Cara Membuat Tekwan Tanpa Ikan

26 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 29 Nov 2021

Tekwan adalah hidangan daerah asal Palembang yang terbuat dari ikan dan disajikan dengan kuah kaldu ikan. Biasanya ikan yang digunakan untuk membuat tekwan adalah ikan tenggiri karena rasanya yang gurih dan tekstur dagingnya yang tebal dan empuk.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin menggunakan ikan untuk pembuatan tekwan, maka berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuat tekwan tanpa ikan.

Bahan untuk Membuat Tekwan 

Sebelum masuk ke cara membuat tekwan tanpa ikan, Anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kuah tekwan tanpa ikan. 

  • Tapioka sebanyak 200 gram
  • Tepung terigu sebanyak 200 gram
  • Bumbu pelengkap secukupnya
  • Bawang putih sebanyak 10 siung
  • Garam dan lada bubuk secukupnya
  • Penyedap rasa dan bawang merah
  • Ebi
  • Pala sebanyak ½ sendok teh
  • Timun
  • Wortel
  • Bihun jagung
  • Bawang goreng
  • Daun bawang

Cara membuat tekwan tanpa ikan

Cara membuat tekwan ikan kuah tanpa ikan dapat Anda lakukan sebagai berikut. Pertama, campurkan tepung terigu ke dalam wadah bersama dengan irisan siung bawang putih dan garam serta bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan penyedap rasa dan gula pasir.

Kedua, campurkan semua bahan-bahan adonan tadi dan rebus hingga mendidih. Kemudian, tuangkan campuran tersebut ke dalam wadah yang berisi tepung terigu yang telah berisi bumbu dan aduk hingga tercampur merata dan kemudian diamkan hingga dingin.

Ketiga, tambahkan telur dan minyak ke dalam adonan dan aduk hingga tercampur merata. Tambahkan tapioka sedikit demi sedikit sambil meng uleni hingga adonan menjadi kalis.

Keempat, cetak adonan yang sudah kalis dengan menggunakan sendok hingga berbentuk bulatan-bulatan seperti bakso.

Kelima, rebus tekwan ke dalam air mendidih dan tambahkan minyak secukupnya untuk menghindari tekwan menempel satu sama lain. Tiriskan tekwan ketika sudah mengambang di permukaan berarti tekwan telah matang.

Kuah tekwan tanpa ikan

Nah, setelah tahu cara membuat tekwan, sekarang saatnya membuat kuah tekwan tanpa ikan.

Pertama, hancurkan dan lembutkan bumbu-bumbu untuk membuat kuah ikan tekwan tanpa seperti bawang putih, merica, dan ebi.

Kedua, tumis bumbu-bumbu yang sudah halus hingga tercium aroma harum. Kemudian, tambahkan siapkan air mendidih dan masukkan bumbu-bumbu yang sudah ditumis ke dalamnya dan bumbui dengan garam, gula, penyedap rasa, dan daun bawang dan aduk hingga merata. Kuah tekwan tanpa ikan siap disajikan.

Sejarah tekwan

Nah, setelah Anda mengetahui mengenai cara membuat tekwan kuah ikan tanpa ikan, yuk kita ketahui mengenai sejarah tekwan.

Tekwan sendiri pertama kali diperkenalkan di Sumatera Selatan dan merupakan warisan kuliner yang berasal dari keturunan orang Tionghoa di Palembang.

Percampuran antara kebudayaan Palembang dan Tionghoa menghasilkan karya kuliner berupa tekwan yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri.

Seiring berjalannya waktu, masyarakat Palembang mulai memodifikasi cita rasa dan juga resep tekwan sehingga sesuai dengan selera lidah mereka.

Kata “tekwan” sendiri berasal dari singkatan “berkotek samo kawan” yang artinya mengobrol bersama teman atau kawan dan disingkat menjadi bahasa Palembang yaitu “tekwan” yang memiliki arti kegiatan masyarakat Palembang yang suka menyantap makanan sambil mengobrol bersama teman-teman.

Peluang bisnis tekwan

Setelah Anda mengetahui mengenai cara membuat tekwan kuah ikan tanpa ikan, maka sebenarnya tekwan sendiri juga memiliki peluang bisnis yang menjanjikan loh! Seperti apakah peluang bisnis tekwan ini? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

  1. Harga jual bersaing

Tekwan tergolong makanan yang memiliki harga yang ekonomis karena cukup terjangkau. Sebagai gambaran, harga per porsi tekwan biasanya dibanderol seharga Rp 10.000. 

Harga bahan baku dan juga proses produksi yang tidak terlalu sulit ini membuat harga jual tekwan juga cukup murah, sehingga penjual dapat mengambil keuntungan yang cukup.

Apalagi, jika Anda membuat tekwan kuah ikan tanpa ikan, maka modal produksi Anda juga menjadi lebih murah dibandingkan dengan tekwan yang menggunakan ikan tenggiri yang harganya cukup tinggi.

  1. Market dan Target Pembeli

Nah, untuk market atau target pembeli tekwan sendiri juga cukup banyak karena tekwan memiliki kemiripan dengan makanan khas Indonesia lainnya seperti bakso yang juga terdiri dari bola-bola daging dan kuah kaldu.

Target market dari tekwan juga cukup luas, karena tekwan sendiri merupakan makanan yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. 

  1. Pemasaran

Pemasaran untuk produk tekwan juga dapat dilakukan secara online ataupun offline dan tidak memerlukan edukasi market yang terlalu banyak karena tekwan sendiri merupakan makanan yang tergolong sudah lama dan sudah banyak diketahui oleh orang.

Ketika Anda menjual tekwan kuah ikan tanpa ikan, Anda akan memiliki kelebihan dalam keunikan produk Anda ketika akan dipromosikan nantinya. Anda dapat mengunggulkan kelebihan tekwan Anda yaitu aman dikonsumsi oleh orang yang alergi terhadap ikan.

Hal tersebut akan menarik minat orang-orang yang alergi terhadap ikan dan ingin mencoba mencicipi rasanya tekwan seperti apa. Nah, Anda harus memikirkan strategi pemasaran yang menarik juga supaya informasi tersebut dapat tersampaikan dengan efektif ke calon customer Anda.

  1. Modal usaha

Modal usaha berjualan tekwan kuah ikan tanpa ikan ini terdiri dari bahan baku, peralatan masak, peralatan pendukung, dan mesin penggilingan. Total modal investasi untuk komponen-komponen tersebut kurang lebihnya 5 juta Rupiah.

Lalu, ada juga biaya operasional per bulan kurang lebihnya 7 juta Rupiah dan keuntungan per bulan kurang lebih 2 juta Rupiah dan waktu balik modalnya selama 2 bulan dengan perkiraan penjualan per harinya sebanyak 30 porsi.

Penutup

Nah, itulah penjelasan mengenai cara membuat tekwan kuah ikan tanpa ikan, sejarah tekwan, dan juga analisa peluang bisnisnya.

Ternyata tekwan sendiri merupakan makanan khas Palembang yang tercipta karena hasil percampuran budaya Tionghoa dan juga masyarakat Palembang sendiri. Saat ini makanan tekwan sudah populer dan banyak peminatnya karena cita rasa dan juga harganya yang cukup sesuai dengan lidah dan juga kantong masyarakat.

Setelah Anda mencoba membuat tekwan kuah ikan tanpa ikan, tidak ada salahnya untuk mencoba berbisnis tekwan di lokasi Anda terlebih dahulu untuk mempromosikan ke calon customer yang berpotensi. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload