Cara Cek Pembayaran Listrik Paling Mudah

04 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 05 Nov 2021

Melakukan pembayaran listrik merupakan hal wajib yang harus dilakukan bagi setiap penggunanya. Di tengah era digital seperti sekarang ini, pembayaran listrik jauh lebih mudah daripada sebelumnya, yakni Anda bisa cek pembayaran listrik secara online. 

Cek pembayaran listrik secara online pastinya jauh lebih mudah daripada Anda langsung datang ke kantor PLN. Lalu bagaimana cara melakukan cek pembayaran listrik ini dan apa saja cara pembayaran yang dapat dilakukan? 

Baca juga: 4 Cara Menghitung Biaya Listrik per KWh di Rumah

Lalu apa perbedaan listrik prabayar dan pascabayar yang saat ini digunakan oleh masyarakat di Indonesia. Buat Anda yang ingin mengetahuinya, yuk simak penjelasannya di bawah ini:

Cek pembayaran listrik melalui aplikasi PLN Mobile

Cara cek tagihan pembayaran listrik pertama yang dapat Anda lakukan adalah melalui aplikasi PLN Mobile. PLN Mobile merupakan aplikasi resmi dari PLN yang dapat Anda gunakan untuk mengakses informasi terkait listrik. Aplikasi PLN Mobile ini dapat diakses melalui iOS dan juga android.

Ada beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan, yakni cek pembayaran listrik, cek riwayat pemakaian kwh listrik, info lokasi pembayaran listrik melalui banking, transaksi token listrik, info status listrik, info progress permohonan, dan juga buat Anda yang ingin mengajukan keluhan pelanggan.

Berikut cara untuk bisa mengakses PLN Mobile dari iOS dan android:

  1. Aplikasi PLN Mobile di iOS

Buat Anda pengguna Apple, Anda bisa mendownload aplikasi PLN Mobil di smartphone Anda dan melakukan cek pembayaran di aplikasi ini, Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan:

  • Download aplikasi PLN Online di perangkat Apple Anda dan instal;
  • Buka aplikasi PLN Online;
  • Pilih menu Informasi yang ada di halaman utama aplikasi;
  • Pilih bagian menu Informasi Tagihan dan Token Listrik;
  • Masukan ID Pelanggan Anda ataupun Nomor Meteran Listrik Anda;
  • Pilik Cari;
  • Aplikasi PLN Online akan menampilkan tagihan listrik yang harus Anda bayarkan untuk pemakaian bulan lalu.
  1. Aplikasi PLN Mobile di Android

Buat Anda pengguna android, Anda juga tetap bisa menggunakan PLN Mobile di smartphone Anda. Untuk pengguna android, sebenarnya ada banyak aplikasi yang dapat digunakan untuk cek pembayaran listrik namun demi keamanan, Anda disarankan untuk menggunakan aplikasi resmi PLN Mobile. Berikut cara yang dapat Anda lakukan untuk melakukan pembayaran di PLN Mobile:

  • Download aplikasi PLN Online di android Anda dan lakukan penginstalan;
  • Buka aplikasi PLN Online yang sudah Anda instal;
  • Pilih menu Informasi yang ada di halaman utama aplikasi PLN Online;
  • Pilih bagian menu Informasi Tagihan dan Token Listrik;
  • Masukan ID Pelanggan Anda ataupun Nomor Meteran Listrik Anda;
  • Pilik Cari;
  • Aplikasi PLN Online akan menampilkan tagihan listrik yang harus Anda bayarkan bulan ini.

Cek Tagihan Listrik melalui Email

Selain melalui aplikasi mobile, Anda juga bisa mendapatkan pemberitahuan pembayaran PLN melalui email. Agar Anda bisa mendapatkan pemberitahuan tagihan pembayaran listrik ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda harus terdaftar di e-billing PLN. 

Baca juga: 6+ Cara Cek PLN Token Gratis dan Uang Pinjaman

Awalnya, Anda bisa melakukan pendaftaran di website PLN namun karena adanya perubahan website PLN, untuk mendaftar e-billing PLN Anda bisa mengirim email ke pln123@pln.co.id. Anda juga bisa mendapatkan e-billing melalui media sosial PLN.

Cek Pembayaran Listrik melalui Telepon

Anda juga bisa melakukan pengecekan pembayaran listrik melalui telepon. Cara cek pembayaran listrik melalui telepon terbilang cukup mudah, Anda cukup melakukan panggilan call center PLN ke nomor 123 dan cantumkan kode area Anda. 

Misalnya untuk Anda yang berada di area Jakarta, Anda bisa menambahkan kode 021 di depan call center PLN. Dari sini Anda bisa mengikuti arahan operator dan untuk panggilan ini Anda dikenakan tarif normal telepon.

Cek Pembayaran Listrik melalui SMS

Anda juga bisa melakukan pengecekan pembayaran listrik melalui SMS. Untuk pengecekan pembayaran listrik melalui SMS ini ada dua cara yang dapat dilakukan, yakni cek tagihan dalam kurun waktu 1 bulan lalu dan cek tagihan pembayaran secara continue. Secara continue ini artinya Anda berlangganan setiap bulan untuk pembayaran listrik.

Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa mengikuti cara-cara yang ada di bawah ini:

  • Cek Pembayaran Listrik Per Bulan

Untuk mengecek pembayaran listrik per bulan, Anda dapat melakukannya dengan cara mengirim SMS dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan kemudian kirim ke 8123.

  • Langganan Informasi Pembayaran Listrik

Untuk berlangganan informasi pembayaran listrik Anda dapat melakukannya dengan cara kirim SMS dengan format PLN (spasi) ON (spasi) 12 digit ID Pelanggan kemudian kirim ke 8123.

  • Berhenti Langganan Informasi Pembayaran Listrik

Sedangkan untuk Anda yang ingin berhenti berlangganan informasi pembayaran listrik, Anda dapat melakukannya dengan cara mengirimkan SMS dengan format PLN (spasi) OFF (spasi) 12 digit ID Pelanggan kemudian kirim ke 8123.

Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Seperti yang diketahui, ada dua jenis listrik yang saat ini digunakan oleh masyarakat Indonesia, yakni listrik pra bayar dan listrik pasca bayar. Berikut penjelasan perbedaan listrik pra bayar dan listrik pasca bayar:

Listrik Pra Bayar

Listrik pra bayar merupakan jenis pembayaran listrik PLN yang dilakukan dengan cara membeli pulsa listrik ataupun token listrik. Disebut pra bayar karena Anda harus membeli atau membayar terlebih dahulu (di awal) baru Anda bisa menggunakannya. 

Baca juga: 4 Cara Cek ID Pelanggan PLN yang Mudah dan Tepat

Dengan begitu pemakaian listrik Anda dapat disesuaikan dengan jumlah nominal pulsa atau token yang telah Anda beli sebelumnya. Saat pulsa yang ada di listrik Anda akan habis, Anda akan mendapatkan pemberitahuan berupa bunyi yang menandakan Anda harus segera membeli pulsa atau token listrik baru.

Listrik Pasca Bayar

Sebelum ada jenis listrik pra bayar, listrik pasca bayar sudah ada terlebih dahulu. Jenis listrik ini hingga kini menjadi jenis pembayaran yang banyak digunakan masyarakat di Indonesia. Berbeda dengan jenis pra bayar, listrik pasca bayar dilakukan setelah Anda menggunakan listrik selama satu bulan. Jadi, bisa dibilang pembayaran ini digunakan untuk pemakaian bulan lalu.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai cara cek pembayaran listrik yang dapat Anda lakukan. Selain beberapa cara yang ada di atas, Anda juga bisa melakukan pembayaran listrik ini melalui marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, hingga Lazada. Selain itu, Anda juga bisa melakukan cek pembayaran listrik melalui DANA, Gojek, dan aplikasi sejenis.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

05 Nov 2021
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download