Diberikan Oleh WHO, Apa Sih Maksud Sertifikat Vaksinisasi Covid-19?

Diberikan Oleh WHO, Apa Sih Maksud Sertifikat Vaksinisasi Covid-19?

07 Apr 2021 by dan.shen
sertifikat vaksinisasi

Sertifikat vaksinisasi covid-19 merupakan sertifikat untuk seseorang yang telah diberi vaksin. Peserta vaksin akan mendapatkan sertifikat vaksinisasi covid-19 setelah mendapatkan dua dosis suntikan vaksin. Nah, sertifikat vaksinisasi covid-19 hanya ada dalam bentuk elektronik, bukan cetakan. Dari pemerintah Indonesia menuturkan bahwa ada kemungkinan sertifikat vaksinisasi covid-19 digunakan untuk syarat perjalanan. Kabarnya WHO badan kesehatan dunia juga akan memberikan sertifikat vaksinisasi covid-19 elektronik untuk masyarakat dunia yang telah divaksin. Hal ini dilakukan untuk proses identifikasi dan pemantauan masyarakat yang telah menerima vaksin. Namun ini masih dalam tahap perencanaan yang membutuhkan aturan hukum.

Apa kegunaan vaksin?  Vaksin merupakan zat yang sengaja dibuat untuk menghindari tubuh terkena penyakit tertentu. Vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan tubuh untuk mengurangi pengaruh infeksi penyebab suatu penyakit. Vaksin covid-19 yang diberikan oleh pemerintah Indonesia menjadi salah satu upaya untuk menekan kasus covid-19 di Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa pelaksanaan vaksin covid-19 juga tetap harus diiringi upaya pencegahan seperti menggunakan masker, jaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Vaksin covid-19 tentunya memiliki kegunaan, seperti berikut ini.

Terbentuknya herd immunity

Dengan menerima vaksin covid-19 maka diharapakan akan mendorong terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok dalam masyarakat. Dimana misalnya ada bayi baru lahir, maka akan mendapatkan perlindungan dari kelompok masyarakat yang telah menerima vaksin. Selain itu dengan menerima vaksin covid-19, juga akan memberi perlindungan pada kelompok berisiko seperti lansia. Hal ini dapat terjadi karena, kemungkinan seseorang yang telah divaksin menularkan covid-19 menjadi kecil.

Menurunkan angka kasus covid-19

Vaksin covif-19 yang dapat merangsang sistem imunitas tubuh melawan virus corona, sehingga risiko seseorang akan terkena virus covid-19 akan semakin kecil. Walaupun sudah divaksin covid-19 namun tetap terkena virus, maka vaksin akan membantu mencegah komplikasi dan gejala yang lebih berat.

Jumlah vaksin di Indonesia belum cukup untuk diberikan pada seluruh masyarakat. Sehingga ada beberapa kelompok prioritas untuk mendapatkan vaksin covid-19, yaitu.

  1. Tenaga kesehatan dengan risiko tinggi terinfeksi dan menularkan covid-19
  2. Orang yang memiliki pekerjaan dengan risiko tinggi tertular dan menularkan covid-19 akibat tidak dapat melakukan jaga jarak. Seperti TNI, Polri, an petugas pelayanan lainnya
  3. Orang yang memiliki penyakit dengan risiko kematian semakin tinggi apabila terkena covid-19 termasuk lansia

Nah, bagaimana sih cara cek apakah kita terdaftar sebagai penerima vaksin covid-19? Sebenarnya kamu dapat cek sendiri di website peduli lindungi. Kamu juga akan menerima SMS apabila terdaftar sebagai penerima vaksin covid-19, setelah itu kamu akan diarakan untuk melakukan registrasi ulang. Cara cek penerima vaksin covid-19 cukup mudah, berikut langkahnya.

  1. Buka website peduli lingkungan
  2. Masukkan nama lengkap dan Nomor Induk Kependudukan kamu
  3. Masukkan kode keamanan
  4. Apabila nama dan Nomor Induk Kependudukan sudah terisi dengan benar. Maka akan ada keterangan apakah sudah bisa menerima vaksin covid-19 atau belum

Di masa pandemi covid-19 ini, mungkin ada diantara kamu yang kesulitan dalam mencari pekerjaan dan ingin buat usaha yang membutuhkan modal. Jangan khawatir jika tidak punya dana untuk usaha karena sekarang kamu dapat melakukan pinjaman dana yang langsung cair. Kredit pintar merupakan perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman online langsung cair. Kredit pintar telah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan. Cara cek perusahaan yang telah terdaftar di OJK sangatlah mudah, kamu hanya perlu kunjungi website OJK.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk