Cara Menghalau Bau Mulut Yang Mengganggu

04 Aug 2021 by Laruan

Masalah yang paling sering membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri ketika berbicara di depan umum adalah bau mulut yang tidak sedap. Masalah mulut ini dapat ditemukan di kalangan usia berapa pun, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Kebanyakan orang akan merasa sangat terganggu oleh keadaan mulut yang berbau tidak sedap, selain dapat mengurangi rasa percaya diri, aroma mulut tidak sedap juga menjadi pertanda bahwa Sobat Pintar sedang memiliki gangguan tertentu di dalam tubuh Sobat Pintar terutama di bagian pencernaan. 

Cara Menghalau Bau Mulut Yang Mengganggu

Bau mulut juga dikenal dengan istilah halitosis. Berdasarkan penelitian, sebanyak 3 dari 10 orang bisa mengalami gejala ini. Efek yang ditimbulkan pun bermacam-macam, mulai dari menurunnya rasa kepercayaan diri hingga terganggunya hubungan sosial. Bahkan masalah ini dapat menyebabkan menurunnya kualitas hidup seseorang. 

7 Penyebab Umum Bau Mulut

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan masalah pada mulut Sobat Pintar sehingga menjadi berbau tidak sedap. 

  1. Mengonsumsi jenis makanan atau minuman tertentu.

Terdapat beberapa makanan yang dapat memicu bau tertentu pada mulut ketika dikonsumsi. Biasanya makanan atau minuman tersebut memiliki aroma yang kuat sehingga meninggalkan bekas bau di mulut kita. Adapun beberapa contoh jenis makanan dan minuman tersebut adalah jengkol, petai, rempah-rempah, kopi, dan bawang. 

Meskipun dapat meninggalkan bau tidak sedap pada mulut, mengkonsumsi makanan dan minuman seperti yang disebutkan di atas diyakini dapat hilang dengan sendirinya apalagi jika disertai dengan membersihkan mulut lebih sering. Walaupun beberapa diantaranya juga dapat tinggal lebih lama hingga beberapa hari.

  1. Tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi

Rongga mulut terdiri dari lidah, gusi dan gigi yang mana selalu bersentuhan dengan berbagai jenis makanan yang masuk ke dalam mulut. Sisa makanan yang tertinggal pada organ-organ tersebut dapat menyebabkan terbentuknya plak dan memicu pertumbuhan bakteri yang menyebabkan timbulnya aroma mulut tidak sedap.

Oleh karena itu, sehabis makan kita disarankan untuk membersihkan gigi sesegera mungkin dengan sikat gigi dan benang gigi. Hal ini supaya berbagai jenis makanan yang terperangkap di dalam gigi dapat dihilangkan sebelum membusuk dan menyebabkan bau tidak enak pada mulut.

  1. Merokok.

Merokok merupakan salah satu aktivitas yang menjadi penyebab masalah mulut ini. Tidak hanya itu, orang yang merokok juga akan sangat rentan terhadap penyakit gusi dan mulut kering. Dimana kedua penyakit ini juga dapat memicu bau yang tidak sedap tersebut. 

  1. Mulut yang kering.

Beberapa diantara kita pasti pernah mengalami mulut kering. Hal ini diduga terjadi karena berkurangnya produksi air liur di dalam rongga mulut. Sementara air liur sangat berguna bagi mulut untuk membersihkan berbagai sisa makanan.

Mulut kering atau dalam istilah medis disebut xerostomia ini dapat terjadi secara alami ketika kita tidur dengan mulut terbuka, apalagi jika kamar kita menggunakan pendingin ruangan. Akan tetapi, beberapa penyakit mulut kering juga disebabkan oleh pengaruh konsumsi obat tertentu dan juga akibat dari masalah kelenjar saliva,

  1. Akibat pencernaan terganggu

Penyebab lain mengapa mulut menjadi berbau tidak enak adalah terganggunya sistem pencernaan. Biasanya yang berhubungan dengan lambung dan usus. Misalnya penyakit H.pylori dan asam lambung.

  1. Gusi

Gusi merupakan salah satu organ mulut yang juga harus dijaga. Karena gusi dapat menimbulkan bau tidak sedap yang berasal dari gusi yang rusak. Gusi yang rusak ini umumnya disebabkan oleh bakteri yang berasal dari plak pada gigi. 

Bakteri ini sebenarnya cukup berbahaya bagi kesehatan mulut, karena dapat menyebabkan peradangan serius pada gigi, gusi dan bahkan tulang rahang.

  1. Adanya infeksi pada mulut.

Selain beberapa hal di atas, ternyata aroma mulut tidak sedap juga dapat disebabkan oleh infeksi. Infeksi atau luka ini biasanya disebabkan oleh bekas pencabutan gigi atau operasi pada mulut. Namun beberapa infeksi juga disebabkan oleh adanya sariawan, penyakit gusi atau kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang.

Cara menghilangkan bau mulut

Meskipun bukan termasuk penyakit medis yang berbahaya, masalah mulut ini harus tetap mendapat penanganan. Berikut ini cara menghilangkan bau pada mulut dengan metode-metode yang cukup sederhana.

  1. Bersihkan gigi dan rongga mulut secara teratur.

Membersihkan gigi dan seluruh rongga mulut dengan  teratur sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari selama dua menit dapat mengurangi bau napas tidak sedap. Gunakan pasta gigi yang bagus, biasanya yang mengandung fluoride untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jangan biarkan sikat gigi digunakan lebih dari tiga bulan, karena dapat menghantarkan bakteri yang berbahaya ke dalam rongga mulut.

Gunakan mouthwash jika perlu sehabis menyikat gigi.  mouthwash mengandung anti bakteri yang dapat membantu membunuh kuman penyakit di dalam mulut. Atau gunakan benang gigi untuk membantu mengangkat sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi.

  1. Pertahankan cairan tubuh

Cara menghilangkan aroma mulut tidak sedap secara alami dan sangat mudah dilakukan adalah dengan memelihara cairan tubuh. Mengapa? Karena ketika kita kekurangan cairan tubuh, maka mulut akan menjadi kering. Hal ini dapat dihindari dengan cara mencukupi kebutuhan cairan tubuh yaitu dengan minum minimal sebanyak delapan gelas air dalam sehari. Selain itu, kita juga dapat mengunyah permen karet bebas gula. Hal ini bertujuan untuk menstimulasi kelenjar air ludah agar memproduksi lebih banyak lagi sehingga mulut menjadi lebih basah.

  1. Memperhatikan asupan makanan.

Caranatural lainnya yang sangat mudah untuk dilakukan adalah dengan menjaga makanan serta minuman kita. Hindari berbagai jenis makanan dan minuman yang dapat memicu bau napas tidak sedap seperti yang telah disebutkan pada uraian sebelumnya.

  1. Stop merokok.

Bagi perokok aktif, menghentikan kegiatannya ini memang merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, nyatanya cara ini terbukti sangat ampuh untuk mengusir aroma mulut tidak sedap. Jika perlu, Sobat Pintar dapat meminta bantuan dokter untuk menghentikan kebiasaan merokok ini. 

  1. Konsumsi teh hijau.

Mengkonsumsi teh hijau dapat menjadi cara alami  mengobati masalah mulut bau. Teh hijau diketahui memiliki kandungan zat antioksidan dan anti bakteri yang baik untuk membantu mengatasi peradangan. Sobat Pintar dapat menambahkan daun mint untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

  1. Kunjungi dokter gigi secara rutin.

Perlu Sobat Pintar ketahui bahwa mengunjungi dokter gigi secara teratur setiap enam bulan sekali sangat disarankan demi memelihara kesehatan mulut dan gigi Sobat Pintar, serta dapat mengurangi resiko napas bau.

Jadi jangan ragu untuk datang ke dokter gigi jika Sobat Pintar menemui masalah mulut yang dapat membuat Sobat Pintar tidak nyaman, termasuk aroma mulut tidak sedap.

Meskipun memeriksakan keadaan mulut ke dokter gigi sangat penting, tidak sedikit orang yang mengabaikannya dengan alasan biaya ke dokter gigi yang besar. Namun, sekarang Sobat Pintar tidak perlu khawatir lagi karena Kredit Pintar dapat membantu Sobat Pintar mendapatkan pinjaman uang dengan mudah dan ringan. Terutama jika masalah kesehatan mulut Sobat Pintar sangat serius dan sangat membutuhkan penanganan dokter yang memakan biaya sangat besar. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload