10 Desain Cafe Instagramable Kekinian Untuk Ide Bisnis

15 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 19 Dec 2021

Tidak hanya rasa dan presentasi makanan, pelaku industri kuliner juga berlomba-lomba menghadirkan desain cafe Instagramable untuk menarik minat pembeli. Fungsi dari menyediakan interior cafe Instagramable adalah mendorong pengunjung untuk berfoto-foto dan memposting di media sosial. Sudah menjadi rahasia umum bahwa media sosial merupakan tempat pemasaran gratis yang bisa menjangkau orang banyak.

Gambar 1

Ngopi-ngopi sendiri sudah menjadi gaya hidup masyarakat Indonesia, baik bagi anak muda maupun kalangan profesional. Sehingga, adanya cafe Instagramable membuat mereka semakin bersemangat untuk jajan ngopi dan memamerkan aktivitasnya di media sosial.

Cafe Instagramable sudah bukan jadi barang langka karena tempatnya semakin banyak dan lokasinya tersebar hingga ke kota-kota kecil. Artikel ini akan memberikan beberapa contoh interior cafe Instagramable yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Konsep Desain Cafe Instagramable Inspiratif

Selain menggaungkan desain estetik sebagai latar foto, penyusunan konsep interior cafe juga harus memberi kenyamanan bagi pengunjungnya. Bagaimanapun juga, pembeli pergi ke cafe untuk mendapatkan quality time dan pengalaman kuliner yang lengkap. Berikut ini contoh interior cafe Instagramable yang bisa Anda jadikan inspirasi.

  1. Cafe Suasana Kebun

Suasana cafe yang asri tentu membuat betah semua pengunjung di dalamnya. Selain beraroma segar, bekerja sambil dikelilingi tanaman dipercaya bisa menurunkan kadar stres. Banyak cafe yang mengusung tema garden, baik itu untuk kebun dalam ruangan dan luar ruangan.

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa cafe semacam ini hanya ada di kota-kota kecil yang masih memiliki banyak ruang hijau. Padahal, kota besar seperti Jakarta juga punya tipe cafe seperti ini. Salah satunya adalah The Garden yang berlokasi di Ruko Garden House Pantai Indah Kapuk.

  1. Cafe Industrial

Interior industrial memiliki elemen khas seperti rangka atap baja, kursi bar besi, lantai konkrit, dan dinding bata putih. Desain industrial yang tampak “setengah jadi” pernah ramai dibahas di Twitter karena dianggap sebagai cara sebuah cafe untuk menghemat biaya konstruksi!

Bagaimanapun juga, desain cafe industrial tetap disenangi banyak orang karena bagus saat dipotret untuk konten Instagram. Terlebih lagi jika cafe tersebut memiliki kursi outdoor. Salah satu contoh desain cafe Instagramable bertema industrial adalah Lot9 Cafe yang berlokasi di Bintaro.

  1. Outdoor

Sudah banyak cafe yang mengusung tema outdoor, baik itu cafe di taman maupun rooftop. Bisa dibilang cafe outdoor lebih banyak disukai pengunjung saat ini karena kondisi pandemi Covid-19. Membuka masker dan minum kopi di udara terbuka tentu lebih minim risiko ketimbang di ruangan tertutup.

Jika berbicara tentang konten Instagram, memotret di cafe outdoor juga terhitung mudah karena pencahayaannya lebih terang. Namun, satu tugas penting yang harus dipikirkan oleh cafe bertema outdoor di negara tropis adalah memastikan pengunjung tidak merasa gerah atau kepanasan.

  1. Semi Outdoor

Ada cafe outdoor, ada pula cafe semi outdoor. Cafe jenis ini menyasar mereka yang ingin menikmati suasana outdoor tanpa harus berada di luar ruangan. Cara yang bisa dilakukan yaitu “menembok ruangan” dengan kaca agar pengunjung bisa menikmati suasana luar meski tetap berada di dalam cafe.

Jika sedang berada di Surabaya, Anda bisa berkunjung ke Cafe Kuppel Biergarten yang memiliki desain langit kaca-kaca berbentuk seperti kubah. Cafe yang mulai buka pada pukul 17.00 ini membuat pengunjung bisa menikmati pemandangan langit malam Surabaya.

  1. Pemandangan Danau atau Laut

Bukan sembarang outdoor, beberapa pengunjung sengaja mencari cafe yang terletak di pinggir danau atau laut. Alasannya apa lagi kalau bukan demi mendapatkan suasana nyaman dan foto Instagramable. Desain cafe semacam ini tentu tidak selalu ada di suatu kota karena butuh elemen alami (danau/laut) yang tidak bisa dibuat manusia.

Anthology Coffee & Tea yang terletak di Komplek Danau Teratai, Bogor, bisa menjadi salah satu tujuan destinasi kuliner Anda. Pengunjung bisa menyesap kopi sembari menikmati suasana danau yang teduh dan tenang.

  1. Interior Chic Dominan Putih

Lelah dengan desain cafe Instagramable yang ribet? Berarti ini saatnya Anda menjajal interior cafe chic dominan putih sederhana. Dekorasi cafe chic biasanya diisi dengan furniture berwarna putih, lampu berjejer rapi, dan bernuansa fresh.

Interior cafe chic tidak memiliki elemen dan pernak-pernik yang rumit. Meja dan kursi ditata elegan agar menciptakan suasana nyaman bagi penggunanya. Tidak jarang cafe tipe ini menjadi favorit pekerja kantoran yang ngopi-ngopi sembari bekerja atau meeting.

  1. Cafe Nuansa 80’s

Cafe bernuansa jadul sangat baik untuk konten Instagram karena Anda bisa memotret banyak hal di dalamnya. Biasanya, cafe dengan interior 80’s memiliki banyak elemen vintage, seperti kursi kayu, hiasan dinding lawas, hingga pajangan sepeda ontel antik. 

Salah satu cafe dengan interior jadul bisa ditemukan di Cafe 80’s Bocor Alus yang terletak di wilayah Bantul, Jogja. Ornamen piring dan gelas logam yang menempel di seluruh penjuru dinding memiliki fungsi sebagai latar belakang foto. Tampilan luar cafe ini pun sudah terasa jadul, sehingga sudah memanjakan mata sejak dari luar.

  1. Permainan Warna Lembut

Selain mengusung tema tertentu, melakukan permainan warna juga menjadi cara untuk mempercantik interior sebuah ruangan. Cafe dengan kombinasi warna lembut bisa membuat pengunjung betah untuk duduk berlama-lama, baik untuk bekerja maupun sekadar nongkrong bersama teman.

Warna yang cocok untuk ini adalah pink, biru cyan, hijau mint, atau kuning butter. Bagi pemilik cafe, jangan ragu untuk menggunakan jasa arsitek dalam merancang interior ruangan demi mendapatkan kombinasi warna terbaik. Contoh interior cafe dengan permainan warna lembut ialah Follie Kitchen & Patisserie yang berlokasi di Canggu, Bali.

  1. Mediterranean Style

Interior Mediterranean mengambil inspirasi dari area beriklim tropis di Eropa Selatan, seperti Ibiza, Santorini, atau Capri. Desain interior yang romantis ini banyak menggunakan material alami, serta perpaduan dekorasi minimalis dan chic

Karakteristik lain dari cafe Mediterranean adalah penggunaan elemen laut, seperti dinding gamping, cahaya terang, furniture berwarna biru. Jika tertarik mendapatkan pengalaman bersantap di cafe dengan Mediterranean style, silakan berkunjung Kim Soo Cafe yang berlokasi di Kabupaten Badung, Bali.

  1. Modern dan Minimalis

Interior cafe yang tampak biasa, tetapi sebenarnya tetap menarik bagi pengunjung, ialah desain modern dan minimalis. Bagaimanapun juga, tetap ada segmen pembeli yang mencari cafe sebagai tempat bekerja. Fungsi ini bisa didapatkan secara utuh apabila cafe tersebut memiliki tempat lapang, bersih, dan terang.

Cafe modern dan minimalis yang sudah dikenal luas masyarakat Jakarta adalah Dia.Lo.Gue yang terletak di bilangan Kemang. Cafe ini menawarkan tangga estetik yang kerap dijadikan latar foto Instagramable.

Itulah 10 contoh desain cafe Instagramable yang bisa Anda kunjungi sewaktu-waktu. Menyesap kopi di cafe cantik tidak hanya akan melegakan dahaga, tetapi juga kepuasan batin karena punya konten Instagram. Jangan lupa tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan duduk berjarak, tidak memaksakan dine in saat sakit, dan lebih baik makan di ruangan terbuka.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

19 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download