Cara Menyimpan Barang Kecil di Rumah Kecil Bebas Ribet

27 Apr 2021 by kreditpintar
cara menyimpan barang

Diperlukan trik khusus dalam menyimpan barang kecil di rumah kecil. Merapikan barang-barang mungil memang bisa menjadi PR tersendiri. Biasanya, orang malas merapikan kembali barang-barang kecil yang sering digunakan. Tetapi, jika dibiarkan tergeletak begitu saja, tumpukan barang-barang kecil bisa membuat ruangan terlihat sesak dan berantakan. 

Disisi lain, tidak sedikit orang yang sering asal menjejalkan barang-barang kecil di mana saja saat ‘merapikannya’. Padahal, kebiasaan menyimpan barang-barang kecil di tempat yang tidak sama akan membuat Kamu kesulitan mencari saat membutuhkannya.  Pada akhirnya, kebiasaan ini malah membuat Kamu sering lupa di mana telah menyimpan barang kecil dan kalang kabut saat membutuhkannya.  

3 Tips Mudah Menyimpan Barang Kecil di Rumah Kecil

Diperlukan pengaturan yang tepat untuk menyimpan barang-barang kecil. Apalagi, pada ruangan di rumah dengan luas terbatas. Keberadaan barang-barang kecil yang tidak dirapikan akan membuat kondisi ruangan terlihat semakin sesak. Selain itu, barang-barang kecil yang tidak dibenahi, akan mudah jatuh, terselip bahkan hilang.

Agar menyimpan dan mencari barang saat akan dipakai menjadi lebih praktis, berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Kategorikan jenis barang-barang kecil

Mengkategorikan barang-barang kecil merupakan hal yang sangat penting. Jangan mencampuradukkan barang-barang karena akan membuat Kamu kerepotan mencari saat akan menggunakannya. 

Sebaiknya, kategorikan setiap barang sesuai dengan jenis dan fungsinya. Kamu dapat membaginya menjadi: alat-alat tulis, aksesoris tubuh, kosmetik, perkakas tukang, aksesoris barang elektronik, peralatan dapur, dan lain sebagainya.

Dengan demikian, akan lebih mudah bagi Kamu untuk mencari barang-barang yang akan digunakan, jika barang-barang yang berada dalam satu kategori disimpan berdekatan. Kamu tidak harus mencari kesana kemari, melainkan cukup membuka tempat penyimpanan sesuai dengan kategori.

2. Letakkan barang-barang kecil di ruangan yang tepat

Mencari ikat rambut di meja rias tentu lebih mudah ketimbang mencari ikat rambut yang tergeletak di laci lemari ruang tamu. Maka dari itu, sebaiknya letakkan barang-barang kecil di ruangan yang paling sering menjadi tempat penggunaannya.

Selain akan lebih cepat menemukan barang saat membutuhkannya, Kamu juga akan merasa lebih mudah saat hendak menyimpannya kembali. Hal ini dapat membantu agar ruangan lebih terjaga kerapiannya.

3. Beri tabel nama pada wadah penyimpanan

Membuka tutup dan membongkar tempat penyimpanan barang-barang kecil menjadi alasan lain ruangan menjadi mudah berantakan. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya tempelkan label nama pada tempat penyimpanan barang-barang kecil.

Cara ini dapat sangat membantu dalam mengatur penyimpanan barang-barang kecil, khususnya pada wadah yang tertutup. Dengan adanya label nama, Kamu tidak harus membuka satu per satu setiap wadah untuk mencari barang yang Kamu perlukan.

3 Mengatur Tempat Penyimpanan Barang

Cara menyimpan barang kecil di rumah kecil juga harus disesuaikan dengan kondisi ruangan yang tersedia. Diperlukan trik khusus agar penyimpanan barang-barang di rumah kecil tidak membuat ruangan terlihat sesak dan sempit. Berikut ini trik yang dapat Kamu coba untuk menyimpan barang-barang kecil di rumah kecil.

1. Gunakan sekat pada laci atau wadah penyimpanan

Menyimpan semua barang dalam satu laci akan membuatnya penuh sesak dan berantakan. Namun, membeli banyak wadah penyimpanan untuk setiap jenis barang, akan membuat ruangan di rumah kecil terlihat sesak. 

Cara terbaik mengatasi hal ini adalah dengan membagi tempat pada wadah atau laci penyimpanan menjadi beberapa ruang penyimpanan. Kamu bisa membuat sekat dari barang-barang daur ulang seperti kayu atau papan karton untuk memisahkan satu jenis barang dengan lainnya.

Bayangkan tampilan laci Kamu seperti laci kasir tempat menyimpan uang. Selain isi laci akan terlihat rapi, barang-barang kecil menjadi lebih mudah diatur dan diorganisasikan. Hal ini dapat mencegah barang berserakan di mana saja dan membuat ruangan terlihat lebih sesak dan sempit.

2. Gunakan furnitur multifungsi

Cara menyimpan barang kecil juga akan lebih mudah jika Kamu menggunakan furnitur multifungsi. Beberapa jenis furnitur multifungsi yang dapat Kamu pilih antara lain:

Meja dengan laci atau rak di bawahnya

Meja ruang tamu juga telah tersedia dengan model multifungsi. Pada bagian bawah permukaan meja, terdapat rak atau laci. Rak dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan majalah, sementara laci-laci dapat juga digunakan untuk merapikan toples-toples kecil tempat menyimpan permen dan kue.

Kursi sekaligus wadah penyimpanan

Barang multifungsi lainnya yang bisa dipilih adalah kursi sekaligus wadah penyimpanan. Kursi ini tersedia dalam berbagai bentuk. Pada kursi multifungsi, bagian tempat duduk merupakan tutup wadah penyimpanan. Selain itu, Kamu juga dapat memilih sofa tanpa kolong, dimana bagian bawah sofa sudah terpasang laci tempat penyimpanan barang. 

3. Manfaatkan dinding rumah

Cara menyimpan barang-barang kecil di rumah kecil juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan dinding rumah. Kamu bisa memilih beberapa perlengkapan rumah yang bisa dipasang pada dinding. Kelebihan dari cara ini adalah dapat memanfaatkan ruangan secara maksimal.

Carilah lemari dinding atau rak dinding yang dapat digunakan menyimpan berbagai jenis barang. Cara ini dapat mengurangi perasaan sesak di dalam ruangan. Kamu bisa menempatkan wadah-wadah daur ulang cantik yang berisi barang-barang kecil di atas papan hiasan dinding. 

Selain itu, Kamu juga dapat menggunakan papan tulis atau papan gabus yang ditempel pada dinding, untuk menggantung berbagai aksesoris mode. Cukup pasangkan paku-paku pada papan sebagai tempat menggantungkan aksesoris.

Kalung, gelang, anting atau ikat rambut bisa dengan mudah digantungkan pada paku di papan. Selain rapi dan menarik, cara ini juga akan mencegah aksesoris saling berbelit satu sama lain, sehingga lebih awet dan tidak mudah rusak. 

Cara Mudah Mewujudkan Keinginan Memperindah Rumah Minimalis

Mengubah kebiasaan cara menyimpan barang kecil di rumah kecil, akan membuat keseharian Kamu menjadi lebih mudah. Selain ruangan terasa lebih nyaman dan menarik, kerepotan mencari dan terus-menerus merapikan barang-barang kecil juga dapat dihindari.

Tapi, tidak perlu khawatir, karena saat ini ada banyak cara mendapatkan pinjaman untuk mewujudkan keinginan Kamu. Tentunya, jangan hanya memilih aplikasi pinjaman online yang asal cepat cair. Penyedia pinjaman online juga harus dapat dipercaya dan memberikan berbagai kemudahan.

Salah satu aplikasi pinjaman online dengan fitur unggul adalah Kredit Pintar. Aplikasi ini merupakan penyedia pinjaman tunai tanpa agunan yang telah berizin, terdaftar dan diawasi OJK. Hal ini penting diperhatikan, agar Kamu dapat terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Mengajukan pinjaman online melalui Kredit Pintar juga sangat mudah. Kamu bisa mendapatkan pinjaman hingga Rp 20 juta tanpa perlu menunggu pencairan berhari-hari. Cukup dengan menggunakan KTP dan mengisi aplikasi online, pinjaman bisa cepat cair ke nomor rekening Kamu. Pastinya, pinjaman online tidak pernah semudah ini.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, wujudkan rencana untuk memperindah rumah kecil Kamu dengan tips dan trik yang telah dibagikan di atas.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload