Cara Mengatasi Telat Haid Secara Alami Tanpa Obat

02 Oct 2023 by kreditpintar, Last edit: 10 Oct 2023

Wanita biasanya akan mengalami haid sebanyak satu kali setiap bulannya. Namun, tidak jarang karena satu dan lain hal haid datang terlambat. Sehingga, informasi tentang cara mengatasi telat haid sangat penting untuk Anda ketahui. Haid atau menstruasi merupakan suatu kondisi pada tubuh wanita yang menyebabkan keluarnya darah dari liang vagina selama kurang lebih 2 sampai 10 hari. Kondisi ini disebabkan oleh meluruhnya dinding rahim karena tidak dibuahi oleh sel sperma. Siklus haid biasanya terjadi setiap bulan. Namun tidak jarang juga yang lebih dari itu dan bahkan datang lebih terlambat. Oleh karena itu, wanita sangat dianjurkan untuk mengetahui cara mengatasi telat haid agar hal ini tidak terjadi secara berulang-ulang dan menyebabkan penyakit yang lebih serius. 

10 Penyebab Menstruasi Terlambat yang Perlu Diketahui - Alodokter

Baca juga Cara Menghitung HPHT Menstruasi dan Hari Lahir

Penyebab haid datang terlambat

Sebelum kita membahas tentang cara mengatasi telat haid, tidak ada salahnya jika membahas apa yang menjadi penyebab telatnya siklus tamu bulanan tersebut. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Obesitas 

Ya, salah satu hal yang bisa menyebabkan terlambatnya siklus menstruasi adalah kondisi berat badan yang berlebih atau disebut juga obesitas. Ketika berat badan berlebih maka hormon di dalam tubuh akan terganggu dan mengalami perubahan. Perubahan hormon inilah yang kemudian menyebabkan siklus menstruasi ikut berubah. Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita untuk tetap menjaga berat badannya agar tetap ideal/ 

  1. Stres

Tidak hanya obesitas, kondisi stress juga bisa menjadi penyebab telatnya siklus mens. Apabila otak mengalami beban yang cukup berat hingga menyebabkan stress, maka hal ini turut dapat mempengaruhi hormon yang bertugas mengatur siklus haid. Apabila stress terjadi secara berkepanjangan, bukan tidak mungkin kondisi ini bisa menaikkan berat badan secara tiba-tiba. Kondisi inilah yang menyebabkan terganggunya siklus menstruasi. 

  1. Adanya Sindrom Polikistik Ovarium

Penyebab telat haid selanjutnya yaitu adanya sindrom polikistik ovarium (PCOS). Sindrom ini menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak androgen atau hormon pria. 

Ciri-ciri haid terlambat

Sebelum masuk ke cara mengatasi telat haid, sebaiknya Anda juga harus mengetahui bagaimana ciri-ciri dari haid yang terlambat. Secara umum, tanda terlambatnya datang bulan yaitu ketika tidak adanya pendarahan yang terjadi selama satu bulan atau lebih. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa terlambat haid itu jika tidak terjadinya pendarahan setelah lima hari atau lebih sejak tanggal yang semestinya. 

Akan tetapi, gejala haid terlambat dapat berbeda-beda pada setiap wanita tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Namun, hal ini tidak akan melepaskan Anda dari kondisi atau gejala premenstrual syndrom (PMS). Selain tidak adanya darah yang keluar dari vagina selama beberapa hari dari tanggal yang seharusnya, ternyata telat haid juga bisa ditandai dengan beberapa hal berikut ini:

  1. Timbulnya sejumlah jerawat di wajah.
  2. Perut terasa kembung.
  3. Payudara terasa sakit dan sensitif.
  4. Sakit kepala.
  5. Badan terasa lemas, lesu dan lunglai.
  6. Terjadi kram di bagian perut dan punggung.
  7. Pinggul terasa nyeri. 

Cara mengatasi telat haid

Datang bulan yang terlambat memang kerap membuat banyak wanita sedikit panik. Pasalnya, hal ini sering dikaitkan dengan adanya penyakit-penyakit tertentu yang disebut-sebut dapat membahayakan kondisi wanita tersebut. Namun, setelah Anda mengetahui cara mengatasi telat haid berikut ini mungkin Anda bisa sedikit lebih lega dan tidak khawatir secara berlebihan lagi. 

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Menstruasi

1. Mengkonsumsi vitamin C

Vitamin C atau asam askorbat bisa menjadi salah satu cara mengatasi haid telat secara alami. Jenis vitamin yang bisa Anda temukan di berbagai jenis buah-buahan ini bisa membantu tubuh Anda meningkatkan produksi hormon estrogen dan menurunkan hormon progesteron. Hal ini akan membuat uterus/rahim berkontraksi dan lapisan rahim akan meluruh. Meskipun banyak yang menyebutkan demikian. Nyatanya hal ini perlu dibuktikan lebih lanjut dengan penelitian-penelitian yang lebih akurat guna memastikan efektifitasnya. 

Adapun beberapa jenis buah-buahan dan makanan yang kaya akan vitamin C adalah sebagai berikut: Jeruk, brokoli, buah beri, tomat, bayam, paprika. 

Baca juga Mengenal Ragam Manfaat Kunyit bagi Kesehatan Tubuh

2. Mengkonsumsi jamu kunyit

Cara mengatasi telat haid selanjutnya yaitu dengan rutin mengkonsumsi jamu kunyit. Rempah-rempah yang cukup banyak digunakan sebagai bumbu masakan ini disebut-sebut mengandung sejumlah zat aktif yang bisa mempengaruhi produksi estrogen dan progesteron. Berdasarkan banyak pengalaman, kunyit memang bisa mengatasi masalah menstruasi yang terlambat ini. Hanya saja, masih perlu penelitian lebih lanjut terkait hal ini demi mendapatkan bukti yang lebih akurat. Lebih dari itu, kandungan zat di dalam kunyit memang memiliki banyak khasiat di bidang kesehatan.

3. Mengkonsumsi minuman jahe.

Meminum minuman yang terbuat dari jahe juga disebut-sebut bisa menjadi solusi haid yang telat. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa salah satu bumbu masakan beraroma khas ini memiliki kandungan alami yang dapat mendorong terjadinya kontraksi pada rahim. Sehingga, banyak yang menjadikan jahe sebagai obat herbal untuk merangsang terjadinya haid. Jahe sendiri memiliki aroma yang khas dan rasa yang pedas. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengkonsumsi jahe. Mengolahnya menjadi teh juga merupakan salah satu cara menikmatinya. Tambahkan juga bahan lain seperti kayu manis untuk menambah cita rasa. 

4. Relaksasi

Cara mengatasi telat haid selanjutnya yaitu dengan melakukan relaksasi. Seperti yang telah diulas sebelumnya bahwa salah satu penyebab haid datang terlambat adalah stress. Saat kita merasa stress, maka tubuh akan secara otomatis memproduksi lebih banyak hormon kortisol dan adrenalin. Kedua hormon ini akan menghambat produksi dari hormon kesuburan (estrogen dan progesteron). Apabila hormon estrogen dan progesteron tidak seimbang maka siklus menstruasi akan terlambat. 

Sehingga, salah satu cara yang efektif untuk memperbaiki siklus menstruasi adalah dengan melakukan relaksasi agar tubuh tidak terlalu stres. Adapun cara relaksasi yang bisa dilakukan sangat bervariasi, mulai dari melakukan yoga, meditasi, mengurangi aktivitas, menonton film dan lain sebagainya. 

5. Mandi air hangat

Cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan untuk memperbaiki siklus haid adalah dengan mandi air hangat. Hal ini dapat membantu Anda untuk merelaksasikan otot-otot yang tegang dan meredakan stress. Sehingga haid Anda menjadi lancar. Itulah beberapa cara mengatasi telat haid yang berhasil dirangkum oleh kredit pintar. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Baca juga Cara Menghitung HPHT Menstruasi dan Hari Lahir

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Oct 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download