Cara Mengikat Dasi Segitiga Dengan Benar

30 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 03 Dec 2021

Ada yang masih bingung dengan cara mengikat dasi segitiga dengan benar? Tidak semua orang bisa ikat dasi dengan baik. Padahal, dasi tergolong aksesoris yang cukup penting. Dasi dapat dipakai oleh wanita maupun pria. Aksesoris ini pun masih cocok dipakai untuk acara formal maupun non formal.

Cara Mengikat Dasi Segitiga Dengan Benar

Selain itu, dasi juga dikenal sebagai item wajib untuk anak sekolahan. Dari mulai jenjang SD hingga SMA. Penggunaan dasi dipercaya orang-orang meningkatkan kesan rapi dan stylish. Oleh karena alasan itu jugalah dasi cukup populer sampai sekarang. 

Walaupun dikenal sebagai item favorite, masih banyak juga yang kurang paham tentang cara ikat dasi segitiga dengan benar. Cara mengikat dasi ini harus dipelajari oleh semua kalangan, baik wanita maupun pria. Penasaran dengan tahap-tahap cara ikat dasi segitiga dengan benar? Berikut ulasan lengkapnya

Cara Mengikat Dasi Segitiga Sederhana 

Sumber: pexels.com

Pertama adalah mengikat dasi dengan model sederhana. Model ini dikenal dengan istilah oriental knot. Model ini sangat cocok untuk penggunaan kerah kemeja sempit. Selain itu, dapat meminimalisir resiko muncul celah besar antara simpul dan kerah kemeja itu sendiri. Oriental Knot cocok dipakai untuk acara santai sehingga bisa tampil rapi. Berikut beberapa langkah pemasangannya. 

  • Lingkarkan Dasi Pada Kerah

Pertama, tentu saja Anda harus melingkarkan dasi pada kerah. Pastikan jahitan menghadap ke dalam. Pada bagian ujung tebalnya, tempatkan di sebelah kiri. Posisinya sekitar 2 hingga 3 inci lebih rendah dari posisi akhir yang Anda inginkan.

  • Lilitkan Ujung Yang Tebal

Berikutnya adalah Anda membisa bawa ujung yang tebal tadi melintasi bagian depan yang sempit secara horizontal. Setelah itu, lewati kembali secara horizontal di belakang ujung yang sempit sebelumnya. 

  • Lewati Ujung Yang Tebal

Tahap selanjutnya adalah lewati kembali ujung yang tebal tadi ke belakang simpul. Lakukan dengan arah horizontal dari kanan ke kiri. Setelah itu, lewati ujung yang tebal tadi melintasi bagian depan simpul. 

  • Bawa Ujung Yang Tebal

Bawalah ujung yang tebal ke arah bawah lingkaran sekitar kerah. Setelah itu, masukkan ke belakang simpul, dan turun di depan simpul tersebut melalui horizontal ketiga tadi.

  • Sesuaikan Dasi

Terakhir, tinggal tarik ujung yang tebal melalui lingkaran horizontal sambil kencangkan ke bawah. Setelah tahap ini, Anda perlu menyesuaikan kembali dasi dengan memegang simpul satu tangan. Selain itu, tarik ujung yang sempit dengan tangan lainnya dengan lembut.

Cara Mengikat Dasi Segitiga Bentuk Four in Hand Knot

Sumber: pexels.com

Bentuk Four in Hand Knot ini biasa dipakai untuk anak sekolah. Simpul dasi untuk model ini dibuat lebih sempit dan asimetris. Biasanya bentuk dasi ini cocok untuk kemeja standar. Model dasi ini pun umumnya dipakai untuk siapa saja. Akan lebih cocok lagi jika dipakai pada orang dengan leher yang pendek. 

  • Lingkarkan Dasi Di Sekitar Kerah

Pertama, tentu saja lingkarkan dasi di sekitar kerah. Letakkan ujung tebal di sebelah kiri dengan ukuran 3-4 inci lebih rendah dari yang ujung tipis. Lanjutkan dengan menyilangkan ujung yang tebal di depan ujung yang tipis. 

  • Bungkus Ujung Yang Tebal 

Selanjutnya, Anda bisa membungkus ujung dasi yang tebal secara horizontal dengan melihat bagian depan simpul dari kanan dan kiri. Selipkan jari di bawah pita horizontal tadi. Jika sudah, segera selipkan jari di bawah lingkaran sekitar leher. 

  • Masukkan Ujung Tebal Ke Bawah

Selanjutnya Anda bisa masukkan ujung yang tebal ke bawah dengan cara menyelipkan pada lingkaran yang terbuka dengan jari. Untuk berikutnya tinggal tarik ujung yang tebal melalui loop dan kencangkan simpulnya dengan erat.

  • Benahi Simpul

Terakhir, Anda hanya perlu membenahi simpulan tadi supaya lebih rapi. Pertama kencangkan saja simpulan dengan lembut menggunakan satu tangan. Selanjutnya tarik ujung yang tipis menggunakan tangan lainnya. 

Cara Mengikat Dasi Bentuk Half Windsor Knot

Half Windsor Knot merupakan bentuk simpulan dasi simetris dan segitiga yang dapat digunakan untuk model kemeja apa saja. Jika ingin mencoba membuat kaitan dasi model ini, ada baiknya gunakan dasi yang lebar yang terbuat dari katun. Langkah-langkah mengikat dasi model ini adalah:

  • Lingkarkan Dasi

Pertama, Anda bisa mulai dengan melingkarkan dasi ke sekitar kerah. Caranya dengan meletakkan ujung lebar di bagian kanan dan menggantung ke bawah. Sedangkan ujung yang tipis di kiri, yaitu sekitar tulang rusuk. 

  • Bentuk X Di Bawah Dagu

Langkah selanjutnya adalah silangkan ujung dasi yang lebar ke depan ujung tipis, dari arah kanan ke kiri. Apabila proses ini benar, Anda bisa membuat simpulan mirip bentuk X yang letaknya pas di bawah dagu. 

  • Lingkarkan Ujung Lebar Dasi

Berikutnya, Anda langsung lingkarkan ujung lebar dasi secara horizontal. Arahkan pada sekitar dan belakang ujung tipis. Lalu ambil ujung dasi yang lebar dari atas melalui bukaan bentuk X, kemudian tarik kencang.

  • Pegang Ujung Lebar

Tahap selanjutnya, Anda bisa memegang ujung yang lebar menggunakan tangan kanan, kemudian bungkus di depan dan di atas ujung tipis. Lakukan dari arah kanan ke kiri. Selah itu, jangan lupa jaga agar bentuk segitiga tetap utuh dengan tangan kiri. Ujung yang lebar arahkan ke dada, lalu dari belakang lingkaran melewati bentuk X.

  • Buka Kaitan Segitiga

Gunakan jari telunjuk tangan kiri untuk membuka segitiga yang sekarang telah terbentuk pada bagian atas X. Baru setelah itu tarik ujung yang lebar sepenuhnya. 

  • Sesuaikan Panjangnya

Terakhir, Anda tinggal menyesuaikan panjangnya. Setelah itu, tarik simpul ke atas kerah. Tarik ujung yang tipis ke bawah. Sesuaikan lagi lingkaran horizontal untuk memastikan ikatan dasi sudah cukup rapi. 

Cara Mengikat Dasi Prat

Anda juga perlu mengetahui jika ada simpulan dasi Prat. Cara ikat dasi mode Prat pun sebenarnya cukup sederhana. Anda bisa ikuti paduannya di bawah ini

  • Letakkan dasi dari dalam ke luar. Tempatkan ujung lebar dasi menggantung ke kanan dan ujung kecil bagian kiri.
  • Silangkan ujung lebar di bawah ujung ujung kecil, lalu ujung lebar mengelilingi leher melalui simpul
  • Tarik ujung yang lebar sehingga simpul bisa makin sempurna mengelilingi leher. lalu kencangkan.
  • Bawa ujung dasi yang lebar ke ujung kecil dari kiri ke kanan.
  • Bawa ujung yang lebar ke bawah dari simpul depan.
  • Bentuk ikatan menjadi bentuk segitiga lalu tarik ujung kecil sehingga dasi bisa lebih kencang di kerah baju.

Demikian tadi cara mengikat dasi dalam beragam model dengan benar. Mulai sekarang, Anda sudah bisa ikat dasi sendiri, atau membantu orang lain jika diperlukan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download