Cara Membuat Lupis, Jajanan Kenyal dan Sangat Enak

25 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 26 Aug 2022

Cara membuat kue lupis ternyata membutuhkan beberapa bahan. Tidak seperti kue yang lain, kue putri salju misalnya, yang bahannya hanya bahan utama dan taburan.

Untuk kue lupis sebagai jenis kudapan kue basah, bahannya secara umum ada 3 macam. Yaitu bahan utama, bahan taburan, dan tambahan bahan kuah kinca.

Untuk alatnya sederhana dan dapat kita jumpai di dapur masing-masing. Alat dan bahan tersebut kemudian masuk ke dalam proses pembuatan step by step yang akan kami bahas pada artikel ini.

Berbicara tentang kue lupis, tentunya sudah terbayang rasa manis, legit, dan kenyalnya. Terlebih ada rasa gurih yang berasal dari parutan kelapa sebagai taburannya.

Menurut sejarah, konon kue lupis sudah ada dan banyak masyarakat gemari sejak masa kolonial Belanda. Sehingga dapat dikatakan bahwa lupis menjadi kue warisan budaya yang wajib kita lestarikan.

Baca juga: Cara Bikin Kue Cubit Aneka Varian

Cara Membuat Lupis, Jajanan Kenyal dan Sangat Enak

Cara Membuat Lupis dengan Bahan Terlengkap

Bahan utama dari kue lupis sebenarnya adalah ketan. Kamu bisa menggunakan variasi ketan putih atau ketan hitam. Secara lebih rinci, berikut adalah bahan apa saja yang kamu butuhkan untuk membuatnya.

1. Bahan Utama Kue Lupis

a) Ketan putih yang sudah kamu rendam kurang lebih 1 jam sebanyak 350 gram;

b) Sedikit garam setengah sendok teh;

c) Daun pandan sebanyak 2 lembar;

d) Air secukupnya;

e) Daun pisang secukupnya;

f) Tusuk gigi secukupnya.

Untuk penjelasannya, bahan utamanya memang ketan (bisa putih atau hitam). Umumnya menggunakan ketan putih karena warna lebih cerah.

Daun pandan akan memberi aroma sangat harum ketika kue ini dalam proses perebusan. Sedangkan air secukupnya tergantung besar kecilnya tempat merebus.

Daun pisang berfungsi sebagai pembungkus kue ini nantinya. Sejak dulu, memang pembungkus tradisional kue lupis adalah daun pisang.

Sedangkan tusuk gigi, fungsinya untuk mengikat atau menyemat kue. Kamu bisa juga menggunakan biting atau lidi yang sudah dipotong kecil-kecil.

2. Bahan Taburan Kue

a) Kelapa yang sudah kamu parut (ambil hanya bagian putihnya) kurang lebih setengah butir kelapa;

b) Daun pandan 1 lembar;

c) Garam seperempat sendok teh.

Cara membuat lupis menggunakan taburan sebagai ciri khasnya. Perhatikan bahwa bahan kelapa yang kamu ambil hanya bagian putihnya saja. Jadi sebelum memarut harus mengerok bagian belakang lebih dulu.

3. Bahan Kuah Lupis

a) Gula aren 200 gram;

b) Air matang 150 ml;

c) Daun pandan 1 lembar.

Kunci keharuman kue lupis terletak pada daun pandan yang terus kita gunakan. Pastikan kalau daun pandan dalam keadaan segar dan bersih, ya.

Baca juga: Tips Memilih dan Cara Buat Kue Ulang Tahun

Cara Membuat Kue Lupis Proses Step by Step

Setelah bahan-bahan pembuatnya dari bahan utama, bahan taburan, dan bahan kuah siap. Berikut ini cara membuat lupis step by step.

1. Campur Ketan

Pertama-tama kamu perlu mencuci beras ketan menggunakan air bersih. Setelah selesai, tiriskan untuk menghilangkan airnya.

Pindahkan ketan yang sudah kamu cuci ke wadah khusus adonan, masukkan garam dan aduk hingga merata. Lakukan pengadukan secara pelan dan perlahan agar tekstur ketan tidak rusak.

2. Memasukkan Ketan ke Daun Pisang

Selanjutnya ambil daun pisang dan bentuk seperti kerucut. Bentuk kerucut ini juga menjadi ciri khas dari kue lupis.

Setelah terbentuk, isikan ke dalam daun pisang sebanyak 2 sendok makan adonan ketan tadi. Jangan sampai berlebihan, sebab nanti ketan akan sedikit mengembang. Berikan ruang yang cukup setelah itu tutup daun pisangnya.

3. Ikat Pakai Tusuk Gigi

Sematkan/tutup daun pisang bagian atas menggunakan pengikat dari tusuk gigi atau bisa juga lidi yang sudah terpotong kecil. Lakukan proses 2 – 3 di atas hingga adonan ketan dan daun pisang kamu habis.

Caranya dengan memasukkan tusuk gigi ke satu bagian, kemudian mengeluarkannya, dan memasukkan lagi sebagai penguncinya supaya tidak lepas. Hal ini membutuhkan ketelatenan agar adonan ketan di dalamnya tidak berserakan keluar.

4. Siapkan Dandang

Cara membuat lupis berikutnya adalah menyiapkan alat, bisa dandang atau panci presto. Masukkan daun pisang yang sudah berisi adonan ketan ke dalamnya.

Tambahkan air secukupnya, biasanya kadar air adalah setengah dari wadah. Jadi tergantung berapa besar wadah dandang yang kamu gunakan.

Rebus adonan tersebut menggunakan api besar agar cepat mendidih. Proses ini bisa memakan waktu hingga 1 jam agar adonan ketan di dalamnya benar-benar matang.

5. Tunggu Kue Lupis Matang

Jika kamu menggunakan panci presto, akan muncul suara desis. Setelah mendidih sebaiknya mengecilkan api menjadi sedang. Kalau dirasa sudah matang, angkat adonan kue lupis ke wadah khusus yang berlubang.

Tujuan menggunakan wadah berlubang agar air rebusan berkurang. Tiriskan di wadah itu sejenak sambil menyiapkan kuah dan taburan.

6. Buat Kuah Lupis

Untuk membuat kuah yang legit dan manis tersebut, masukkan bahan kuah di atas ke dalam panci. Kamu perlu merebus sampai gula aren larut dan punya tekstur lebih kental.

Jika sudah kental, angkat dan saring menuju wadah khusus yang bersih. Gula yang masih menggumpal atau benda asing jangan sampai ikut lolos saringan.

7. Buat Taburan Lupis

Sedangkan untuk taburannya, kamu masih perlu mengukus semua bahan taburan di atas kurang lebih 15 menitan. Parutan putih kelapa akan menjadi lebih harum dan terasa lunak.

8. Penyajian Kue Lupis

Hasil rebusan lupis tadi masih terbungkus oleh daun pisang. Maka lepaskan daun pembungkusnya lebih dulu, letakkan di wadah khusus yang bersih.

Taburi dengan kukusan kelapa dan pandan di atasnya. Kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan, jika suka taburan ini bisa menaburkan semuanya.

Langkah terakhir yaitu menyiram dengan gula atau kuahnya di bagian atas. Nah, pada akhirnya kue lupis siap untuk kamu nikmati.

Baca juga: Cara Membuat Kue Putu Ayu Paling Mudah

Cara Membuat Lupis, Jajanan Kenyal dan Sangat Enak

Cara Membuat Lupis di Rumah

Kue lupis menjadi salah satu jajanan pasar yang banyak peminatnya, oleh sebab itulah kamu dapat membuka bisnis kecil-kecilan dengan resep di atas. Di sisi lain, dengan membuatnya di rumah kamu bisa menakar sendiri berapa gula dan taburan yang kamu inginkan.

Melihat proses step by step ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama dengan bahan yang beragam. Namun hasil akhir menawarkan cita rasa yang tidak berkhianat. Rasa kue lupis legit, kenyal, dan manis dengan sedikit tambahan gurih.

Menikmatinya kue lupis hangat ketika cuaca dingin akan menambah kenikmatannya. Kue ini berasal dari Jawa yang sangat cocok sebagai hidangan penutup. Rasanya yang manis akan tertinggal dan tidak kamu lupakan.

Sekian informasi tentang cara membuat lupis sebagai jajanan kue khas Nusantara. Menikmati jajanan kue buatan sendiri akan lebih puas, kan? Cobalah untuk membuat variasi menggunakan ketan hitam dan taburan yang lain.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
26 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download