Catat! Tips Belanja Harbolnas 11.11 Tahun Ini

03 Mar 2021 by Andro
Harbolnas

Promo belanja 11.11 menjadi momen yang dinantikan semua orang untuk membeli produk yang mereka inginkan. Pasalnya harbolnas atau hari belanja online nasional selalu menawarkan diskon besar-besaran seperti gratis ongkir, potongan 50%, hingga voucher senilai jutaan rupiah. Harbolnas pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012. Saat itu para pemrakarsa seperti Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, Bukalapak dan Berrybenka, ingin mendorong masyarakat Indonesia akan belanja online.

Perayaan Hari Belanja Online Nasionaldi Indonesia terilhami dari black friday, yang diadakan seminggu setelah hari thanksgiving. Pada event black friday banyak toko dan brand yang menawarkan diskon besar-besaran hingga promo cuci gudang. Di negara lain seperti Tiongkok, promo belanja besar-besaran jatuh saat peringatan hari jomblo nasional. Alibaba sebagai pionir utama Hari Belanja Online Nasionaldi Tiongkok dapat meraup keuntungan hingga 5,8 miliar dollar.

Dalam perkembangannya, harbolnas di Indonesia diikuti oleh berbagai website e-commerce dan aplikasi belanja online. Kegiatan yang didukung oleh Kemenparekraf ini, berhasil mendulang reaksi positif dari masyarakat hingga saat ini. Tahun ini promo belanja 11.11 akan diikuti oleh ratusan brand dan e-commerce, mulai dari shopee, tokopedia, lazada, sociolla, dan lainnya.

Hebohnya para pembeli di promo belanja tanggal 11.11ketika memborong barang-barang pilihannya terkadang membuat mereka kalap, dan tanpa sadar seluruh budget mereka habis dalam sekejap. Bila anda salah satunya, simak tips pintar belanja berikut.

Rencanakan anggaran belanja.

Jika anda belum menentukan barang apa saja yang akan dibeli, sebaiknya anda harus mulai menyusun wishlist barang-barang untuk promo belanja 11.11. Banyaknya promo akan membuat anda goyah sehingga mudah sekali untuk membeli semua barang, bahkan di luar kebutuhan utama. Bila anda sudah mempunyai wishlist akan jelas kebutuhan apa saja yang harus dibeli.

Meriset berbagai toko.

Setelah anda menentukan barang yang akan dibeli, langkah selanjutnya adalah meriset toko online yang menjualnya. Lihatlah performa toko tersebut, komplain customer, serta kualitas dan harga barang incaran anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan riset ke berbagai macam toko.

Teliti sebelum membeli.

Saat anda belanja produk elektronik dan gadget, seperti Handphone, laptop, smart tv, air fryer, dan lainnya, seringkali penjual tidak mencantumkan garansi. Hal yang sama juga berlaku pada produk kecantikan dan makanan, anda harus mencermati tanggal kadaluarsanya. Jangan sampai produk yang ditawarkan sudah lewat masa garansi atau expired.

Menentukan cara pembayaran.

Setiap toko online mempunyai cara pembayaran yang beragam. Oleh karena itu sebelum anda menganggarkan budget, cermati metode pembayaran toko online yang menawarkan promo menarik. Biasanya merchant-merchant tertentu mempunyai kerjasama dengan beberapa toko. Pilihlah metode yang mudah anda lakukan seperti menggunakan mobile banking atau COD, serta promo belanja tanggal 11.11 yang mereka tawarkan.

Apabila anda menggunakan fasilitas kredit di toko online, cermati prosedur nya dengan teliti. Pastikan anda mengerti cara penggunaannya, pelunasannya, serta limit yang diberikan. Tentukan budget maksimal yang anda gunakan, sehingga tidak mencapai limit.

kredit pintar

Anda juga dapat mengajukan kredit pada pihak ketiga menggunakan aplikasi pinjaman online terbaik KreditPintar. Memilih KreditPintar sebagai solusi keuangan anda merupakan pilihan bagus, tidak heran jika dijuluki aplikasi pinjaman online terbaik. Dengan proses yang cepat dan mudah, anda dapat memiliki semua produk impian di promo belanja 11.11.

Tunggu apalagi, segera ajukan kredit di aplikasi pinjaman online terbaik, KreditPintar sebagai solusi keuangan anda.