Cara Menghilangkan Papiloma: Dari Terapi Obat Hingga Operasi

28 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 03 Oct 2023

Pernahkah pada bagian tubuh Anda muncul sebuah benjolan kecil yang tiba-tiba tumbuh atau sering orang sebut kutil? Kutil atau papiloma kadang-kadang memang tumbuh tanpa kita sadar. Bagaimana cara menghilangkan papiloma yang ada di tubuh?

Masalah ini memang harus segera Anda atasi. Pasalnya, masalah tersebut cukup mengganggu. Apalagi jika lokasi tumbuhnya ada di bagian tubuh yang terbuka seperti muka. Hal ini bisa mengurangi rasa percaya diri saat harus bertemu dengan orang lain.

Apa Itu Papiloma?

Sebelum mengetahui cara menghilangkan papiloma di tubuh, tentu saja Anda penasaran sebenarnya benda tersebut itu apa? Orang Indonesia menyebut papiloma sebagai kutil.

Papilloma pada tubuh manusia. (Sumber: Flickr)

Benda ini adalah tumor yang tumbuh di tubuh, namun tidak agresif dan hanya ada di beberapa bagian tubuh saja. Benda kecil ini biasanya muncul pada permukaan badan luar, ada juga yang sering muncul di jaringan yang lembab pada tubuh. Contohnya adalah organ usus dan juga saluran pernafasan manusia.

Untuk berjaga-jaga, alangkah baiknya Anda memeriksakan tubuh ketika muncul benjolan kutil tersebut ke dokter. Harus Anda pastikan apakah papiloma ini jinak atau ganas. Kalau memang tidak ganas, maka Anda tidak perlu khawatir, namun jika muncul efek samping seperti nyeri dan iritasi, segera pergilah ke dokter untuk menghilangkan papiloma.

Mengapa Papiloma Bisa Muncul?

Anda tentu masih penasaran bagaimana bisa muncul kutil di tubuh, kan? Jadi, bisanya muncul papiloma pada tubuh itu karena terjadi infeksi HPV atau Virus Human Papillomavirus. Ada juga kadangkala kutil yang muncul pada bagian saluran kemih yang penyebabnya adalah merokok.

Biasanya, HPV pada saluran serviks bisa menyebabkan kanker. Jarak waktu dari proses berkembangnya papiloma hingga menjadi kanker serviks ini sekitar 10 hingga 30 tahun. Karena itulah, kadang orang tidak menyadari bahwa tubuhnya tengah mengalami masalah.

Cara menghilangkan papiloma yang berkembang menjadi kanker serviks agar tidak mengancam keselamatan jiwa adalah dengan mengikuti pengobatan serius di rumah sakit. Pasalnya, jika nanti berkembang menjadi komplikasi akan memengaruhi fungsi organ tubuh Anda.

Ciri-Ciri Tubuh yang Terkena Papiloma

Orang-orang yang memiliki papiloma di tubuhnya biasanya akan muncul ciri-ciri khusus. Tidak hanya benjolan tunggal yang tumbuh. Berikut ini ciri-ciri yang patut Anda ketahui.

Pertama, munculnya benjolan kecil mirip seperti bintik-bintik yang sedikit menyerupai daging tumbuh pada permukaan kulit Anda.

Kedua, bintik-bintik atau benjolan tersebut memiliki warna yang sedikit kemerahan. Bisa juga warnanya lain yaitu hitam atau kecoklatan.

Ketiga, pada benjolan tersebut akan muncul titik hitam yang sedikit mengganggu keindahan tampilan kulit.

Keempat, saat kulit Anda terdapat papiloma, maka nantinya ketika Anda raba akan terasa cukup kasar.

Keempat ciri tersebut bisa Anda temui secara bersamaan maupun hanya sebagian. Lebih penting lagi Anda harus tahu bahwa kutil ini bisa menyebar lewat kontak kulit dari satu penderita ke orang lain. Hubungan seksual atau pemakaian barang-barang bersama tanpa dicuci juga bisa menyebarkan kulit dari satu orang ke orang lainnya.

Cara Menghilangkan Papiloma Di Tubuh

Jika Anda mengalami papiloma pada tubuh nanti tidak perlu khawatir. Ada beberapa treatment untuk bisa menyelesaikan masalah ini.

Cara menghilangkan papiloma. (Sumber: Instagram/dr.narmin_akberli)

Tentu saja, cara yang ada di sini akan disesuaikan dengan letak dari kutil itu berada. Cara-caranya seperti yang ada di bawah ini.

Memakai Terapi Obat Jalan Papiloma

Cara yang biasanya dokter rekomendasikan untuk perawatan guna hilangkan papiloma di badan adalah makai terapi obat papiloma.  Obat ini akan dokter berikan dosis sesuai dengan tingkat keparahan kutil yang Anda alami.

Bagaimana cara kerja terapi obat ini? Jadi, obat papiloma yang Anda konsumsi selama perawatan bekerja dengan merangsang sistem daya tahan tubuh orang yang menderita kutil tersebut. Obat akan membuat sel abnormal yang menumbuhkan kutil hancur.

Jenis obat yang akan dokter rekomendasikan adalah yang diminum. Kalau memang Anda butuhkan, maka dokter juga akan merekomendasikan obat dalam bentuk salep yang bisa Anda oleskan ke permukaan kulit yang terdapat kutil.

Pengobatan Dengan Melakukan Pembekuan Papiloma

Cara kedua untuk hilangkan kutil pada tubuh adalah dengan cara melakukan terapi pembekuan papiloma. Metode pembekuan ini juga orang kenal dengan sebutan cryiodestruction.

Fungsi dari metode ini adalah untuk menghancurkan kutil-kutil yang muncul pada permukaan kulit. Metode ini memanfaatkan suhu rendah pada tingkat tertentu yang dapat membuat jaringan kutil bisa luluh dan tidak mudah tumbuh Kembali.

Menggunakan Laser Untuk Menghilangkan Papiloma

Selanjutnya, ada juga pengobatan kutil yang memanfaatkan sinar laser. Kutil bisa Anda sirnahkan dengan menggunakan gelombang cahaya khusus.

Caranya adalah dengan memancarkan sinar laser pada tubuh. Energi pada laser itu akan meluruhkan jaringan papiloma. Tenang saja, meskipun menggunakan laser, jaringan sekitarnya tidak akan terganggu atau rusak.

Memanfaatkan Arus Listrik

Perawatan berikutnya untuk menyingkirkan kutil di tubuh adalah dengan metode yang memanfaatkan arus listrik. Proses ini disebut elektrokoagulasi atau juga kauterisasi.

Nantinya kutil yang ada akan terbakar pada proses tersebut dan lapisannya akan terkikis sedikit demi sedikit ketika alat kuretnya dinyalakan.

Melakukan Operasi Kutil

Jika memang kutil tersebut sangat mengganggu keseharian Anda, maka cara terakhir yang bisa Anda pakai adalah dengan melakukan operasi papiloma. Apalagi jika ukuran dari kutil tersebut cukup besar dan di bagian yang vital.

Saat melakukan operasi kutil ini tubuh Anda akan dibius lokal. Jadi hanya akan bius pada bagian tempat kutil akan Anda buang saja. Nantinya saat proses tersebut, papiloma tersebut akan diangkat. Bekas luka bedah tersebut akan dokter jahit.

Oleh karena itu, akan muncul bekas luka jahit pada tubuh yang Anda operasi. Pikirkan dengan baik ketika hendak melakukan langkah operasi seperti ini. Cek juga Anda agar tidak terjadi masalah ketika melakukan tindakan operasi di rumah sakit.

Dapatkan Informasi Penting Lainnya

Begitulah informasi mengenai cara menghilangkan papiloma pada tubuh. Ingin membaca artikel yang bermanfaat lainnya? Yuk simak terus blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi promo dan tips menarik lainnya! Perusahaan fintech yang membantu masyarakat Indonesia mendapatkan pinjaman online yang telah terdaftar serta mendapatkan pengawasan dari OJK

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
03 Oct 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download