Cara Membuat Dorayaki Oreo yang Mudah

08 Sep 2021 by Laruan

Tahukah kalian bahwa banyak cara membuat Dorayaki Oreo? Sebelum mengetahui bagaimana cara membuatnya ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Dorayaki. Dorayaki merupakan makanan khas dari Negeri Sakura (Jepang) dan makanan ini juga termasuk makanan tradisional dari negara tersebut. 

Dorayaki memiliki bentuk bulat dan sedikit besar di bagian tengahnya dan terdapat cream di antara dua lapisan permukaan kuenya. Banyak dari masyarakat Indonesia yang mencari cara membuat Dorayaki Oreo karena rasanya sangat membuat lidah termanjakan dan dapat menjadi cemilan dikala santai dirumah. 

Dorayaki sendiri banyak dikagumi oleh banyak kalangan dan selain rasanya yang lezat, untuk membelinya pun tidak terlalu mahal. Namun kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat Dorayaki Oreo dengan mudah tanpa memerlukan banyak biaya.

Dorayaki juga terkenal di serial kartun Doraemon yang mana menjadi makanan favorit dari tokoh utama kartun tersebut.

Cara Membuat Dorayaki Oreo yang Mudah

Cara membuat Dorayaki Oreo menggunakan 5 bahan saja 

Banyak cara membuat dorayaki oreo yang tersebar di Internet namun tidak dengan yang satu ini, Kamu dapat membuat dorayaki oreo hanya menggunakan lima bahan saja tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan waktu yang lama.

Namun perlu diperhatikan juga meskipun hanya menggunakan lima bahan saja, resep dan cara ini tidak akan membuat rasa dan ciri khasnya bisa hilang asalkan tidak salah dalam mengolahnya jika tidak rasa yang dimiliki dari dorayaki tersebut menjadi hambar dan yang pasti akan buang-buang uang saja.

Bahan-bahan membuat Dorayaki Oreo 

Resep dalam suatu jenis masakan atau makanan tradisional sangatlah penting untuk menumbuhkan cita rasa yang khas dan yang pasti tidak akan mengecewakan lidah kalian. Tanpa mengetahui resepnya, para pelaku usaha ataupun chef sekaligus tidak akan bisa membuat jenis masakan atau makanan tradisional yang enak dan dapat memanjakan lidah para pecinta kuliner.

Untuk cara membuat dorayaki oreo pun juga sama, perlakuan dalam membuatnya hingga bahan yang digunakan menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan rasa yang khas dan pastinya memanjakan lidah kalian.

Berikut ini beberapa bahan yang mudah dicari dan pasti lebih murah untuk digunakan sebagai bahan membuat Dorayaki Oreo yang dapat kalian buat di rumah saja tanpa harus membelinya di outlet-outlet terdekat di sekitar kalian.

  1. Sediakan satu bungkus Oreo 137 gr (bisa menggunakan biskuit oreo)
  2. Gunakan 1-2 Butir Telur
  3. Siapkan 100 ml susu UHT (Untuk rasa bisa kalian variasikan sendiri sesuai selera)
  4. Siapkan 2 sendok makan susu kental manis untuk digunakan sebagai olesan creamnya
  5. Gunakan 1 sendok teh bubuk baking powder

Kalian dapat menemukan bahan-bahan diatas hanya dengan mengeluarkan uang 10 ribu saja untuk satu dorayaki dengan diameter 20 sentimeter. Namun jika kalian ingin membuat dorayaki oreo lebih banyak, kalian hanya menambahkan beberapa

