Cara, Syarat, dan Ketentuan Cicilan di Tokopedia Tanpa Kartu Kredit

28 Apr 2021 by kreditpintar
cara cicilan di tokopedia

Banyak yang bertanya tentang cara cicilan di Tokopedia tanpa kartu kredit. Apakah kamu salah satunya? Jika iya, maka kamu beruntung menemukan tulisan ini. 

Kebutuhan memang sering datang tanpa permisi. Cara pembayaran ‘yang meringankan’ pun menjadi sangat diperlukan. Menyadari hal ini, banyak marketplace yang menawarkan pembayaran sistem kredit, salah satunya tokopedia.   

Seiring berjalan waktu, Tokopedia akhirnya memiliki sistem pembayaran tanpa kartu kredit. Metode pembayaran ini datang bersama kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihannya , tentu saja kamu tidak perlu membuat kartu kredit serta tidak ada beban biaya tahunan. Kekurangannya, mencicil dengan sistem ini dikenai bunga dan membutuhkan waktu untuk proses pengajuan. 

Cara cicilan di Tokopedia tanpa kartu kredit  ini membutuhkan pihak ketiga. Kredivo, BRI ceria, home credit, julo dan indodana pun dipilih untuk mengisi kebutuhan tersebut. Tentunya, ada syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Tahapan Membayar dengan Sistem Cicil Tanpa Kartu Kredit

Sebelum membahas syarat dan ketentuan dari masing-masing pihak ketiga. Mari bahas dulu tahapan cara cicilan di Tokopedia tanpa kartu kredit berikut.

1. Login ke akun Tokopedia

2. Pilih barang yang ingin dibayar dengan sistem cicil

3. Click “Pilih Pembayaran”

4. Lalu click “Pilih Metode Pembayaran Lainnya”

5. Pilih antara Kredivo, BRI ceria, home credit, julo dan Indodana

6. Setelah itu, lihat syarat dan ketentuan berlaku. jangan lupa baca informasi lengkap yang muncul

7. Jika sudah menyetujui maka tinggal pilih “Bayar”

Syarat dan Ketentuan Kredivo

Syarat pertama tentu saja harus punya akun Kredivo. Selain itu, batas umur minimal 18 tahun dan maksimal 60 tahun. 

Namun, Kredivo hanya melayani domisili JABODETABEK, Kota Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Denpasar, Yogyakarta, Solo, Malang dan Makassar. Serta harus memiliki pendapatan minimal Rp 3.000.000,- per bulan.

Transaksi senilai Rp 10.000 – Rp 30.000.000 tidak dikenakan uang muka. Pembeli juga dapat melakukan pembatalan atau refund jika sudah disetujui oleh Tokopedia, uang akan dikembalikan ke akun Kredivo senilai yang sudah dibayarkan.

Kamu juga bisa dapat bunga 0% jika bertransaksi tidak lebih dari Rp3.000.000 dan memilih tenor 30 hari. Biaya yang dikenakan hanya biaya layanan sebesar 2% dan biaya tambahan untuk Kredivo sebesar 1% atau minimal Rp 1000 untuk setiap transaksi.

Jika kamu memilih tenor 3, 6 atau 12 bulan bunganya sebesar 2,6% per bulan untuk transaksi minimal Rp 1.000.000. Juga dibebankan biaya layanan 1,5% untuk setiap transaksi.

Pengajuan permohonan pendaftaran anggota Kredivo dapat dilakukan pengguna tokopedia langsung melalui Aplikasi, mereka harus mengisi informasi sebagai berikut:

  • Foto KTP;
  • Swafoto User dengan KTP;
  • Nama Lengkap;
  • Nomor Ponsel;
  • Email;
  • Nama Ibu Kandung;
  • Pendidikan Terakhir;
  • Status Pernikahan;
  • Jumlah Anak;
  • Status Kepegawaian;
  • Total Pengalaman Kerja;
  • Gaji Bulanan;
  • Alamat;
  • Kode Pos; dan
  • Detail Lokasi.

Keputusan diterima atau tidaknya, ada di pihak Kredivo yang akan dikabari lewat sms atau email dalam waktu 1×24 jam. Jika ditolak, kamu baru bisa melakukan pengajuan kembali setelah 3 bulan.

Syarat dan Ketentuan Home Credit

Pengguna yang dapat menggunakan Cicilan Home Credit adalah pengguna dengan umur 21 tahun atau 19 tahun bila sudah menikah, tinggal di area layanan Home Credit, berpenghasilan tetap dan harus mempunyai smartphone yang bisa dipakai swafoto.

Pengguna bisa melakukan transaksi mulai dari Rp 500.000,- hingga Rp 10.00.000,- dalam sekali transaksi.

Dalam waktu paling lama 2 x 24 jam, hasil pengajuan cicilan Home Credit sudah keluar. Jika diterima, akan dikabari via SMS yang berisi link untuk melakukan tanda tangan perjanjian pembiayaan multiguna dari Home Credit.

Untuk biaya, Home Credit mengenakan biaya admin sebesar Rp 99.000 untuk setiap pengajuan yang disetujui. Lalu ada biaya cicilan sebesar Rp 5.000 per bulan dan bunga sebesar 2,99%.

Jika ada pembatalan sebelum dua minggu. Home Credit akan menawarkan perjanjian baru. Yang jumlah pembiayaannya dihitung setelah pembatalan. 

Jika dalam 7 hari tidak ditandatangani, perjanjian yang lama akan mengikat sepenuhnya. Home Credit akan mengembalikan uang senilai transaksi yang dibatalkan ke rekening pengguna.

Tapi, pengguna wajib menyampaikan kwitansi kepada Home Credit dalam waktu 30 hari sejak perjanjian pembiayaan multiguna ditandatangani.

Untuk membayar angsuran, dapat dilakukan di aplikasi Tokopedia  atau melalui kanal pembayaran lain yang melayani Home Credit.

Syarat dan Ketentuan BRI CERIA 

BRI CERIA bisa dipakai oleh nasabah Bank BRI yang telah memiliki akun BRI CERIA. Proses pengajuan, penerimaan, dan penolakan pembayaran seluruhnya merupakan kewenangan BRI.

Minimum transaksinya adalah Rp 500.000 dan maksimal Rp 20.000.000. Ada biaya yang akan dibebankan berupa bunga sebesar 2,25% per bulan dan biaya layanan sebesar 1,5% per transaksi.

Jika telat membayar tagihan, ada denda sebesar 3% dari pokok angsuran yang belum terbayar pada bulan itu, atau maksimal sebesar Rp 150.000.

Jika ada pembatalan atau refund,  uang yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke limit BRI Ceria.

Syarat dan Ketentuan Julo

Julo belum terdaftar jadi partner tokopedia untuk cicilan tanpa kartu kredit. Namun, kedua startup ini pernah melakukan kolaborasi pada bulan Maret lalu.

Syarat dan Ketentuan Indodana

Untuk menggunakan cicilan indodana, kamu harus sudah berusia 21 tahun dan tidak melebihi 50 tahun. Serta syarat pendapatan minimum Rp. 3.000.000 per bulan.

Domisili yang dilayani adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cimahi, Karawang, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Denpasar, Batam, Palembang, dan Pontianak.

Metode pembayaran dengan Indodana ini hanya berlaku untuk minimal transaksi sebesar  Rp 10.000,- dan maksimum Rp 25.000.000,-.

Pengajuan permohonan pendaftaran anggota Indodana bisa dilakukan langsung melalui aplikasi Indodana. Kamu akan disuruh mengisi form pengajuan aplikasi Indodana PayLater dan submit KTP serta foto Selfie sebagai persyaratan.

Akan ada notifikasi dari Indodana maksimal 1×24 jam untuk memberitahukan keputusan terkait pengajuan aplikasi. 

Setelah disetujui, Indodana akan membebankan biaya admin sebesar 1% dan biaya layanan tambahan sebesar 2% untuk setiap transaksi. 

Jika memilih metode pembayaran dengan jangka waktu 3 hingga 12 bulan akan dikenakan bunga sebesar 3% per bulan. Namun, untuk yang memilih jangka waktu 30 hari tidak akan dikenakan biaya bunga.

Apabila ada pembatalan, dana akan dikembalikan ke limit Indodana disertai pemberitahuan. Jika pengembalian Kredit Limit melebihi jumlah pemakaian yang ada, sisa kelebihan pengembalian Kredit Limit tersebut akan dikembalikan ke Rekening Pengguna oleh pihak Indodana.

***

Itu dia cara cicilan di tokopedia tanpa kartu kredit serta syarat dan ketentuannya. Silahkan pertimbangkan mana yang lebih cocok buatmu diantara Kredivo, BRI ceria, home credit, julo atau Indodana.

Tetaplah bijak dalam menggunakan fitur ini, semoga tulisan ini membantu.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload