Rekomendasi dan Harga Cincin Tunangan

16 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 29 Jun 2022

Setelah memantapkan hati untuk membuka lembaran baru dengan yang paling disayangi, maka memiliki cincin sebagai simbol mengikat janji, menjadi hal utama yang sangat penting. Tentunya hal pertama harus memiliki cincin tunangan yang menawan. Pasti Anda menginginkan untuk memilih harga cincin tunangan yang cocok juga.

Pada proses pemilihan cincin untuk pertunangan Anda, maka begitu banyak yang menjadi bahan untuk pertimbangan, contohnya merupakan dari unsur material, kemudian model, beserta harganya harus cocok. 

Namun, memilih cincin yang terdapat terlalu banyak pilihan justru dapat menyulitkan Anda jika hendak memilih 1 dari berbagai banyaknya pilihan yang disajikan. Maka, perlu Anda ketahui terlebih dahulu beberapa ulasan mengenai cincin tunangan di bawah ini. 

Perbedaan Cincin Kawin dengan Cincin Tunangan

Jangan salah, walaupun sama-sama cincin, tetapi memiliki makna yang berbeda antara cincin pernikahan dengan cincin tunangan. Berikut ulasannya, intip yuk!

Pertama, cincin tunangan pada umumnya seorang pria yang memberikan cincin kepada pasangan wanitanya. Pada prosesi pemberian cincin saat tunangan bukanlah kewajiban sebelum menikah, bahkan dalam proses memberikan cincin tidak harus sepasang. Bisa dengan cara hanya 1 cincin saja untuk wanita.

Kedua, pada cincin pernikahan, menyimbolkan suatu komitmen dalam hubungan maka memutuskan untuk menikah yang dilangsungkan oleh pasangan pria dan wanita yang memutuskan untuk menjadi pasangan resmi suami istri. Pernikahan tentunya resmi dan tercatat resmi dari negara dan agama. Cincin kawin tentunya digunakan oleh kedua mempelai suami istri.

Pada umumnya, cincin pertunangan memiliki desain yang terkesan lebih mewah dengan memiliki arti lambang keseriusan dan hati seorang pria yang sudah tulus untuk melamar seorang wanita pilihannya. Sedangkan cincin pernikahan memiliki desain yang sangat sederhana, hal ini mengartikan bahwa pasangan yang memutuskan untuk bersatu dan hendak menjalani kehidupan yang saling setia dalam keadaan sehat maupun berduka.  

Baca juga : Tips Memilih Cincin Tunangan yang Tepat

Cara Memilih Cincin Tunangan 

Seperti yang Anda ketahui, karakter desain dari cincin pernikahan memiliki sifat yang sederhana dan desain yang cenderung biasa saja. Sangat berbeda dengan karakter cincin tunangan. Cincin tunangan sangat banyak macamnya, bahkan ada yang ada berlian. 

Nah, sebelum membeli cincin tunangan, sebagai calon pembeli yang cerdas ada baiknya jika Anda memahami cara memilih cincin tunangan. Selain itu ada beberapa faktor yang dapat berdampak pada harga cincin tunangan. Berikut ulasan singkatnya ada apa saja. 

Pada berlian, begitu banyak jenis berlian bahkan termasuk warna, lalu kejernihan, kemudian kadarnya serta yang terakhir dari potongannya. Apabila budget Anda memenuhi, membeli cincin yang ada berliannya cukup menjadi pilihan yang terbaik. 

Dari segi desain, harga cincin tunangan tergantung berdasarkan tingkat rumitnya desain cincinnya sendiri. Begitu rumit desain cincin maka, cincin tersebut diberi nilai yang lebih tinggi.

Kemudian dari segi logam, cincin yang terbuat dari bahan logam akan menjadi faktor harga cincin tunangan. 

Bahan logam platinum memiliki nilai yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan bahan dari emas. Sedangkan bahan dari emas, Anda harus cermati berapa kadar emas cincin. Jika sangat tinggi kadarnya maka nilainya akan semakin tinggi. Selain itu terdapat juga logam  yang nilainya lebih mudah bersahabat dengan dompet Anda, contohnya itu perak, lalu ada titanium, kemudian yang terakhir ada juga palladium.

Baca juga : Ide Mahar Pernikahan Menarik dan Kekinian

Rekomendasi Harga Cincin Tunangan Terbaik

  1. Desain Cincin Unik dengan Dua Menara Eiffel, Parisian Collection Eiffel Ring : dengan harga mulai dari Rp 11.990 juta 

Ketika dengar Eiffel, otomatis teringat dengan menara Eiffel serta semua suasana Kota Paris. Cincin yang satu ini merupakan rekomendasi koleksi Yaitu Parisian Series. Dilengkapi dengan desain yang sangat unik dengan menyerupai bentuk dari dua menara Eiffel yang sedang menopang berlian yang letaknya berada di posisi tengah lingkaran pada cincin.

Cincin ini diberi nilai pada satu karat berliannya terhitung begitu mahal kemudian bisa diakali desainnya dengan cara menyatukan berlian yang kecil. Berlian yang ada pada cincin ini pun terlihat tidak kecil serta tampilannya menyerupai bagaikan berlian dengan berat satu karat.

  1. Cincin Berlian Modern yang Menarik Perhatian, Cincin Emas Berlian Eropa : diberi seharga Rp 12.250 juta

Selanjutnya, cincin berlian dengan nama Cincin Emas Berlian Eropa yang sengaja dirancang untuk Anda dan pasangan yang suka dengan desain cincin tunangan yang bersifat elegan. Sisi uniknya cincin ini merupakan deretan batu berlian dengan memberi hiasan pada cincin yang dirancang menyerupai bentuk dari rantai yang anggun. 

Maka sebab itu, akan terlihat cahaya yang terpantul dari cincin berlian tersebut. Kilauan cahaya berlian dari cincin ini dapat memberi efek siapapun yang memakainya bagaikan pusat perhatian dalam suatu tempat.

  1. Cincin Berlian Terlihat  Besar, Penelope Diamond Ring : dengan diberi heha mulai Rp 17.168.750

Rekomendasi cincin tunangan berikutnya ini memanfaatkan teknik micro setting. Teknik ini merupakan  cara untuk memasangkan dengan cara mempersatukan berlian-berlian yang ukurannya kecil maka akan kelihatannya menyerupai berlian dalam wujud yang tidak kecil. Berlian yang terdapat dalam cincin akan tampak besar dari ukuran cincinnya. Harga cincin dengan berlian ini bisa dibilang bersahabat jika Anda bandingkan dengan beberapa perhiasan berlian solitaire.

Demikian beberapa ulasan mengenai jenis dan harga cincin tunangan. Begitu banyak pilihan yang dapat Anda sesuaikan harganya dengan isi dompet Anda. Berbagai macam cincin tunangan yang dapat Anda pilih, beberapa diantaranya Waverly Diamond Ring yang menawarkan kombinasi yang mewah antara 2 permata dijadikan satu dalam sebuah cincin, kemudian ada juga Giselle Small Platinum Diamond Ring dengan model klasik sederhana tetapi selalu meninggalkan kesan yang elegan bisa menjadi pilihan terbaik untuk cincin tunangan Anda.

Namun, Anda juga harus cermat dalam memilih cincin tunangan, harus memastikan keasliannya, serta tidak ada patokan bahwa cincin tunangan harus mewah, karena hakikatnya cincin hanya sebuah lambang komitmen Anda dengan pasangan Anda untuk menuju jenjang yang lebih serius. Meskipun seperti yang Anda telah ketahui bahwa cincin tunangan sangat identik dengan kemewahan dan keanggunannya, Anda tidak harus membelikan calon tunangan Anda dengan cincin berlian yang mewah. Semoga sedikit membantu Anda, semoga berhasil! 

Baca juga Rekomendasi Tempat Beli Emas Antam Terbaik

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download