Langkah-langkah cara membuat dorayaki dengan 5 bahan saja

  1. Siapkan kelima bahan daftar diatas disatu tempat agar mudah dijangkau
  2. Pisahkan terlebih dahulu biskuit dan cream yang ada di Oreo
  3. Jangan lupa untuk menghancurkan biskuitnya terlebih agar menjadi serbuk bisa dengan di tumbuk atau dihancurkan secara manual dengan meremasnya hingga sedikit halus
  4. Kocok telur hingga tercampur
  5. Campur hasil tumbukan oreo dengan susu UHT dengan rasa sesuai selera kalian dengan telur yang sudah tercampur
  6. Masukan juga satu sendok teh bubuk baking powder, agar dorayaki nantinya dapat mengembang.
  7. Panaskan teflon atau dapat menggunakan cetakan berbentuk bulat
  8. Kemudian panggang dengan api yang sedikit kecil agar tidak mudah gosong, apabila sudah bergelembung dan membentuk seperti gundukan, cepat dibalik agar permukaan yang satunya bisa matang sepenuhnya.
  9. Untuk membuat cream, cukup mencampur 2 sendok makan susu kental manis dan campurkan dengan cream oreo yang tadi dipisahkan kemudian aduk dengan rata.
  10. Terakhir, oleskan di salah satu permukaan kemudian tutup dengan permukaan dorayaki lainnya.

Cara Membuat Dorayaki Oreo Tanpa Telur

Penggunaan telur dalam pembuatan kue menjadi salah satu bahan yang tidak bisa dipisahkan, telur menjadi adonan penting karena dapat menciptakan struktur dan stabilitas adonan hingga Kalis (tahapan adonan yang sudah diuleni dengan baik)

Namun, karena kadar proteinnya yang tinggi, ada beberapa orang yang menghindari penggunaan telur ataupun mengkonsumsi telur karena memiliki alergi tersendiri terhadap telur, oleh karena itu dalam artikel ini kita akan mengetahui bagaimana cara membuat dorayaki oreo tanpa telur agar dapat dinikmati oleh orang-orang tersayang kita dirumah.

Sebelumnya, untuk bahan yang digunakan hampir sama seperti bahan di atas, hanya saja dengan mengurangi beberapa bahan tertentu atau dapat menggantinya dengan buah pisang dan alpukat.

Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan dalam membuat dorayaki oreo tanpa telur yang sudah dikutip Kredit Pintar dari berbagai sumber terpercaya:

  1. Siapkan 4 buah pisang atau 2 buah Alpukat
  2. 3 Bungkus oreo kemasan 137 gram (agar rasa oreo dan buah dapat berpadu)
  3. 50 ml Yogurt dan 100 ml susu UHT (dengan rasa menyesuaikan selera)
  4. 4 sendok makan susu kental manis
  5. 1 setengah sendok teh baking powder agar sebagai bahan pengembang

Setelah semua bahan terkumpul, siapkan kan alat-alatnya untuk siap membuat dorayaki oreo tanpa telur dengan menggantinya dengan beberapa buah pilihan. Ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk cara membuatnya:

  1. Kupas buah pisang dan buah alpukat lalu pisahkan
  2. Pisahkan biskuit dan cream yang ada di oreo kemudian hancurkan biskuitnya saja.
  3. Haluskan pisang dengan menggerusnya dengan sendok, dan campur dengan biskuit yang sudah dihancurkan.
  4. Jangan lupa dengan menambahkan 50 ml Yogurt dan 100 ml susu UHT
  5. Campur juga dengan baking powder, lalu buat adonan hingga Kalis
  6. Jika sudah siap, panaskan teflon dengan api yang tidak terlalu besar dan tuangkan beberapa adonan ke atas teflon.
  7. Kemudian tunggu hingga adonan yang ada di atas teflon matang dengan mulai munculnya pori-pori di permukaan dorayaki.
  8. Jika merasa cukup matang, balik agar permukaan satunya juga matang.
  9. Apabila sudah matang tiriskan terlebih dahulu, sembari itu buat cream menggunakan cream oreo dengan mencapurnya menggunakan buah alpukat yang dihaluskan terlebih dahulu.

Itulah beberapa cara membuat dorayaki oreo yang bisa kalian coba dirumah tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, kalian juga bisa membuatnya dengan keluarga kalian dirumah disaat senggang tanpa harus menghabiskan waktu banyak, dan yang pasti rasa dan ciri khas dari dorayaki tidak akan hilang  jika kalian tahu bagaimana cara membuat dorayaki oreo yang benar dengan menggunakan bahan dan langkah diatas. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload