Cerahkan Kulit Ketiak Hitam Dengan 4 Cara Ampuh Ini!

28 Jul 2021 by Laruan

Masalah ketiak hitam dirasakan hampir seluruh wanita di dunia. Terlebih lagi disaat Sobat Pintar harus menggunakan baju tanpa lengan, menggunakan baju renang, atau melakukan olahraga yang mengharuskan Sobat Pintar untuk mengangkat lengan Sobat Pintar lebih sering.

Ketiak adalah bagian tubuh yang memiliki sifat sensitif yang rentan iritasi yang menghasilkan pigmentasi tambahan. Kulit ketiak dapat terlipat sendirinya yang membuat kulit menyerap bahan-bahan kimia dari produk apapun yang Sobat Pintar gunakan untuk ketiak Sobat Pintar.

Hal inilah yang menyebabkan ketiak Sobat Pintar tampak gelap karena ada sel kulit mati yang menumpuk. Setiap bagian tubuh Sobat Pintar membutuhkan eksfoliasi, maka dari itu, menjaga keseimbangan kulit yang halus sangat diperlukan untuk memperbaiki kulit tanpa iritasi yang lebih lanjut.

ketiak hitam

Jika ketiak Sobat Pintar sudah terlanjur menghitam, Sobat Pintar tidak perlu khawatir. Ada banyak cara dan metode yang bisa Sobat Pintar lakukan dirumah untuk memperbaiki kulit ketiak Sobat Pintar menjadi lebih sehat.

Sebelum kita masuk ke pembahasan cara mencerahkan ketiak berwarna gelap, kami akan membahas beberapa faktor yang menyebabkan kulit ketiak Sobat Pintar menjadi gelap.

Penyebab Kulit Ketiak Hitam

  1. Sering Mencukur Bulu Ketiak

Buat wanita, memiliki bulu ketiak bisa membuat mereka tidak tampil percaya diri ketika mengenakan baju dengan lengan terbuka.

Karenanya, wanita akan lebih sering mencukur bulu ketiak mereka supaya mereka bisa leluasa memakai pakaian yang mereka sukai. Akan tetapi, kebiasaan mencukur bulu ketiak terlalu sering ternyata bisa membuat ketiak ada menjadi lebih gelap.

Hal ini dikarenakan aktivitas mencukur dapat mengiritasi kulit ketiak, sehingga menimbulkan hiperpigmentasi pada kulit ketiak yang menyebabkan ketiak menjadi lebih gelap. 

Untuk mengatasi masalah tersebut, kami sarankan untuk kalian melakukan waxing secara rutin untuk mencegah kulit ketiak kalian menjadi lebih gelap.

  1. Penggunaan Deodorant atau AntiPerspirant

Kebiasaan kedua yang sering kita lakukan yang ternyata menyebabkan kulit ketiak menghitam adalah, penggunaan deodorant atau AntiPerspirant yang berlebihan.

Kami akui, menggunakan deodorant maupun antiperspirant memang dibutuhkan untuk mencegah bau badan yang tidak sedap. Akan tetapi, pada beberapa jenis produk deodorant memiliki kandungan kimia yang dapat mengiritasi kulit Sobat Pintar sehingga membuatnya menjadi lebih gelap.

Selain penggunaan deodorant yang tidak cocok untuk kulit Sobat Pintar, kurang bersih dalam membersihkan bekas deodorant juga dapat memicu terjadinya kulit ketiak berwarna gelap. Jadi, jangan lupa untuk membersihkan kulit ketiak Sobat Pintar dengan bersih ya.

  1. Memiliki Gangguan Hormon

Selain kebiasaan sehari-hari, ternyata bagi sebagian orang yang memiliki penyakit yang mempengaruhi hormon dalam tubuh juga bisa menyebabkan kulit ketiak berwarna gelap.

Penyakit tersebut diantaranya, sindrom polikistik ovarium (polycystic ovary syndrome/PCOS), cushing syndrome, dan hipotiroid, atau kemunculan acanthosis nigricans di sekitar daerah ketiak.

Biasanya, penyebab kemunculan ini disebabkan oleh:

  1. PCOS atau Sindrom Ovarium Polikistik
  2. Kelenjar tiroid yang kurang aktif atau hipotiroidisme
  3. Cushing syndrome atau kondisi kelebihan hormon cortisol
  4. Acromegaly atau kelebihan hormon pertumbuhan pada tubuh seseorang

Akan tetapi, penyakit tersebut tidak hanya menyebabkan kulit ketiak menghitam saja, bagi penderita yang memiliki penyakit tersebut juga memiliki gejala lain. Jadi, kalian harus waspada, ya.

  1. Acanthosis nigricans

Acanthosis nigricans adalah kondisi perubahan warna kulit yang membuatnya menjadi lebih gelap, khususnya di daerah lipatan.

Akibatnya, selain membuatnya tampak lebih gelap, kulit yang berada di daerah tersebut cenderung menjadi lebih tebal. Biasanya acanthosis nigricans ini disebabkan oleh beberapa faktor:

  1. Kelebihan berat badan atau obesitas.
  2. Diabetes tipe 2.
  3. Gangguan hormon, seperti pada penyakit penyakit tiroid, sindrom Cushing, atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).
  4. Efek samping obat-obatan yang dapat mempengaruhi hormon, seperti pil KB dan kortikosteroid.

Terkena acanthosis nigricans di daerah ketiak atau tubuh lainnya sangatlah wajar, karena menurut penelitian pada tahun 2014, sebanyak 7 dari 74 persen pasien yang mengalami AN. Namun, beberapa orang lebih mungkin daripada yang lain untuk mendapatkan kondisi kulit ini.

Faktor risiko ketiak gelap meliputi:

  1. Memiliki kulit lebih gelap
  2. Memiliki berat badan berlebih atau gemuk
  3. Menderita diabetes atau resistensi insulin
  4. Mencukur atau mencabuti ketiak terlalu sering
  5. Memiliki kondisi hormon
  6. Mengkonsumsi obat tertentu
  7. Menderita kanker lambung, hati, atau usus besar

Sobat Pintar harus waspada jika terkena penyakit ini. Karena, semakin lama kalian memiliki acanthosis nigricans ini bisa jadi memiliki keterkaitan dengan penyakit kanker seperti kanker hati atau kanker lambung.

Cara mengatasi Acanthosis Nigricans

  1. Mengkonsumsi obat untuk mengendalikan diabetes
  2. Mengubah gaya hidup dan mengelola hormon dengan obat-obatan
  3. Jika tidak ada penyebab yang mendasari acanthosis Nigricans, maka pengobatan tidak diperlukan.

Cara Mengatasi Ketiak Hitam

Setelah mengetahui ketiak berwarna gelap ketiak berwarna gelap, sekarang kita akan membahas cara mengatasi masalah ketiak berwarna gelap yang bisa Sobat Pintar lakukan di rumah dengan melakukan beberapa tips dibawah ini:

  1. Melembabkan Ketiak

Seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya di atas, mencukur bulu ketiak terlalu sering dapat menyebabkan kulit ketiak Sobat Pintar menjadi gelap. Jadi, untuk mengurangi iritasi ketiak setelah mencukur bulu, Sobat Pintar harus pastikan kulit ketiak Sobat Pintar tetap lembab.

Oleskan lotion pelembab yang menggunakan bahan-bahan alami dan tidak beraroma ke area ketiak Sobat Pintar untuk mengurangi iritasi dan mencegah perubahan pada kulit.

ketiak hitam
  1. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Bagi beberapa orang, bahan-bahan alami dipercaya dapat mencerahkan kulit ketiak berwarna gelap.

Berikut bahan-bahan alami yang populer untuk mencerahkan kulit ketiak berwarna gelap:

  1. Kurkumin, yang merupakan pigmen dalam kunyit
  2. Jus lemon
  3. Ekstrak teripang
  4. Mentimun
  5. Lemon
  6. Kunyit
  7. Minyak kelapa
  8. Kulit jeruk

Beberapa pengobatan rumahan ini dapat menyebabkan efek samping. Jus lemon, misalnya, dapat mengeringkan atau mengiritasi kulit.

Sebelum melakukan cara ini, lebih baik konsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

  1. Gunakan Krim Topical

Krim topikal adalah obat yang pemberiannya langsung pada kulit atau selaput lendir.

Krim ini memiliki banyak jenis seperti salep, krim, gel, lotion dan lainnya.

Kegunaan produk-produk krim ini meliputi:

  1. Krim retinoid untuk mengencerkan dan mencerahkan kulit
  2. Krim hydroquinone untuk mencerahkan warna kulit
  3. Calcipotriene (Dovonex), krim berbasis vitamin D untuk mengurangi pigmentasi
  4. Antibiotik topikal atau sabun antibakteri untuk meminimalkan ketidaknyamanan

Sudah banyak dokter kulit yang merekomendasikan krim topikal dan antibiotik untuk mengurangi perubahan warna kulit serta memperbaiki penampilan ketiak. Namun, krim topikal ini tidak didesain secara khusus untuk mengatasi acanthosis nigricans.

  1. Terapi Laser

Buat Sobat Pintar yang tidak ingin repot, kalian bisa melakukan terapi laser yang dapat mengurangi ketebalan kulit serta mencerahkan kulit ketiak.

Selain itu, dengan melakukan terapi laser Sobat Pintar juga dapat mengurangi pertumbuhan rambut di ketiak yang dapat mengurangi intensitas kegiatan mencukur. Jadi, kulit ketiak Sobat Pintar akan terbebas dari masalah acanthosis nigricans.

Kesimpulan

Pada umumnya, acanthosis nigricans tidak menjadi banyak perhatian orang-orang. Namun, akan lebih baik jika kalian harus menemui dokter kulit jika memiliki acanthosis nigricans arena penyakit tersebut dapat mengindikasikan kondisi medis mendasar yang memerlukan perhatian.

Jadi itulah 4 cara mencerahkan ketiak hitam yang bisa Sobat Pintar lakukan. Semoga dengan membaca artikel ini, Sobat Pintar akan memiliki kulit ketiak yang cerah dan juga sehat.

mobile-closeKredit PintarDownload