5 Teknik Praktis Memakai Email Marketing

01 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 03 Dec 2021

Kebanyakan para pebisnis online mengalami kesulitan dalam membangun list pelanggan, karena belum menemukan media yang tepat. Salah satu cara yang paling efektif dalam membangun koneksi atau interaksi antar pelanggan yang awalnya tidak mengenal brand Anda, hingga menjadi pelanggan yang paling setia adalah email marketing.  

5 Teknik Praktis Memakai Email Marketing

Apa itu email marketing? 

Email marketing adalah strategi pemasaran menggunakan media email dan bersifat personal untuk berkomunikasi dengan pelanggan. 

Berdasarkan riset dari mailistic, tahun 2021 ada lebih dari 4 milliar orang menggunakan email, bahkan dalam 1 hari ada 319,6 milliar email yang terkirim di seluruh dunia. Jumlah yang terus meningkat setiap tahunnya. 

5 Teknik Praktis Memakai Email Marketing

Ilustrasi sederhananya, ketika rekan kerja Anda membeli smartphone dan ingin mengakses sebuah aplikasi yang pertama kali dia perlukan adalah email. Di Indonesia saja, pasti setiap harinya ada ribuan bahkan jutaan email yang terkirim. 

Itulah yang menjadi alasan email marketing efektif digunakan sebagai media pemasaran dan layak untuk dicoba. 

Tetapi sebelum Anda memutuskan memakai email marketing untuk membangun list, ketahui terlebih dahulu keunggulan dan kelemahan dari email marketing. 

Keunggulan Email Marketing 

Tidak bisa dipungkiri jika pebisnis di jaman sekarang menggunakan email marketing untuk mengirim pesan kepada pelanggan, sehingga terjadi interaksi ataupun terjadi pembelian lewat email dan email marketing juga membantu pebisnis lebih meyakinkan pelanggan agar membeli produknya. 

Lalu apa saja keunggulan email marketing? 

  1. Jangkauan super luas 

Bayangkan, Indonesia adalah negara keempat yang memiliki smartphone terbanyak sekitar 160,23 juta, maka dipastikan mereka mempunyai email. Dengan jumlah itu, email marketing memberikan jangkauan yang luas dan potensi mendapatkan pelanggan pun menjadi lebih besar. 

5 Teknik Praktis Memakai Email Marketing

Apalagi email banyak digunakan di seluruh dunia, bukan hal yang mustahil jika Anda bisa mengirimkan pesan ke pelanggan Anda di belahan dunia manapun, sehingga memudahkan Anda mendapatkan pembeli.  

  1. Pelanggan yang tertarget 

Anda bisa mengirimkan pesan kepada pelanggan yang tertarget yang suka rela mengisi alamat emailnya di halaman penawaran Anda, dan berpotensi menjadi buyer atau pelanggan setia. Anda tinggal mengirimkan pesan berupa penawaran, diskon atau promosi lainnya, dan mereka akan mendapatkan email Anda. 

  1. Biaya email marketing yang relatif murah 

Biaya email marketing di Indonesia relatif murah dibandingkan media pemasaran digital marketing lainnya. Ada beberapa platform yang sudah menyediakan tools email marketing untuk menunjang kesuksesan pebisnis di dunia digital atau online. 

Itulah beberapa keunggulan yang bisa jadi pertimbangan Anda memilih email marketing untuk mendapatkan pelanggan. 

Selain keunggulan, Adapun kelemahan yang dimiliki email marketing 

Kelemahan Email Marketing 

  1. Pesan bisa menjadi Spam 

Jika Anda mengirimkan pesan terus – menerus berupa promosi dalam jumlah banyak, hal itu kurang menyenangkan bagi konsumen atau pelanggan. Akhirnya, google akan mengirimkan email Anda ke spam dan kemungkinan pesan Anda tidak akan terbaca oleh siapapun. 

  1. Kemungkinan beberapa pelanggan tidak memiliki email 

Coba lihat Kembali, siapa target bisnis Anda, ada beberapa pelanggan yang mungkin adalah target Anda, tetapi mereka tidak memiliki email, sehingga penggunaan email marketing pada kasus seperti ini menjadi tidak efektif.

  1.  Banyak kompetitornya

Tidak bisa dipungkiri, banyak pebisnis yang memakai media pemasaran email marketing, oleh karena itu, Anda harus bisa mengikuti tren dan menghadirkan konten – konten yang relate dengan target atau pelanggan bisnis Anda, sehingga Anda tidak kalah dengan kompetitor. 

Walaupun email marketing memiliki kekurangan yang cukup membingungkan, tapi ada teknik praktis memakai email marketing agar kelebihannya bisa terlaksana dengan baik, dan meminimalisir kekurangan yang ada. 

5 Teknik Praktis Memakai Email Marketing

5 Teknik Praktis Memakai Email Marketing
  1. Membangun Email List 

Untuk membangun email list, Anda perlu menyiapkan pesan atau konten penawaran yang menarik, dan menjadi Langkah awal Anda untuk melakukan targeting awal. Anda bisa mencoba penggunaan lead magnet. 

Lead magnet adalah sesuatu yang bisa Anda berikan kepada konsumen secara gratis dengan imbalan mereka dengan suka rela memberikan alamat emailnya untuk menjadi subscriber Anda. Salah satu contoh lead magnet adalah Ebook, mini training, video gratis, webinar dan lain – lain. 

“Jika pelanggan memasukkan email dan menjadi subscriber, Anda mendapatkan data siapa target dari bisnis Anda, sehingga membangun list menjadi lebih mudah, dan bisa dimanfaatkan untuk mengirimkan penawaran lainnya yang menghasilkan profit”.

  1. Optimasi Email Menjadi Mobile Friendly 

Berdasarkan data dari Bluehornet, 67,2% konsumen menggunakan smartphone untuk mengakses email mereka, dengan kata lain Anda harus menyiapkan email campaign yang mobile friendly, sehingga enak dan nyaman Ketika dibaca oleh konsumen. 

Ada beberapa tips yang bisa Anda praktekkan, seperti : 

  • mengubah ukuran font lebih besar agar lebih mudah dibaca
  • penggunaan rata kanan kiri sehingga email enak dilihat
  • menyediakan CTA yang menonjol, sehingga pesan lebih mudah tersampaikan 
  • gunakan size image yang fast loading, sehingga pelanggan tidak perlu menunggu
  1. Gunakan Teks Follow Up 

Follow up adalah salah satu jenis strategi dalam email marketing yang memiliki pengaruh cukup signifikan, karena kembali mengingatkan konsumen tentang penawaran yang pernah Anda berikan. 

Ketika Anda mengirimkan pesan, bisa jadi mereka sudah membaca tapi lupa untuk melakukan pembelian, atau belum membaca sama sekali. 

Saat itulah Anda bisa mengirimkan teks follow up. 

  1. Segmentasi Email Marketing 

Mungkin Anda sudah banyak mendengar, jika menggunakan email marketing Anda harus membangun list, tapi ada satu hal penting yang sering dilupakan, yaitu segmentasi email marketing. 

Ciri sukses email marketing adalah pelanggan merasa lebih dekat dengan Anda dan konten yang Anda kirimkan bermanfaat bagi pelanggan. 

Karena minat pelanggan berbeda – beda, dengan melakukan segmentasi, Anda bisa mengirimkan pesan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Ada beberapa segmentasi yang bisa Anda lakukan, seperti : 

  • Subscriber baru 

Anda bisa mengirimkan email selamat datang kepada subscriber baru Anda 

  • Pilihan Pelanggan 

Anda bisa membedakan mana pelanggan yang hanya ingin konten value atau yang ingin promosi 

  • Minat

Anda bisa membedakan mana subscriber yang memiliki minat pada bidang bisnis atau bidang edukasi 

  1. Menghindari Spam Filter

Selain mengatur pesan promosi agar tidak terlalu banyak, ada beberapa cara menghindari pesan masuk ke spam, yaitu :

  • Pastikan subscriber Anda telah memberikan ijin untuk dikirimi pesan oleh Anda.
  • Hindari kata – kata spam trigger seperti “discount”, “cash”, atau “buy”
  • Pastikan Ketika mengirimkan email, domain Anda terverifikasi 
  • Membuat CTA yang jelas 
  • Jaga email code template Anda bersih

Di artikel ini Anda belajar memahami tentang email marketing dan mengetahui keunggulan dan kelemahannya. Selain itu Anda juga mengetahui 5 teknik yang bisa Anda praktekkan dalam menggunakan email marketing untuk membangun list. Semoga artikel ini membantu dan selamat mencoba.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download