Cara Memutihkan Seluruh Badan Secara Alami

07 Dec 2023 by Kredit Pintar., Last edit: 07 Dec 2023

Meskipun definisi cantik bisa bermacam-macam, tidak sedikit wanita Indonesia yang bermimpi memiliki kulit putih sebagai standar kecantikan mereka. Bukan hanya di wajah saja, melainkan di seluruh badan. Cara memutihkan seluruh badan sebenarnya dapat dilakukan secara alami maupun dengan bantuan produk pemutih.

cara memutihkan seluruh badan

Hanya saja, menggunakan produk pemutih kadangkala memberikan efek samping yang bisa berbahaya bagi kulit. Terutama jika digunakan dalam jangka panjang. Sementara itu, memutihkan badan secara alami dinilai lebih aman dan pastinya tanpa efek samping yang berbahaya. Inilah cara-cara memutihkan seluruh badan secara alami yang bisa Anda coba.  

Baca juga: Cara Menghilangkan Kurap : Alami & Aman

  1. Kedelai

Kedelai memiliki kandungan isoflavon yang berkhasiat sebagai anti penuaan dini hingga efek pencerah. Tak hanya itu, kandungan lain yang dimiliki oleh kedelai juga bisa mengurangi kekusaman kulit hingga kerusakan akibat adanya paparan sinar UV matahari. Karena khasiatnya ini, tidak sedikit produk kecantikan yang memanfaatkan kedelai sebagai bahan pelembab kulit dan wajah. Namun, bagi Anda yang lebih memilih cara memutihkan seluruh badan secara alami, Anda bisa bisa memanfaatkan kedelai dengan cara menghaluskan kedelai. Kemudian, campurkan dengan sedikit air supaya teksturnya bisa seperti pasta. 

Aplikasikanlah pasta kedelai tersebut ke kulit Anda secara merata. Diamkan untuk beberapa menit dan setelahnya bilas hingga bersih. Menurut penelitian, pemakaian ekstrak kedelai pada kulit atau sebagai pelembab kulit dalam kurun 12 minggu bisa membantu meratakan warna kulit. Selain itu, juga bisa menyamarkan garis halus pada kulit dan memudarkan bintik hitam. Dalam kata lain, kedelai sangat efektif untuk memutihkan seluruh badan. 

  1. Lidah Buaya

Selain kedelai, lidah buaya dapat menjadi cara memutihkan seluruh badan secara alami. Kandungan aloin dalam lidah buaya inilah yang bisa menghambat pembentukan melanin sehingga bisa memutihkan kulit. Kandungan dalam lidah buaya tersebutlah yang dimanfaatkan oleh produk pencerah kulit. 

Nah, untuk mengaplikasikannya secara alami, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya sebelum tidur. Jangan lupa, untuk membilasnya dengan air hangat keesokan paginya. Namun, meski dinilai sebagai bahan alami, beberapa orang juga bisa mengalami reaksi seperti kemerahan, gatal, hingga rasa perih. Bila Anda merasakan reaksi seperti itu, sangat dianjurkan untuk segera menghentikan pemakaian. 

  1. Cuka Apel

Cuka apel sudah cukup lama dimanfaatkan sebagai bahan untuk kesehatan kulit. Kandungan asam asetatnya bisa berkhasiat dalam mengurangi bercak hitam hingga meredakan jerawat. Cara memutihkan seluruh badan dengan cuka apel dapat Anda lakukan dengan mengencerkan cuka dengan air menggunakan perbandingan 1:1. 

Lalu, oleskan larutan tersebut ke kulit Anda dan diamkan selama 3 menit. Jika sudah, bilaslah dengan air bersih. Pemanfaatan cuka apel untuk memutihkan kulit ini bisa dilakukan rutin 1-2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang terbaik. 

  1. Bengkoang

Bila Anda sering memperhatikan produk pemutih kulit, pastinya Anda akan sangat familiar dengan produk yang memanfaatkan bahan bengkoang. Bengkoang termasuk buah yang kaya dengan kandungan vitamin E. Kandungan tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. 

cara memutihkan seluruh badan

Pengaplikasian bengkoang sebagai cara memutihkan seluruh badan bisa dilakukan dengan membuatnya sebagai lulur alami. Parut bengkoang hingga halus, lalu pakai parutan tersebut sebagai lulur di kulit Anda. Disamping itu, Anda juga bisa memakainya sebagai scrub dengan cara menggosokkannya di permukaan kulit. 

Untuk mendapatkan hasil maksimal, diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukanlah langkah ini secara rutin setidaknya 2-3 kali dalam seminggu supaya Anda bisa dapatkan kulit putih impian Anda. 

Baca juga: Tidak Percaya Diri? Ini Cara Menghilangkan Mata Sembab

  1. Air Beras

Siapa sangka air beras ternyata mempunyai banyak manfaat terutama untuk memutihkan kulit. Hal tersebut berkat kandungan dalam air beras yang bisa membuat pigmen kulit Anda menjadi lebih cerah. Kandungan kolagen dalam air beras juga memungkinkan kondisi kulit menjadi lebih sehat dan lebih elastis. 

Pertama-tama, siapkan beras dan rendam dalam air selama 30 menit. Lalu, saring air dari beras dan taruh air tersebut dalam freezer. Biarkan air tersebut selama seminggu. Setelah itu, cairkan air beras dengan air biasa. Untuk menggunakannya, Anda bisa tuangkan air beras pada kapas. Oleskan kapas tersebut pada kulit Anda seperti halnya memakai toner. Bilaslah dengan air bersih setelahnya. 

  1. Mentimun

Salah satu cara memutihkan seluruh badan dengan ampuh adalah menggunakan mentimun. Mentimun memiliki kandungan penting seperti asam folat, vitamin C, dan antioksidan. Kandungan-kandungan tersebutlah yang membantu menurunkan kandungan melanin di kulit sehingga bisa lebih mencerahkan kulit. 

Untuk menggunakannya, haluskan timun dengan blender hingga berbentuk pasta. Lalu, saring pasta untuk memisahkan bagian yang encer dan padat. Sebelum mengoleskannya ke kulit, usahakan untuk membersihkan kulit terlebih dulu. Aplikasikan pasta timun dan tunggu hingga 15 menit supaya masker menempel di kulit. Lalu, bilaslah dengan air dingin atau bisa juga dengan air hangat. Apabila kulit Anda kering, Anda juga bisa tambahkan 1 sendok gel lidah buaya ke pasta timun supaya kelembaban wajah tetap terjaga. 

  1. Lemon

Lemon mempunyai kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kulit Anda. Selain bisa memutihkan kulit, lemon juga bisa mengatasi jerawat, mencegah penuaan dini, hingga mencegah kanker kulit. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan saat menggunakan lemon sebagai pencerah kulit. Pertama, Anda bisa langsung memotong lemon jadi 2 bagian dan menggosokkannya ke kulit secara langsung. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilaslah dengan air bersih. Selain itu, jika Anda ingin menjadikan lemon sebagai masker wajah, campurkanlah 1 sendok teh air lemon dengan ½ sendok teh air atau madu. 

cara memutihkan seluruh badan

Baca juga: Manfaat Air Lemon yang Baik Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

Oleskan campuran itu ke wajah Anda dan diamkan hingga kering. Setelahnya, bilas dengan air hangat dan keringkan wajah Anda dengan handuk yang bersih. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif, penggunaan lemon lebih baik diwaspadai karena bagi beberapa orang bisa menyebabkan kulit iritasi. 

  1. Aplikasikan Tabir Surya

Selain menggunakan cara-cara memutihkan seluruh badan dengan bahan-bahan alami di atas, Anda juga tidak boleh melupakan hal penting lainnya. Salah satunya adalah menggunakan tabir surya, terutama jika Anda banyak beraktivitas di luar rumah. Tetapi, tidak ada salahnya juga jika Anda menggunakan tabir surya saat ada di dalam rumah. Ini karena paparan sinar matahari juga bisa menembus kaca rumah Anda. Untuk aktivitas di luar rumah, gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 dan SPF minimal 15 untuk aktivitas di dalam rumah. 

  1. Perhatikan Asupan Air, Buah, dan Sayuran

Kulit putih tetapi tidak sehat juga sangat tidak baik. Itulah mengapa Anda juga harus memperhatikan konsumsi air putih Anda supaya kulit tetap terhidrasi dengan baik. Begitu juga perhatikan konsumsi buah dan sayur Anda karena hal itu bisa membuat kulit Anda tetap ternutrisi dan lebih cerah. 

cara memutihkan seluruh badan

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Skincare untuk Pemula Terbaik

Jadi, itulah 9 cara memutihkan seluruh badan yang bisa dilakukan secara alami. Cara tersebut terbilang aman dan minim efek samping. Namun, dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan karena cara di atas tidak bekerja secara instan. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

07 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download