Cara Mengetahui Hasilnya dan Harga Test Pack

05 Jan 2023 by kreditpintar, Last edit: 06 Jan 2023

Bagi seorang wanita yang telah menikah, pastinya akan harap-harap cemas jika sudah merasakan tanda-tanda spesial seperti terlambat datang bulan dan mual-mual. Apakah ini memang merupakan tanda sedang hamil atau tidak. Ini dia Harga Test Pack.

Cara Mengetahui Hasilnya hingga Harga Test Pack

Baca juga: Cara Pakai Tespek Dengan Baik Dan Akurat

Nah, untuk membantu mengetahuinya umumnya para wanita akan menggunakan test pack atau tespek. Alat yang satu ini memang berfungsi sebagai alat pengecekan awal untuk memberitahu apakah memang Anda sedang berbadan dua atau tidak.

Tentu saja pemeriksaan ke dokter setelahnya bisa lebih menguatkan keyakinan Anda akan tanda-tanda tersebut. 

Jadi, apa sebenarnya test pack itu? Bagaimana cara menggunakannya agar hasil yang didapatkan akurat? Berapa saja harga test pack di pasaran sekarang ini? Simak terus penjelasan lengkap kami di bawah ini.

Sekilas Tentang Test Pack

Test pack adalah alat untuk mengetahui kehamilan dengan cara mendeteksi kandungan hormon kehamilan atau Human Chorionic Gonadotropin (HCG) yang terdapat dalam air urin wanita. Hormon HCG ini sendiri diproduksi oleh tubuh setelah sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. 

Jadi, apabila saat ini Anda mengalami tanda-tanda seperti orang yang sedang berbadan dua tetapi belum yakin, segera coba uji dengan test pack dan lihat hasil berapa jumlah garis yang dihasilkan pada alat tersebut.

Oleh karena tes uji ini sifatnya instan maka bisa dikatakan test pack yang berbentuk stik memang sangatlah praktis untuk menguji kondisi Anda.

Prinsip kerjanya sangatlah sederhana. Tinggal celupkan alat pada sampel urin atau darah yang mengandung hormon HCG seperti yang telah dijelaskan di atas. Lalu tinggal tunggu hasilnya apakah positif atau negatif.

Anyway, ada dua jenis test pack yang dapat Anda gunakan untuk mendeteksi kehamilan yakni test pack yang menggunakan sampel urin dan yang satunya dengan sampel darah. Apa perbedaan diantara keduanya? 

Berikut dijelaskan di bawah ini.

  • Test pack memakai sampel urin, adalah test pack paling populer dan yang paling banyak digunakan oleh para wanita oleh karena paling mudah digunakan di manapun baik itu di rumah maupun klinik. Caranya hanya dengan mengambil sampel urin sendiri lalu meneteskan, mencelupkan atau meletakkan alat tersebut pada aliran sampel urin.
  • Test pack memakai sampel darah, adalah test pack yang umumnya digunakan di rumah sakit atau klinik dengan didampingi oleh dokter. Kelebihan test pack dengan darah adalah memberikan hasil yang lebih akurat dalam mengetahui kehamilan Anda dibanding dengan memakai urin.

Cara Mengetahui Hasil Test Pack

Umumnya hasil hamil tidaknya pada test pack ditunjukkan dengan adanya tanda garis. Jika satu garis maka itu artinya negatif atau Anda tidak hamil. Namun bila dua garis artinya positif hamil. 

Namun perlu diingat juga bahwa bisa jadi tanda ini berbeda pada beberapa produk test pack. Misalnya, ada yang lebih prefer menggunakan tanda plus untuk hasil positif dan minus atau strip jika negatif. 

Walaupun begitu, Anda juga harus mengetahui bahwa kemungkinan hasil tidak akurat pun bisa terjadi ketika melakukan uji menggunakan test pack. Misalnya saja, hasil negatif yang tidak akurat dan positif yang juga tak akurat alias positif palsu.

Nah, untuk menghindari kemungkinan tersebut maka Anda harus mengetahui alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi. Misalnya untuk hasil negatif yang tidak akurat, penyebabnya bisa saja karena dua alasan yaitu pertama, waktu dan penggunaan test pack-nya kurang tepat. Kedua, produk test pack yang Anda pakai sudah rusak.

Lantas, bagaimana dengan hasil positif palsu? Apa saja penyebabnya? Well, hasil positif palsu dari test pack itu bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya:

  • Keguguran yang terjadi sesudah sel telur menempel pada dinding rahim
  • Kehamilan ektopik, artinya kehamilan yang disebabkan oleh karena telur dibuahi di luar uterus sang ibu atau dalam bahasa sederhananya yaitu kehamilan yang terjadi di luar rahim
  • Ada kelainan pada indung telur
  • Menopause
  • Efek pengobatan tertentu yang Anda gunakan

Anyway, untuk menghindari keragu-raguan dan terjadinya kemungkinan tidak akurat seperti yang telah dijelaskan, ada baiknya Anda langsung berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui secara medis apakah Anda benar-benar positif hamil atau tidak.

Waktu yang Tepat Memakai Test Pack

Sebelum mengetahui harga test pack, Anda harus mengetahui dulu kapan waktu yang tepat untuk memakai test pack supaya hasilnya akurat dan lebih maksimal. 

Menurut beberapa literatur, waktu yang tepat adalah pada saat jumlah hormon HCG Anda sedang tinggi. 

Cara Mengetahui Hasilnya hingga Harga Test Pack

Baca juga: Tanda-tanda Hamil Muda yang Harus Anda Ketahui

Kapan waktu tersebut? Yaitu pada saat Anda buang air kecil pertama di pagi hari, terutama ketika sudah telat haid beberapa hari. 

Rekomendasi Merek-merek Test Pack Terbaik 

Ada beberapa rekomendasi merek test pack terbaik yang bisa Anda pilih jika ingin mengecek apakah Anda sedang hamil atau tidak. 

Berikut beberapa merek yang patut untuk Anda pertimbangkan.

  1. OneMed

Test pack yang satu ini merupakan salah satu test pack paling recommended yang bisa Anda pilih. Selain karena merek ini mengklaim bahwa hasil uji-nya akurat hingga 99,9%, test pack berbentuk strip ini juga membantu memberikan informasi dengan cepat. 

Prinsip kerjanya sendiri sama dengan cara kerja test pack pada umumnya yakni mendeteksi tingkat kadar hormon Human Chorionic Gonadotrophin (HCG) dalam air urine Anda, dimana biasanya kadarnya meningkat saat awal-awal periode kehamilan.

Cara penggunaannya pun cukup sederhana yaitu celupkan strip test pack dalam sampel urine selama 30 detik. Kemudian, tunggu satu hingga tiga menit maka hasil pun akan keluar. Satu garis untuk hasil negatif dan dua garis apabila Anda hamil. Sebaiknya gunakan test pack ini tujuh hari setelah Anda berhubungan intim dengan pasangan. 

  1. Sensitif

Dikenal sebagai merek test pack terpopuler di Indonesia, alat penguji kehamilan yang satu ini cukup bervariasi bentuknya. Ada yang berbentuk strip seperti yang biasa dicelupkan ke sampel air urin, namun ada juga yang bertipe digital. 

Harga test pack yang satu ini pun termasuk terjangkau diantara merek-merek lain. Dan yang paling penting adalah merek yang satu ini bisa dengan mudah Anda temukan baik itu di apotik maupun di e-commerce. 

  1. Pregcy

Produk test pack lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan adalah merek Pregcy. Produk ini juga sensitif terhadap kadar HCG dalam sampel urin bahkan hingga 10 mlU/mL dengan hasil hingga 99,9% akurat. 

Cara penggunaannya sangatlah sederhana, mudah serta praktis bahkan bisa Anda lakukan sepanjang hari. Sama dengan produk test pack lain yang menggunakan sampel urin maka sebaiknya gunakan sesuai dengan petunjuk yang ada pada kemasan produk dengan benar supaya Anda bisa memperoleh hasil maksimal.

  1. ClearBlue

Jika ingin menggunakan alat test pack yang lebih lengkap maka Anda harus mencoba ClearBlue. Tak hanya menampilkan bahwa Anda sedang hamil atau tidak, ClearBlue juga bisa menunjukkan perkiraan tentang berapa usia kandungan Anda bila hasilnya positif hamil.

Untuk keakuratannya, ClearBlue mengklaim bahwa persentase hasil uji kehamilannya mampu mencapai hingga 99%. Sementara itu, untuk keakuratan usia kandungannya bisa mencapai persentase hingga 93%.

  1. Akurat

Dikenal sebagai alat test pack yang lumayan terjangkau harganya, merek Akurat menawarkan tingkat akurasi hasil uji kehamilan hingga 10 mIU. 

Bentuk alatnya agak berbeda dengan merek lain yakni agak lebih tebal dibandingkan merek lain yang menggunakan bentuk strip.  

Cara Mengetahui Hasilnya hingga Harga Test Pack

Baca juga: Mudah! Ini Cara Mengetes Kehamilan

Cara pemakaiannya adalah Anda hanya perlu membuka penutup alatnya lalu mencelupkan bagian ujung Akurat ke dalam sampel urin dalam rentang waktu 30 sampai 60 detik. Hasilnya pun akan muncul hanya sekitar satu sampai tiga menit sesudahnya. 

Daftar Harga Test Pack Terbaru 2022

Lantas, berapa saja kisaran harga test pack terbaru 2022? Pastinya sangat bervariasi tergantung pada merek test pack yang ingin Anda beli. 

Jikalau ingin melihat perbandingan harga tiap merek, Anda bisa melihatnya bahkan membelinya dengan mudah secara online di berbagai e-commerce. 

Cara ini tentunya sangat membantu bagi Anda yang tidak sempat pergi ke apotik yang mungkin saja jauh dari tempat tinggal Anda. 

Berdasarkan beberapa referensi, berikut contoh kisaran harga test pack yang dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli.

  • Sensitif Compact Alat Tes Kehamilan seharga 34K
  • Sensitif Digital Alat Tes Kehamilan sekitar 108K
  • Sensitif Strip Alat Tes Kehamilan seharga 30K
  • GEA Test Kehamilan Hcg Box seharga 49K (sale dari 55K)
  • GEA Tes Kehamilan Tespek – Hcg Urine Pregnancy 1 Box Isi 50 Pcs sekitar 54K
  • OneMed Tes Hamil/ Strip Tes Kehamilan/ Tespack seharga 86K
  • Sensitif Alat Tes Kehamilan Digital seharga 192K (sale dari 384K)
  • Testpack Midstream Woman Choice Strip with Urine Glass sekitar 47.332 rupiah
  • Testpack Strip Woman Choice Strip with Urine Glass seharga 32.221 rupiah
  • Tes Kehamilan Merek Testpack Midstream seharga 50K
  • OneMed Alat Tes Kehamilan Test Blue One sekitar 38K hingga 87K (sale dari 100K)
  • OneMed Test Strips Kehamilan Box seharga 102.870 – 103.000 rupiah
  • OneMed Test Kehamilan Instan dan Steril per-Box seharga 50.900 rupiah (sale dari 55K)
  • Sensitif Test Pack Alat Tes Kehamilan Instan sekitar 30K
  • Sensitif Compact Testpack Alat Uji Kehamilan seharga 45K (sale dari 50K)
  • Andalan Pregnancy Test Kit 6 Pcs sekitar 74K
  • Guardian Pregnancy Test Strip 25 sekitar 127.119 rupiah
  • Sensitif Compact Test Kehamilan Box 10 Pack sekitar 506K
  • Steril Hcg Strip Test Kehamilan 1 Bok Isi 50 Strip seharga 68.400 rupiah
  • BlueOne Tes Kehamilan Onemed 2 Strips sekitar 122K (sale 244K)
  • Woman Choice Strip Wadah sekitar 31.400 rupiah
  • OneMed Tes Kehamilan Blue One 25 Pcs seharga 42.900 rupiah
  • OneMed Ultraone Tes Kehamlan Isi 50 Testpack Strip Hcg Urine Pregnancy Test Akurasi 99,9% seharga 222K
  • Femitia Sensitip Strip Tes Kehamilan Pribadi Box Isi 50 sekitar 119.800 rupiah
  • Testpack Strip Midstream seharga 32.887 – 50.000 rupiah
  • Sensitif Strip Uc Alat Tes Kehamilan Pribadi Strip seharga 43.245 rupiah (sale dari 46.500 rupiah)
  • OneMed Tes Hamil/ Tes Pack/ Tes Kehamilan One Med Box seharga 150K
  • MONOTES Rapid Test Hcg Pregnancy Strip Alat Tes Kehamilan sekitar 65K
  • Sensitif Box Danpax seharga 515.386 rupiah
  • Danpac Pharma Sensitif Uc Tes Strip Kehamilan sekitar 35.800 rupiah
  • ORIENT Tes Kehamilan Isi 50 Pcs Test Hcg Strip seharga 75K

Demikianlah penjelasan lengkap tentang test pack sebagai alat uji kehamilan dini mulai dari cara mengetahui hasilnya, kapan waktu yang tepat untuk digunakan, merek-merek terbaik apa saja yang sekiranya paling recommended untuk Anda hingga harga test pack terbaru 2022 yang bisa dijadikan referensi sebelum membeli. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Jan 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download