5 Tema Yang Cocok Dijadikan Contoh Buku Tahunan Sekolah

26 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 29 Aug 2022

Buku tahunan sekolah seolah-olah menjadi rangkuman momentum indah selama sekolah yang menarik untuk dikenang. Oleh karena itu, buku tahunan sekolah perlu dipersiapkan secara matang dan dipercayakan kepada vendor yang berpengalaman juga. Berikut adalah beberapa desain contoh buku tahunan sekolah yang bisa kalian pertimbangkan untuk dipilih ditambah beberapa hal yang perlu diketahui.

Baca juga: Ternyata Ini Deretan Baju Termahal di Dunia!

Masa sekolah adalah masa paling berkesan yang selalu menyenangkan untuk dikenang kembali. Untuk mengabadikan momen indah bersama teman-teman, dibuatlah sebuah  buku tahunan sekolah yang merangkum kenangan selama masa sekolah. Buku yang juga disebut dengan yearbook ini biasanya berisi foto dan data informasi terkait siswa dalam satu angkatan tertentu di sekolah.

Tak hanya itu, contoh buku tahunan sekolah umumnya juga memuat kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah, misalnya ekstrakurikuler dan kegiatan intra-sekolah lainnya. Selain juga untuk mengenang momen berharga di sekolah, buku ini juga bisa menjadi penyambung silaturahmi antar siswa untuk menjaga hubungan baik. Beberapa informasi yang dicantumkan dalam desainnya biasanya berupa nama, alamat, hingga kontak yang bisa dihubungi.

Inilah Kelebihan Mempunyai Buku Tahunan Sekolah

Sebagai Bukti Keberadaan Diri

Contoh-contoh buku tahunan sekolah ternyata memiliki beberapa peranan yang berharga. Pertama, buku ini tentu menjadi bukti keberadaan diri setiap anggota. Tak hanya membuktikan keberadaan diri sebagai alumni sekolah tertentu, buku ini juga dapat membuktikan bahwa kalian pernah menjadi bagian dari sebuah organisasi.

Mengingatkan pada Teman Lama

Dalam satu angkatan, biasanya setiap sekolah di Indonesia memiliki jumlah siswa dan siswa yang mencapai ratusan. Tentu sulit bagi kalian untuk mengenal seluruh murid meski pernah berpapasan semasa di sekolah. Bahkan, teman yang sering berinteraksi bisa jadi juga sulit dikenali karena terlalu lama tidak bertemu kembali.

Adanya buku tahunan sekolah sebenarnya juga berguna untuk mengingatkan kalian mengenai teman-teman semasa sekolah. Selain foto, biasanya layaknya contoh buku tahunan juga memuat identitas siswa. Hal ini membuat pemilik buku mudah mengingat teman dan juga bernostalgia degan momentum-momentum indah di sekolah.

Bahan Cerita untuk Keluarga

Buku tahunan sekolah dibuat khusus memang sebagai media untuk mengenang masa-masa indah di sekolah. Tak heran jika buku ini biasa disimpan dengan sangat baik dan kembali dilihat ketika ingin mengenang momen menyenangkan di sekolah. Menariknya, buku ini juga bisa menjadi bahan cerita untuk keluarga.

Motivasi Untuk Mengganti Penampilan

Melihat diri sendiri di buku tahunan sekolah biasanya akan membuat kalian mulai untuk introspeksi diri. Tak hanya memikirkan sejarah apa saja yang sudah terjadi di masa sekolah, kamu juga mulai akan memberikan penilaian terhadap penampilan dulu di masa lalu. Hal ini tentunya akan memotivasi kalian untuk memperbaiki diri.

Tips Membuat Desain Buku Tahunan Sekolah agar Lebih Menarik dan Berkesan

Tentukan Judul dan Sub Judul Buku Tahunan

Pembuatan buku tahunan sekolah harus melalui perencanaan yang sangat matang agar menghasilkan buku yang berkesan. Kalian bisa melihat contoh-contoh buku tahunan sekolah yang banyak terdapat di internet. Dalam mempersiapkan buku tahunan sekolah, Pertama sekali yang harus ditentukan adalah judul dan sub judul buku tahunan.

Sebaiknya diskusikan dulu konsep buku tahunan dengan panitia dan perwakilan kelas agar memperoleh kesepakatan. Tak sekadar konsep, kalian bisa menentukan judul dan sub judul masing-masing kelas untuk menghasilkan buku tahunan yang lebih beragam dan dinamis. Dengan menentukan judul, maka akan lebih mudah untuk mempersiapkan desain, dress code dan lokasi pemotretan.

Persiapkan Porsi Halaman untuk setiap Kelas

Jangan lupa untuk membicarakan juga mengenai porsi halaman untuk setiap kelas. Porsi ini bisa disesuaikan dengan jumlah siswa yang ada dalam satu kelas, sehingga diperoleh hasil adil dan lebih mudah dalam penyusunan konten dan layout desainnya nanti.

Tak hanya halaman untuk kelas, kalian juga perlu mempertimbangkan halaman-halaman untuk foto perseorangan, grup, serta foto-foto lainnya. Pastikan bahwa jumlah halaman yang disepakati tidak terlalu banyak dan memberatkan bujet pengeluarannya. 

Pertimbangkan Konten yang ingin Dibuat

Setelah konsep dan jumlah halaman disepakati, saatnya kamu mempertimbangkan konten apa yang akan dibuat. Selain foto kelas dan perseorangan, umumnya pada contoh buku tahunan sekolah juga memuat profil siswa, profil guru, hingga berbagai sambutan dari pihak terkait. Tak hanya itu, profil dan sejarah sekolah juga bisa dijadikan pertimbangan konten yang baik dalam sebuah buku tahunan sekolah.

Pastikan juga bahwa konten yang disusun tak hanya bersifat informatif, namun juga memberikan hiburan dan membuat pembaca mampu mengenang masa-masa sekolah. kalian bisa menambahkan foto-foto ospek atau kegiatan ekstrakurikuler.

Tentukan Timeline Pengerjaan

Setelah seluruh persiapan awal selesai kalian rencanakan, saatnya membuat timeline pengerjaan. Umumnya pengerjaan buku tahunan sekolah memakan waktu lima bulanan. Sebab, tak hanya proses pemotretan dan penghimpunan materi konten saja, ada pula proses editing dan desain yang melelahkan dan percetakan yang memakan waktu cukup lama.

Editing dan Percetakan

Tahap terakhir adalah editing dan percetakan. Tahapan ini bisa dibilang cukup krusial bagi buku tahunan sekolah, sebab menjadi penentu sukses atau tidaknya buku tahunan sekolah yang telah kalian susun bersama panitia dalam waktu yang relatif lama. Oleh karena itu, pilihlah vendor yang tepat dan terpercaya.

Baca juga: Eyeliner Terbaik dаn Tahan Lama

Beberapa tema yang bisa dipakai sebagai contoh buku tahunan sekolah

1. Anak Sekolah

Salah satu tema paling simpel dan tidak mudah dilupakan adalah tema anak sekolah. Dengan tema ini, kalian tidak perlu repot meminjam atau membeli kostum. Cukup gunakan seragam khas sekolah kalian dengan tema yang berhubungan dengan keadaan sekolah.

Walaupun terlihat simple, desain contoh buku tahunan sekolah dengan tema yang satu ini sangat berkesan. Terkhusus ketika kalian dan teman-teman sudah lama tamat dari sekolah nanti. Foto dengan tema anak sekolah dapat dilakukan di dalam kelas maupun di sekitar lingkungan sekolah.

2. Garden Party

Buat kalian yang ingin membuat buku tahunan dengan aya outdoor, salah satu tema yang bisa kalian gunakan adalah garden party. Tema ini akan menghasilkan foto yang terkesan sangat ceria. Kalian bisa menggunakan kostum dengan warna yang cerah atau warna pastel.

Pastikan untuk memilih tempat dengan area rumput yang bersih dan juga dikelilingi pohon-pohon yang rindang. Kalian nggak perlu repot pergi ke tempat yang jauh, kalian bisa mengambil tempat-tempat yang sederhana seperti taman kota, taman sekolah, dan ruang terbuka lainnya.

3. Street Style

Tema yang satu ini pastinya akan membuat foto buku tahunan kalian terkesan keren. Biasanya gaya street style identik sekali dengan gaya model. Salah satu contohnya adalah kalian bisa menggunakan pakaian yang casual seperti kaos dipadukan dengan celana jeans, topi baseball, dan sneakers.

Kalian juga bisa menggunakan properti yang mendukung seperti sepeda, motor, dan papan skate. Supaya terlihat lebih kompak antar sesama, gunakan warna pakaian yang memiliki warna sama dengan teman kelompokmu.

4. Retro

Tema dengan gaya retro ini sebenarnya adalah sebutan untuk gaya fashion yang populer di tahun 1960-an sampai 1990-an. Suasananya akan lebih terkesan bebas dan kontemporer seperti celana cutbray, baju motif, dan lain sebagainya. Kalian juga bisa lebih bebas berekspresi menggunakan baju warna-warni.

5. Vintage

Vintage adalah salah satu tema yang sering menjadi contoh buku tahunan sekolah. Karena memiliki konsep yang unik dan terlihat menarik. Vintage adalah gaya fashion yang pada tahun 1920-an sampai awal 1960-an. Gaya vintage cenderung berkesan sedikit feminim dan diwakili dengan warna yang soft.

Untuk tema ini, kalian bisa mengambil foto di tempat yang bersejarah atau cafe-cafe  dengan nuansa vintage yang kental. Jika kalian tinggal di kota-kota besar pasti tidak akan sulit menemukan tempat foto yang sesuai untuk tema vintage ini.

Baca juga: Daftar Harga Closet Duduk Terbaik Tahun 2022

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download