Cara Membuat Lip Tint dengan 5 Bahan Alami

11 Sep 2023 by kreditpintar, Last edit: 12 Sep 2023

Lip tint termasuk salah satu item kecantikan yang sering ada dalam tas para wanita. Produk kecantikan yang satu ini memang mempunyai banyak sekali manfaat. Daripada membeli berbagai produk lip tint yang mengandung bahan kimia, coba pelajari cara membuat lip tint sendiri dengan bahan alami. Dengan menggunakan lip tint, Anda bisa memperoleh riasan wajah dengan natural look. Jenis pewarna bibir yang satu ini mempunyai tekstur yang cukup cair. Ketika menggunakan lip tint, Anda bisa memperoleh warna yang lebih alami, tahan lama, dan lebih segar. Ada banyak bahan yang sebenarnya bisa digunakan untuk membuat lip tint secara alami. Dari sekian banyak bahan yang bisa dipakai untuk membuat lip tint, beberapa diantaranya sangat mudah untuk ditemui sehingga Anda bisa mengumpulkan berbagai bahan tersebut dan mulai membuat lip tint.

1. Lip tint berbahan dasar mica powder

Sangat penting untuk menggunakan berbagai bahan alami dalam membuat berbagai macam produk kecantikan. Apalagi kalau produk yang akan Anda buat adalah kosmetik yang fungsinya untuk menutrisi bibir. Pastikan tidak ada kandungan berbahaya pada produk kecantikan buatan Anda.

Salah satu bahan alami yang paling bermanfaat dan cukup mudah untuk ditemui adalah mica powder. Bahan alami yang satu ini berfungsi sebagai pewarna alami untuk komestik. Dengan memakai mica powder, lip tint yang Anda hasilkan akan lebih kental dari lip tint yang biasanya.

  1. Cara membuat lip tint yang pertama adalah mempersiapkan berbagai bahan alami. Yang Anda perlukan untuk menciptakan lip tint alami adalah kaolin clay, shea butter, dan tentunya mica powder.
  2. Siapkan juga mangkuk kecil dan alat pengaduk untuk mencampur seluruh bahan. Anda bisa memakai spatula masker untuk mengaduk berbagai bahan alami.
  3. Cara membuat lip tint yang berikutnya adalah memasukkan seluruh bahan alami yang sudah disiapkan ke dalam mangkuk kecil kemudian mencampur semuanya hingga merata.

Setelah seluruh bahan alami tercampur rata, lip tint sudah siap untuk digunakan. Langsung saja oleskan lip tint mica powder ke bibir untuk mempercantik riasan alami Anda.

cara membuat lip tint

Baca juga: Daftar Paket Telkomsel Murah!

2. Lip tint alami dari madu

Selain nikmat, madu juga merupakan salah satu bahan alami yang sangat menyehatkan dan aman. Bahan alami yang satu ini juga mampu melembabkan sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai bahan utama pembuatan lip tint. Penggunaan madu juga bisa memberikan warna yang lebih alami.

Madu pada lip tint mempunyai manfaat lain, yaitu menjaga bibir Anda tetap lembab sehingga tidak mudah kering. Cara membuat lip tint yang berbahan dasar madu ada di bawah ini.

  1. Persiapkan terlebih dahulu sebuah mangkuk, beeswax, petroleum, 250 ml air bersih, serta 2 hingga 3 sendok makan pewarna makanan yang dilengkapi dengan label BPOM, dan tentu saja 2 sendok makan madu.
  2. Masukkan air ke dalam mangkuk terlebih dahulu kemudian masukkan madu. Tambahkan pewarna makanan secukupnya hingga memperoleh warna yang diinginkan.
  3. Campur seluruh bahan lainnya kemudian aduk sampai benar-benar merata. Kalau warnanya sudah sesuai dengan keinginan Anda, langsung saja oleskan lip tint favorit Anda ini ke bibir.

Jika lip tint berbahan dasar madu ini menghasilkan warna yang kurang sesuai dengan keinginan, Anda bisa menambahkan lagi pewarna makanan untuk mendapatkan lip tint dengan warna favorit.

cara membuat lip tint

Baca juga: Daftar Paket Telkomsel Murah!

3. Cara membuat lip tint buah naga

Buah naga merupakan salah satu jenis buah dengan shade warna yang mencolok. Tidak heran kalau buah yang satu ini sering dipakai sebagai bahan utama pembuatan lip tint alami. Kalau Anda ingin mendapatkan lip tint cerah berwarna merah muda, ikuti beberapa petunjuk berikut ini.

  1. Siapkan sebuah mangkuk berukuran kecil dan sendok untuk mencampur seluruh bahan. Jangan lupa siapkan juga saringan teh untuk menyaring calon lip tint Anda. Bahan yang dibutuhkan adalah minyak zaitun dan satu buah naga yang berukuran sedang.
  2. Cara membuat lip tint buah naga diawali dengan menghaluskan buah naga sampai semuanya benar-benar lembut. Kemudian buang semua biji sebelum melanjutkan ke proses yang berikutnya.
  3. Saring buah naga yang telah dihaluskan dengan memakai saringan teh. Setelah itu campur buah naga dengan minyak zaitun sebanyak dua hingga tiga tetes saja. Aduk sampai semua tercampur dengan rata kemudian tuangkan ke mangkuk kecil.

Mangkuk kecil merupakan tempat penyimpanan yang ideal kalau Anda berencana untuk sering menggunakan lip tint ini. Tapi jika Anda berencana untuk memakai lip tint ini dalam waktu yang cukup lama, simpan lip tint di dalam botol atau tempat penyimpanan lain yang bersih dan tertutup.

4. Cara membuat lip tint buah berry

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk menciptakan lip tint alami adalah buah berry. Dengan menggunakan buah berry, Anda bisa memperoleh warna yang lebih merona dan cantik. Ikuti beberapa langkah paling sederhana berikut ini untuk membuat lip tint menggunakan buah berry.

  1. Siapkan buah cranberry yang mampu membuat bibir Anda berwarna merah merona. Kemudian siapkan juga shea butter, minyak kelapa, beeswax, dan sebuah mangkuk berukuran kecil serta sebuah sendok.
  2. Letakkan buah berry ke dalam mangkuk kemudian haluskan dengan menggunakan sendok. Kemudian langsung saja masukkan beeswax dan shea butter ke dalam mangkuk dan campurkan semuanya sampai merata.
  3. Masukkan dua hingga tiga sendok makan minyak kelapa kemudian aduk lagi sampai benar-benar merata. Setelah menerapkan cara membuat lip tint ini, langsung saja gunakan lip tint pada bibir kemudian lihat hasilnya.

Baca juga: Rekomendasi Moisturizer Terbaik Melembabkan Kulit

cara membuat lip tint

5. Lip tint lidah buaya

Bukan rahasia lagi kalau lidah buaya punya banyak sekali khasiat untuk kulit dan rambut manusia. Lidah buaya juga mempunyai manfaat untuk bibir jika digunakan sebagai bahan utama pembuatan lip tint. Cara membuat lip tint dengan menggunakan lidah buaya sebagai bahan utamanya adalah:

  1. Siapkan wadah dengan ukuran kecil lengkap dengan sendok plastik. Kemudian siapkan juga lidah buaya serta pewarna makanan yang sudah mempunyai sertifikasi BPOM.
  2. Potong dua lidah buaya lalu kumpulkan gel yang ada di dalamnya. Masukkan gel lidah buaya ke dalam wadah kecil kemudian campurkan dengan menggunakan pewarna makanan.
  3. Aduk semua bahan sampai tercampur secara merata menggunakan sendok sebelum mengoleskannya langsung ke bibir Anda.

Apapun resep pembuatan lip tint yang Anda pilih, pastikan untuk memakai pewarna alami atau pewarna makanan yang sudah mempunyai label BPOM. Kalau tekstur lip tint sudah sesuai dengan harapan Anda dan mudah diaplikasikan ke kulit, masukkan lip tint ke wadah penyimpanan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

12 Sep 2023
mobile-close
Pinjam kilat 50 juta!Download