Cara Mendinginkan HP

26 Jun 2023 by kreditpintar, Last edit: 26 Jun 2023

Menghadapi ponsel yang panas atau overheat saat digunakan bisa menjadi masalah yang sangat mengganggu, terutama jika Anda mengandalkannya untuk berbagai aktivitas sehari-hari, baik itu bekerja, belajar, atau sekadar bersantai dengan menonton video atau bermain game. Terlebih lagi, panas berlebih pada perangkat tidak hanya dapat mengganggu kinerja tetapi juga dapat merusak komponen internal dan mengurangi umur perangkat. 

Mengingat pentingnya masalah ini, artikel ini akan membahas “cara mendinginkan HP” dengan berbagai metode yang bisa Anda coba sendiri. Dengan tips dan trik yang akan kita bahas, Anda bisa menjaga ponsel Anda tetap dingin dan berfungsi dengan baik.

Baca juga: 10 Rekomendasi HP Untuk Pelajar 2023, Harga Cuma 1 Jutaan

Cara Mendinginkan HP dengan Mudah

Jika ponsel Anda menjadi terlalu panas, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mendinginkannya:

  1. Matikan Aplikasi: Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan, terutama aplikasi yang membutuhkan banyak sumber daya seperti game atau aplikasi video.
  2. Nonaktifkan Fitur Tidak Perlu: Nonaktifkan fitur seperti Bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan layanan lokasi saat tidak digunakan.
  3. Atur Kecerahan Layar: Kecerahan layar yang tinggi dapat menghabiskan banyak energi dan menyebabkan panas. Coba kurangi kecerahan layar atau atur ponsel Anda untuk menyesuaikan kecerahan secara otomatis berdasarkan pencahayaan lingkungan.
  4. Hindari Sinar Matahari Langsung: Jangan tinggalkan ponsel Anda di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau dalam mobil yang panas.
  5. Lepaskan Pelindung Ponsel: Jika Anda menggunakan casing atau pelindung ponsel, lepaskan untuk membantu panas keluar.
  6. Matikan Ponsel: Jika ponsel Anda masih panas, pertimbangkan untuk mematikannya dan biarkan dingin selama beberapa menit sebelum menghidupkannya lagi.
  7. Perbarui Perangkat Lunak: Pastikan Anda memiliki versi terbaru dari sistem operasi ponsel dan aplikasi Anda. Pembaruan seringkali mencakup perbaikan bug yang dapat mempengaruhi panas dan kinerja perangkat.
  8. Gunakan Mode Hemat Daya: Banyak ponsel memiliki mode hemat daya yang dapat membantu mengurangi penggunaan CPU dan baterai.

Ingat, jika ponsel Anda secara konsisten menjadi sangat panas, bisa jadi ada masalah yang lebih serius. Jika tips ini tidak membantu, Anda mungkin perlu menghubungi produsen atau profesional perbaikan ponsel untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Penyebab HP Gampang Panas

Ada beberapa alasan mengapa perangkat seluler (HP) Anda dapat menjadi panas. Berikut beberapa faktor yang paling umum:

  1. Penggunaan intensif: Jika Anda menggunakan ponsel Anda terus menerus selama berjam-jam, baik itu untuk bermain game, menonton video, atau menjalankan aplikasi berat, hal ini bisa membuat ponsel menjadi panas. Semua aktivitas ini memerlukan banyak pemrosesan, yang berarti prosesor dan GPU (Graphic Processing Unit) ponsel Anda bekerja lebih keras. Ketika komponen ini bekerja keras, mereka menghasilkan lebih banyak panas.
  2. Banyak aplikasi berjalan di latar belakang: Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang juga bisa menjadi penyebab ponsel menjadi panas. Aplikasi ini tetap menggunakan CPU dan memori, bahkan ketika Anda tidak menggunakannya secara aktif. Menghapus aplikasi dari latar belakang atau menonaktifkan aplikasi yang tidak perlu dapat membantu mengurangi pemanasan.
  3. Kualitas baterai dan usia perangkat: Baterai lithium-ion yang digunakan dalam sebagian besar ponsel cenderung menjadi panas ketika diisi ulang atau digunakan secara intensif. Juga, semakin tua perangkat, semakin mungkin baterai akan memanas karena efisiensi baterai menurun seiring waktu.
  4. Koneksi data dan GPS: Menggunakan data seluler, khususnya 4G atau 5G, atau GPS juga bisa membuat ponsel menjadi panas. Komunikasi nirkabel ini membutuhkan banyak energi dan dapat memanaskan ponsel.
  5. Kondisi lingkungan: Jika ponsel Anda berada di lingkungan yang panas, seperti di bawah sinar matahari langsung atau dalam mobil yang panas, ini bisa membuat ponsel menjadi lebih panas. Perangkat elektronik, termasuk ponsel, cenderung bekerja lebih efisien dalam kondisi dingin.
  6. Pelindung ponsel: Walaupun pelindung ponsel berguna untuk melindungi perangkat dari kerusakan fisik, mereka juga bisa menjadi penyebab pemanasan. Pelindung dapat mencegah panas keluar dari perangkat, terutama jika dibuat dari plastik atau bahan isolator panas lainnya.
  7. Sistem operasi dan firmware: Kadang-kadang, pembaruan sistem operasi atau firmware yang buruk dapat menyebabkan masalah dengan manajemen daya dan membuat ponsel menjadi panas.

Tipe HP Gampang Panas

Memang, beberapa model ponsel cenderung lebih mudah panas dibandingkan yang lain, biasanya karena perangkat keras dan perangkat lunak mereka yang dirancang untuk performa tinggi. Biasanya, perangkat yang dirancang untuk gaming, pengeditan video, atau penggunaan intensif lainnya bisa menjadi lebih panas karena mereka memiliki prosesor yang lebih kuat dan lebih banyak memori, yang keduanya dapat menghasilkan panas saat digunakan.

Namun, sangat penting untuk diingat bahwa sebagian besar ponsel modern dirancang dengan baik untuk mengelola panas dan tidak seharusnya menjadi sangat panas dalam penggunaan normal. Jika perangkat Anda menjadi sangat panas secara teratur, bisa jadi ada masalah dengan perangkat itu sendiri atau dengan cara Anda menggunakannya.

Untuk menjawab pertanyaan Anda secara langsung, sulit untuk memberikan daftar model ponsel tertentu yang lebih cenderung menjadi panas karena banyak variabel yang terlibat, termasuk bagaimana Anda menggunakan ponsel Anda, lingkungan tempat Anda menggunakan ponsel, dan sebagainya. Dan memang, beberapa model tertentu mungkin memiliki masalah pemanasan yang dilaporkan oleh pengguna, tetapi ini biasanya lebih merupakan pengecualian daripada aturan.

Baca juga: Harga Hp Redmi, Sejarah dan Rekomendasi

Jika Anda mencari ponsel baru dan khawatir tentang masalah panas, saya sarankan Anda mencari ulasan online tentang model yang Anda minati dan periksa apakah ada banyak laporan tentang pemanasan berlebihan. Anda juga dapat bertanya kepada penjual atau mungkin teman yang memiliki model yang sama untuk mendapatkan pendapat mereka.

Cara Mendinginkan HP Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu produsen smartphone terkemuka dan banyak orang mengandalkan perangkat mereka untuk berbagai kebutuhan. Jika Anda memiliki smartphone Xiaomi yang mengalami pemanasan berlebih, berikut adalah beberapa cara untuk mendinginkannya:

  1. Tutup Aplikasi: Pastikan Anda menutup semua aplikasi yang tidak sedang digunakan. Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat memanaskan perangkat Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “recent apps” dan menggeser aplikasi yang ingin Anda tutup.
  2. Gunakan Mode Hemat Daya: Xiaomi memiliki fitur hemat daya yang sangat baik. Dengan mengaktifkan mode ini, smartphone Anda akan membatasi beberapa fungsi yang menghabiskan banyak daya dan dapat memanaskan perangkat, seperti sinkronisasi otomatis atau pembaruan latar belakang.
  3. Matikan Fitur Tidak Perlu: Jika Anda tidak menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, GPS, atau data seluler, matikan fitur ini. Semua fitur ini dapat memanaskan ponsel Anda ketika digunakan.
  4. Hindari Penggunaan Intensif: Jika Anda menggunakan smartphone Anda untuk tugas berat seperti gaming atau streaming video untuk waktu yang lama, cobalah untuk memberikan waktu istirahat pada perangkat Anda.
  5. Perbarui Perangkat Lunak: Pastikan sistem operasi MIUI dan aplikasi Anda selalu diperbarui. Pembaruan biasanya termasuk perbaikan bug dan peningkatan performa yang bisa membantu mengurangi pemanasan.
  6. Cek Suhu Lingkungan: Jangan gunakan atau simpan smartphone Anda di tempat yang sangat panas, seperti di bawah sinar matahari langsung. Suhu lingkungan yang tinggi dapat meningkatkan suhu perangkat Anda.
  7. Reset Ulang: Jika cara-cara di atas tidak bekerja, Anda mungkin perlu melakukan reset pabrik pada perangkat Anda. Harap dicatat bahwa ini akan menghapus semua data di ponsel Anda, jadi pastikan untuk membuat cadangan data terlebih dahulu.

Baca juga: 8 Cara Merawat HP Agar Awet Tanpa Biaya Mahal

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Jun 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download