Cara Mengganti Email FB dan Ganti Password

15 Oct 2021 by Laruan

Penggunaan media sosial saat ini sudah menjadi hal yang penting. Dengan memiliki media sosial, kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. Namun, beberapa orang kerap melakukan kesalahan saat melakukan pendaftaran Facebook mereka. Sehingga mereka mencari cara mengganti email FB mereka dengan email yang aktif mereka gunakan.

Salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Facebook. Menurut data yang ada pada Statista, terdapat 140 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2021.

Masyarakat Indonesia memanfaatkan Facebook untuk bersosialisasi dan memasarkan barang dagangan mereka secara online. Melihat perkembangan online shopping yang meningkat di antara pengguna Facebook, akhirnya Facebook membuat Facebook Shops yang khusus untuk memasarkan produk dagangan kita.

Jika Sobat Pintar memiliki akun Facebook khusus untuk berjualan, maka kalian harus pastikan email yang kalian gunakan pada akun tersebut aktif dan sering kalian gunakan. Jika tidak, ketika kalian mengalami masalah dalam mengakses akun FB, kalian tidak akan mendapatkan email notifikasi dan email kode verifikasi yang menyatakan bahwa akun tersebut memiliki kalian.

Sobat Pintar pastinya tidak ingin kehilangan akun FB tersebut karena sudah memiliki banyak pelanggan, bukan?

Jika begitu, kali ini kita akan memberikan langkah-langkah membuat email baru di Gmail dan Yahoo untuk kalian.

Cara Membuat Email Baru

  1. Gmail

Membuat email baru di Google atau Gmail bisa kalian lakukan dengan mudah melalui laptop atau menggunakan smartphone kesayangan Sobat Pintar. Berikut adalah langkah-langkah mendaftar email baru.

  1. Kunjungi halaman Gmail melalui browser Sobat Pintar
  2. Kemudian, pilih “Buat Akun” yang terletak pada bagian kanan atas
  3. Lengkapi data diri pribadi Sobat Pintar. Pastikan kalian mengisi data tersebut dengan benar.
  4. Tulis atau masukan alamat email yang ingin kalian gunakan dan masukkan password untuk mengakses email tersebut kemudian klik “Selanjutnya”
  5. Setelah alamat email terverifikasi, kalian akan diminta untuk memasukkan nomor telepon untuk proses verifikasi. Pastikan nomor telepon yang kalian masukkan merupakan nomor yang aktif dan sering kalian gunakan.
  6. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk menginput tanggal, bulan, dan tahun lahir sobat pintar. Pastikan data ini kalian isi dengan benar.
  7. Kemudian, pilih jenis kelamin Sobat Pintar dan klik “Berikutnya”
  8. Lalu, kalian akan melihat halaman “Privasi dan Persyaratan,” baca dengan jelas persyaratan dan privasi tersebut dan kemudian klik “Saya Setuju”

Ikuti langkah-langkah tersebut untuk membuat email baru dengan mudah dan cepat.

  1. Yahoo!

Selain Gmail, Sobat Pintar juga bisa membuat email baru melalui Yahoo! melalui laptop atau smartphone. Berikut cara-caranya:

  1. Kunjungi laman pendaftaran email Yahoo! Disini.
  2. Lengkapi data pribadi kalian. Pastikan asli, ya.
  3. Periksa kembali data pribadi Sobat Pintar. Ingat-ingat ya password dan alamat email yang kalian daftarkan.
  4. Selanjutnya adalah tahapan verifikasi nomor. Dalam beberapa menit, Sobat Pintar akan mendapatkan pesan dari Yahoo! Berupa kode verifikasi. Masukkan nomor tersebut pada kolom tersedia.
  5. Selesai

Sekarang Sobat Pintar sudah bisa mengirim dan menerima email dengan menggunakan alamat email yang baru kalian daftarkan.

Setelah membuat alamat email yang baru, sekarang Sobat Pintar sudah bisa memperbarui atau mengganti email pada akun FB Sobat Pintar. Berikut caranya:

Cara Mengganti Email FB

  1. Buat Alamat Email Baru

Sobat Pintar yang berniat untuk mengganti email FB yang sudah terdaftar dengan email baru, kalian harus memiliki sebuah alamat email yang baru sebagai pengganti email yang sudah terdaftar.

Kalian bisa melakukan langkah-langkah cara membuat email baru yang sudah kami jelaskan diatas. Setelah Sobat Pintar membuat email baru, kalian harus log in atau sign in dengan menggunakan alamat email yang lama.

  1. Menambah Alamat Email Baru

Setelah Sobat Pintar masuk ke akun FB, kalian sudah bisa mulai menambah email baru dengan klik tombol segitiga terbalik dan pilih “setting” atau pengaturan akun dalam Bahasa Indonesia.

Selanjutnya, kalian akan diarahkan ke laman pengaturan akun umum. Pilih “Sunting Email” dan klik “email tambahan” untuk menambah alamat email baru yang sudah kalian buat atau miliki. Kemudian, Sobat Pintar masukkan alamat email tersebut ke dalam pengaturan.

Kemudian, Sobat Pintar akan diminta untuk mengisi password Facebook. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Sobat Pintar merupakan pemilik akun Facebook yang sedang melakukan perubahan.

  1. Konfirmasi Email Facebook

Setelah itu, Facebook akan mengirimkan sebuah email konfirmasi ke alamat email yang sudah kalian daftarkan. Tapi ingat, email tersebut memiliki kadaluarsa selama 1 jam, jadi Sobat Pintar harus melakukan konfirmasi perubahan email secepatnya.

Sobat Pintar bisa melihat email konfirmasi itu pada Inbox email yang kalian daftarkan. Cari email yang berasal dari Facebook, buka email tersebut, dan klik atau masukkan kode verifikasi untuk mengkonfirmasi perubahan setting.

  1. Ganti atau Hapus Alamat Email Facebook

Setelah Sobat Pintar menyelesaikan tahap konfirmasi perubahan email, sekarang kalian sudah bisa melakukan perubahan email utama atau primary contact. Setelah berhasil melakukan setting perubahan primary contact, Sobat Pintar akan diminta memasukkan password kembali untuk menyimpan perubahan setting.

Jika sudah selesai, email utama akun Sobat Pintar sekarang sudah memiliki alamat email yang baru. Lalu, bagaimana dengan alamat email yang lama? Itu terserah Sobat Pintar. Kalian bisa menghapusnya atau menjadikan alamat email tersebut menjadi email cadangan.

Cara Ganti Password FB

Selanjutnya, Kredit Pintar akan membagikan cara-cara mengganti password FB jika kalian ingin merubah password FB. Berikut caranya:

  1. Masuk ke akun Facebook
  2. Klik ikon segitiga terbalik pada sisi kanan atas tampilan Facebook
  3. Kemudian, pilih menu Pengaturan & Privasi
  4. Temukan menu Keamanan dan Login dan klik menu tersebut
  5. Setelah masuk ke laman Keamanan dan Login, pilih Login dan pilih Ubah Kata Sandi
  6. Lakukan tiga (3) instruksi yang diberikan:
    1. Tulis kata sandi atau password saat ini
    2. Buat kata sandi baru
    3. Tulis ulang kata sandi atau password yang baru
  7. Setelah selesai melengkapi ketiga kolom tersebut, klik Simpan Perubahan.

Lakukan perubahan password atau kata sandi ini secara berkala untuk meningkatkan keamanan akun FB Sobat Pintar. Gunakan kata sandi yang bisa kalian ingat dengan mudah dan kombinasikan kata sandi tersebut dengan simbol-simbol atau angka. Dengan begitu, penyusup tidak akan mudah menemukan kata sandi Sobat Pintar dengan mudah. Jadi itulah cara mengganti email FB, sangat mudah bukan? Bermain media sosial memang menyenangkan, namun Sobat Pintar tetap harus mengontrol waktu bermain media sosial supaya tidak melupakan pekerjaan sehari-hari. Jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial kalian atau ke kerabat terdekat kalian yang membutuhkan informasi ini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
15 Oct 2021
mobile-closeKredit PintarDownload