4 Cara Cek ID Pelanggan PLN yang Mudah dan Tepat

4 Cara Cek ID Pelanggan PLN yang Mudah dan Tepat

31 May 2021 by kreditpintar
4 Cara Cek ID Pelanggan PLN yang Mudah dan Tepat

Sebagai masyarakat modern yang selalu hidup ditemani dengan berbagai barang elektronik, listrik menjadi salah satu unsur yang penting dalam kehidupan. Seiring dengan meningkatnya jumlah barang elektronik, kebutuhan listrik juga semakin meningkat. Selain daripada lupa membayar tagihan, banyak dari kita yang kadang lupa cara cek ID pelanggan PLN.

Dengan semakin majunya teknologi, kita tak perlu langsung datang ke kantor PLN untuk membayar tagihan listrik. Karena sekarang sudah ada gadget dan berbagai marketplace, kita dapat dengan mudah membayar tagihan.

Meski kalian ingat tanggal untuk membayar tagihan listrik, apa kalian ingat ID pelanggan PLN yang kalian miliki?

ID pelanggan ini sangat penting, karena merupakan satu-satunya input yang harus kalian masukkan untuk membayar tagihan. Dengan memasukkan ID kalian, kalian bisa mendapat informasi mengenai besarnya tagihan, serta bulan dimana tagihan belum dibayarkan.

Apabila sedang lupa, bagaimana cara cek ID pelanggan PLN?

Tenang saja, ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan, seperti :

1. Mengakses Website Resmi PLN

Cara cek ID pelanggan PLN yang pertama adalah dengan menggunakan website PLN. Apabila kalian mengakses website PLN, kalian juga bisa langsung melakukan pembayaran lewat cara ini.

Sebenarnya, kalian bisa mengetahui benar tidaknya ID kalian pada saat log in. Pada saat membuka website PLN, kalian diharuskan untuk memasukkan ID pelanggan PLN kalian. Apabila ternyata salah, sudah tentu ID yang kalian masukkan tidak benar.

Apabila berhasil masuk, akan muncul tampilan informasi tentang pelanggan dan jumlah tagihan yang harus dibayarkan bulan ini.

2. Mengecek Meteran Listrik dari PLN

Setiap rumah memiliki Meteran PLN masing-masing. Kotak yang biasanya akan dicek oleh petugas PLN setiap bulannya ini juga bisa menginformasikan tentang ID pelanggan PLN kalian. Tak hanya kode barcode saja, kalian juga bisa melihat ID PLN yang terdiri dari 12 angka. Catatlah agar lain waktu tidak lupa.

Lihat Meteran PLN kalian dengan seksama, dan temukan 12 angka ini. 

3. Mengecek Struk Pembayaran

Kami rasa, cara yang paling mudah untuk mengecek ID pelanggan PLN adalah dengan melihat struk pembayaran PLN. Biasanya, setelah membayar tagihan listrik secara offline maupun online, pelanggan akan menerima struk pembayaran PLN. 

Di dalam struk pembayaran PLN ini, terdapat beberapa informasi seperti besaran tagihan listrik, dan juga ID pelanggan yang biasanya tertera di bagian atas.

4. Menghubungi Customer Service PLN

Cara cek ID pelanggan PLN yang terakhir adalah dengan menghubungi customer service PLN. Kalian bisa menghubungi lewat telepon atau langsung datang ke kantor cabang PLN terdekat. Apabila kalian memutuskan untuk menghubungi secara offline, langsung saja pergi menuju customer service PLN di kantor cabang terdekat.

Jangan lupa untuk membawa dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan Kartu Keluarga.

Agar lain waktu tidak lupa, pastikan untuk mencatat ID pelanggan kalian di ponsel, maupun kertas. Tempel kertas tadi di tempat yang gampang dilihat, seperti kulkas, maupun lemari kamar. Akan lebih mudah jika kalian menyimpan bukti pembayaran listriknya saja, karena sudah ada informasi tentang ID pelanggan.

Simpan bukti pembayaran baik-baik, karena selain untuk mengecek ID pelanggan, kalian bisa menggunakan struk pembayaran untuk membandingkan besaran tagihan dari waktu ke waktu.

Walaupun wajib, terkadang ada sebagian orang yang masih kesulitan untuk membayar tagihan listrik. Untuk bisa memenuhi kebutuhan ini, Kredit Pintar bisa dijadikan solusi cerdas.

Aplikasi ini memberikan pinjaman secara cepat, sehingga kalian bisa langsung menggunakan uangnya untuk membayar listrik. Gunakan Kredit Pintar sekarang!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk