Cara Lengkap Menggunakan PayPal

27 Oct 2021 by Laruan, Last edit: 08 Nov 2021

PayPal merupakan layanan untuk melakukan pembayaran maupun menerima pembayaran secara online. PayPal terutama terkenal sebagai layanan yang cocok digunakan untuk melakukan pembayaran mancanegara, baik pembayaran belanja online, langganan situs web/aplikasi, maupun perseorangan. Di sini akan membahas cara menggunakan PayPal

Cara Lengkap Menggunakan PayPal

Tidak hanya untuk melakukan pembayaran, PayPal juga dapat digunakan untuk menerima uang. Uang yang diterima akan tersimpan sebagai saldo PayPal dan dapat digunakan untuk membayar sesuatu. Konsepnya adalah e-wallet, mirip seperti OVO maupun GoPay. Tentunya Anda juga dapat menarik saldo PayPal tersebut ke rekening Anda.

Akan tetapi, berbeda dengan OVO dan GoPay, Anda tidak harus memiliki saldo PayPal untuk mengirimkan uang dan melakukan pembayaran. Apabila saldo tidak cukup, PayPal akan meminta Anda untuk membayar menggunakan kartu Anda saat melakukan pembayaran.

Keuntungan dari menggunakan PayPal adalah Anda tidak perlu memasukkan informasi rekening Bank Anda tiap melakukan transaksi, yang Anda perlukan hanya email dan password PayPal Anda. Selain lebih praktis karena alamat email lebih mudah diingat daripada nomor kartu, sistem ini juga lebih aman karena Anda tidak membagikan informasi rekening Anda dengan situs tempat Anda melakukan transaksi.

Tunggu apa lagi? Jika ingin mendapatkan keuntungan-keuntungan tadi, simak cara menggunakan PayPal berikut.

Cara Membuat Akun Paypal

  1. Pergi ke situs web PayPal

Pertama-tama pergi ke situs web PayPal dan tekan tombol Sign Up untuk membuat akun. 

  1. Pilih jenis akun

Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan yaitu: akun personal atau akun bisnis. Akun personal digunakan untuk belanja online serta mengirim dan menerima pembayaran. Sementara itu, akun bisnis menyediakan layanan mengirim dan menerima pembayaran menggunakan nama bisnis serta pemantauan penipuan dan perlindungan penjual.

Bila memilih akun personal, Anda diminta menjawab Anda akan menggunakan PayPal sebagai apa:

  • pembelanja online
  • penjual perorangan/freelancer (pekerja lepas)
  • keduanya, atau
  • masih tidak yakin.
  1. Isi data diri

Selanjutnya Anda harus mengisi data diri, berupa nomor telepon, alamat email, nama, kewarganegaraan, tanggal lahir, dan data KTP.

  1. Tambahkan kartu kredit atau debit

Supaya dapat melakukan pembayaran, Anda akan diminta menghubungkan akun PayPal Anda dengan kartu kredit maupun debit yang Anda miliki. Kartu yang dapat digunakan adalah kartu yang memiliki logo Visa, MasterCard, atau American Express.

Cara menambahkan kartu adalah klik Wallet pada bagian atas halaman. Beberapa bank menawarkan pilihan untuk menghubungkan bank secara instan menggunakan username dan password m-banking. Apabila tidak ada pilihan tersebut, masukkan detail rekening bank secara manual lalu klik ‘Setuju dan Hubungkan’.

Anda juga dapat menambahkan kartu kedua sebagai metode pembayaran cadangan. Kartu kedua ini akan digunakan bila Instant Transfer tidak langsung bekerja. Biasanya metode pembayaran cadangan ini berupa kartu kredit.

Apabila akun Anda sudah dibuat dan semua data termasuk informasi kartu Anda sudah terverifikasi, Anda dapat menggunakannya untuk melakukan maupun menerima pembayaran dengan sangat mudah.

Cara Menggunakan PayPal untuk Melakukan Pembayaran Belanja Online

  1. Pergi ke situs belanja online yang ingin kamu beli barangnya, misalnya Amazon atau Sephora.
  2. Pilih barang yang kamu inginkan dan masukkan ke keranjang belanja.
  3. Lakukan checkout.
  4. Saat melakukan pembayaran, pilih metode pembayaran PayPal. Selanjutnya Anda hanya perlu memasukkan email dan kata sandi PayPal Anda tanpa harus memberikan informasi kartu.

