingnya oleh masyarakat Indonesia di masa kini. Hal ini ditunjukkan oleh meningkatnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi makanan yang sehat. Tentunya ini bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan pula bagi Anda. Salad buah yang merupakan makanan yang kaya akan serat dan vitamin dapat menjadi ide jualan makanan yang sehat dengan modal minim. Proses pembuatannya juga tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyiapkan buah-buahan segar, lalu memotongnya menjadi bagian-bagian kecil.Untuk menambah kelezatan, Anda bisa tambahkan mayonnaise, susu, dan menaburkan keju untuk toppingnya. Jangan lupa untuk menyimpannya di dalam kulkas sebelum dijual supaya rasa salad buahnya semakin nikmat. Gampang, bukan?

Baca juga: 10 Ide Bisnis Modal Kecil Buat Tambahan Uang

5. Crepes

Makanan manis satu ini punya ciri khas yang spesial yaitu teksturnya yang renyah saat dimakan. Sekilas, proses pembuatan crepes mirip dengan  martabak manis. Hanya saja, crepes dibuat setipis mungkin untuk menghasilkan tekstur yang renyah. Varian rasa yang beragam menjadi daya tarik utama dari banyaknya peminat crepes. Umumnya, crepes disajikan dengan topping keju, susu, cokelat, hingga buah-buahan segar. Semakin beragam dan unik isiannya, semakin banyak pula peminat dari crepes. Ini bisa menjadi ide jualan makanan yang patut Anda coba karena selain mudah dibuat, modal yang diperlukan juga tidak terlalu banyak dengan keuntungan yang bisa berlipat-lipat. 

6. Churros

Selain crepes yang punya daya jual tinggi, churros adalah ide jualan makanan yang cukup kekinian beberapa tahun belakangan ini. Makanan asal Perancis ini terbilang unik dengan campuran rasa manis dan gurih. Meski berasal dari Perancis, bahan-bahan untuk membuat churros ternyata sangat mudah untuk didapatkan. Cara membuatnya pun cukup simple, bahkan tidak membutuhkan waktu lama. 

7. Pisang Keju

Buah pisang bisa dibilang buah yang diidolakan sebagai bahan makanan. Bagaimana tidak, ada banyak sekali jenis ide jualan makanan yang berbahan dasar pisang, contohnya pisang keju. Pada dasarnya, makanan ini dibuat dengan ukuran lebih mini dibandingkan dengan pisang goreng yang dijual di pasaran. Untuk menambah rasa dan meningkatkan selera pembeli, pisang keju akan ditaburi dengan coklat dan keju.

8. Corndog

Siapa sih yang tidak tahu jajanan asal korea satu ini. Corndog mulai diperdagangkan di Indonesia sejak makanan dan jajanan khas Korea mendunia. Makanan satu ini dibuat dari sosis yang dibalut dengan adonan tepung dan diberi topping sesuai selera. Umumnya, corndog dijual dengan varian yang gurih dan asin. Tetapi, ada pula yang menjual varian manis untuk corndog guna menarik perhatian pembeli lebih banyak. Dengan meningkatnya popularitas K-Pop dan K-Drama di Indonesia, corndog dinilai akan jadi ide jualan makanan yang menguntungkan. Banyak penggemar budaya Korea yang penasaran dengan rasa makanan satu ini, sehingga Anda bisa menjadikannya peluang usaha yang cukup potensial.

Baca juga: Tips dan Ide Bisnis Online untuk Pemula yang Bisa Diterapkan

9. Tahu Krispi dan Kentang Goreng

Makanan satu ini sangat mudah ditemukan terutama di pusat-pusat kuliner seperti pasar malam. Peminatnya pun tidak kalah bila dibandingkan dengan makanan-makanan lainnya sehingga omset yang dihasilkan juga cukup besar. Untuk modal yang dibutuhkan dalam membuat tahu krispi dan kentang goreng juga cukup kecil, jadi ide jualan makanan ini akan cocok bagi Anda yang memiliki modal minim.  

10. Martabak Manis Mini

Selain martabak manis dalam ukuran besar, martabak manis mini juga bisa menjadi ide jualan makanan yang menarik. Meski berbeda secara ukuran, bahan dan cara membuatnya pun tidaklah berbeda. Anda hanya perlu mengkreasikan topping yang bervariasi untuk menarik minat pembeli. 

Dari segi peluang bisnisnya, martabak manis mini bisa dibilang punya peluang yang baik. Apalagi karena bentuknya yang mini, harga yang ditawarkan pun bisa lebih murah dari martabak ukuran besar biasanya. Dengan harga yang jauh lebih terjangkau, pembeli biasanya akan lebih tertarik untuk membeli dan sangat mungkin bagi Anda untuk mendapatkan untung yang lumayan. 

11. Cilor dan Maklor

Kedua makanan ini sering ditemukan di lingkungan sekolahan. Pasalnya, banyak anak sekolah yang menggemari kedua makanan tersebut. Sama-sama dibuat dengan campuran telur, cilor dan maklor memiliki rasa gurih dan membuat ketagihan untuk membeli lagi. Modal yang dibutuhkan untuk membuat kedua jajanan ini juga relatif kecil. Untuk cilor, Anda hanya memerlukan dua bahan utama yaitu aci dan telur, sedangkan maklor membutuhkan bahan makaroni dan telur. Dengan bahan-bahan yang sederhana ini, Anda sudah berpeluang untuk mendapatkan omset ratusan ribu per harinya.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Modal 1 Juta Yang Menjanjikan

Sekian 11 rekomendasi ide jualan makanan dengan modal minim, tetapi dipastikan sangat menguntungkan. Tetapi, jika Anda memiliki kendala dalam hal modal bisnis, Anda bisa dapatkan bantuan dari Kredit Pintar yang terbukti kecepatannya dalam pencairan dana.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download