Sangat mudah bukan? Tapi tentu saja ini hanya berlaku untuk situs-situs yang menerima PayPal sebagai metode transaksi. Namun Anda tidak perlu khawatir, PayPal bekerja sama dengan ratusan ribu pedagang online, biasanya terutama bila penjual atau penyedia jasa berbasis di Amerika Serikat.

Jika digunakan untuk belanja online, PayPal juga menawarkan jaminan pengembalian uang bila barang yang dibeli tidak sampai atau tidak sesuai dengan keterangan.

Cara Menggunakan Paypal untuk Menerima Uang dari Penjualan Online

Jika tujuan Anda menggunakan PayPal adalah untuk menerima uang, caranya juga sangat mudah.

  1. Lakukan penjualan barang atau jasa melalui situs yang menerima pembayaran melalui PayPal.
  2. Misalnya Anda ingin melakukan menjual desain melalui situs RedBubble. Pada akun RedBubble Anda, hubungkan dengan akun PayPal Anda.
  3. Bila ada yang membayar jasa Anda, Anda dapat menarik uang itu ke saldo PayPal Anda, lalu menariknya ke kartu Anda yang terhubung dengan PayPal.

Cara Menarik Uang dari Saldo PayPal ke Rekening

  1. Log in ke akun PayPal Anda.
  2. Klik tombol Transfer Dana yang ada pada bagian Saldo PayPal.
  3. Tekan Transfer Dana yang ada pada bagian bawah informasi saldo Anda. Saldo minimal yang dapat ditransfer adalah $1.00 (1 dolar Amerika Serikat). Pada halaman ini juga terdapat pilihan konversi kurs hari itu juga supaya transaksi mancanegara lebih mudah.
  4. Pilih Transfer ke bank Anda.
  5. Masukkan jumlah yang akan ditransfer. Perlu diperhatikan bahwa bank akan mengenakan biaya untuk menerima dana dari PayPal.
  6. Periksa rincian dan klik Transfer sekarang.

Lalu, bila kita bisa menarik saldo PayPal ke rekening, bagaimana cara top up saldo PayPal? Sayangnya, di Indonesia belum ada fitur mengisi saldo PayPal dari rekening bank. Anda hanya dapat menerima pembayaran dari situs-situs jual-beli barang maupun jasa saat sesorang melakukan pembayaran. Akan tetapi tentunya ini tidak mengganggu penggunaan PayPal Anda. Seperti yang sudah disebutkan di awal, Anda tetap dapat melakukan pembayaran menggunakan PayPal walaupun tidak memiliki saldo PayPal.

Cara Menggunakan PayPal untuk Mentransfer Uang ke Akun PayPal Lain

  1. Log in ke akun PayPal Anda.
  2. Tekan tombol Kirim Uang pada bagian atas halaman.
  3. Masukkan alamat email atau nomor telepon penerima.
  4. Masukkan jumlah uang yang akan dikirim.
  5. Periksa rincian, lalu klik Kirim Uang.

Bila Anda mencari cara mentransfer uang ke rekening orang lain menggunakan PayPal, saat ini PayPal belum menyediakan fitur tersebut. Anda hanya bisa mentransfer ke akun PayPal lain dan Anda hanya dapat mengirimkan uang ke rekening bank Anda sendiri yang sudah terhubung pada akun PayPal.

Cara Menggunakan PayPal untuk Mengirimkan Tagihan kepada Orang Lain

Menariknya, PayPal memiliki fitur “Minta Uang”. Tentunya ini tidak berarti uang pasti akan dikirimkan, fitur ini seperti cara untuk mengirimkan tagihan digital kepada orang lain. Yang lebih menarik lagi, Anda dapat mengirimkan tagihan kepada orang yang tidak memiliki akun PayPal, dan mereka dapat mengirimkan uang pada akun PayPal Anda melalui bank. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Log in ke akun PayPal Anda.
  2. Tekan tombol Minta pada bagian kanan layar.
  3. Masukkan email atau nomor telepon orang yang ingin dikirimkan tagihan. Anda dapat mengirimkan tagihan ke maksimal 20 orang sekaligus.

Itu adalah cara menggunakan PayPal untuk berbagai kepentingan. Daripada terus-menerus digunakan untuk online shopping, jadilah produktif dan gunakan PayPal untuk menerima uang dengan melakukan penjualan online ke pasar mancanegara.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download