Cara Membuat Code QR Sendiri Secara Online!

06 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 10 Jan 2022

Teknologi code QR semakin marak digunakan untuk berbagai pihak untuk macam-macam tujuan. Mulai dari menyimpan menu di restoran, alamat toko atau perusahaan, hingga pembayaran non-tunai. Karena itu penting untuk mengetahui cara membuat code QR kamu sendiri.

Baca juga: 11 Tips dan Cara Bisnis Online di Facebook

Awalnya code QR diciptakan untuk melacak komponen otomotif milik Denso-Wave. Perusahaan ini pertama kali menciptakan teknologi code QR di tahun 1994. Dengan bantuan code ini, Denso-Wave mampu melacak dengan lebih cepat karena kode nya diuraikan dalam kecepatan tinggi. Oleh sebab itu teknologinya diberi nama “Quick Response” dan disingkat menjadi QR.

Dari segi desain, code QR memiliki standarnya sendiri yaitu memiliki empat buah kotak besar di dalamnya. Kotak-kotak ini menolong kamera smartphone untuk menormalkan ukuran gambar, orientasi, sudut pandang, serta menentukan posisi kodenya.

Tidak bisa dipungkiri, teknologi code QR merupakan inovasi yang patut dihargai serta digunakan sebaik mungkin. Mengingat di zaman yang serba digital ini, code QR membuat berbagai hal menjadi lebih cepat.

Jika kamu memiliki bisnis online sendiri, code QR akan sangat memudahkan pelanggan mu. Kamu bisa menyimpan katalog, promo terbaru, atau alamat toko. Jadi gak perlu mengetik secara manual lagi. Baca artikel ini sampai selesai agar kamu tahu bagaimana cara membuat code qr sendiri, ya.

Cara membuat code qr secara online untuk berbagai macam keperluan

Pengertian Code QR

Sebelum membuat code QR, alangkah baiknya jika kamu juga mengetahui apa arti QR Code tersebut. Jadi ketika ada orang yang menanyakan “Code QR itu apa ya, kak?” kamu bisa menjawabnya dengan cepat.

Singkatnya, code QR adalah teknologi yang memungkinkan kamu menyimpan informasi seperti pdf, tulisan, alamat URL, alamat toko, sampai foto. Tampilannya persegi dengan pola kecil yang tampak seperti teka-teki silang.

Untuk membaca kode dan menampilkan informasi di dalamnya, diperlukan smartphone dengan kamera dan aplikasi pembaca QR. Aplikasi pembaca QR ini akan meminta kamu memindai code menggunakan kamera. Cara kerjanya mirip seperti barcode, namun dengan fungsi yang lebih beragam.

Manfaat dan Fungsi Code QR

Umumnya, code QR memiliki dua fungsi utama yaitu untuk kepentingan umum dan komersial. Fungsi yang pertama, digunakan dalam berbagai macam hal yang berkaitan dengan hidup orang banyak.

Sebagai contoh digunakan dalam aplikasi Peduli Lindungi untuk membantu pemerintah menangani pandemi COVID-19. Selain itu, digunakan juga dalam kemasan makanan untuk menampilkan waktu kadaluarsa atau kandungan nutrisi di dalamnya.

Fungsi yang kedua berhubungan dengan bisnis dan lebih bersifat ekonomi. Seperti mempromosikan produk atau menampilkan menu makanan. Teknologi ini memudahkan konsumen dan pemilik bisnis dalam berbagai hal.

Jenis jenis code QR

Berdasarkan jenisnya code QR dibagi menjadi dua yaitu dinamis dan statis. Masing-masing mempunyai fungsinya sendiri.

Code QR dinamis cocok digunakan untuk kebutuhan marketing atau bisnis. Alasannya karena desain atau bentuknya dapat diubah sewaktu-waktu. Jadi ketika kamu ingin menambahkan logo, misalnya, kamu bisa mengubahnya langsung.

Sementara jenis code QR statis lebih cocok untuk keperluan pribadi seperti menyimpan kode Wifi, nomor telepon, atau e-mail. Seperti namanya, code jenis sifatnya lebih permanen dan tidak bisa diedit kembali setelah dibuat.

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, manfaat, serta jenis-jenis nya sekarang kamu sudah siap membuat code QR milikmu sendiri. Kamu bisa membuat code qr secara online dengan menggunakan berbagai macam website seperti QR Code Generator, QR Code Monkey, atau Page loot. Dalam tutorial kali ini kita akan menggunakan website QR Code Generator.

Langkah-langkah membuat code QR secara online

1. Tentukan tujuan pembuatan code QR

Sebelum mulai, sebaiknya kamu sudah menentukan terlebih dahulu agar lebih mudah saat memilih jenis dan desain code QR nya. Apa fungsi code QR yang kamu buat? Apakah untuk mempermudah bisnis online, keperluan survey, atau membagikan katalog ke pelanggan?

Baca juga: Cara Membuat Website untuk Bisnis

Karena kamu tidak bisa membuat satu kode untuk berbagai macam keperluan, menentukan tujuan code QR itu juga dapat menghemat waktu dan energi. Kamu jadi tahu harus berapa kali membuat QR, berapa banyak waktu yang dibutuhkan, dan apa saja yang perlu kamu siapkan.

2. Buka website untuk membuat code QR

Untuk membuka website nya, kamu bisa mengetikan alamatnya langsung di google chrome, yaitu id.qr-code-generator.com. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman tempat membuat kodenya langsung.

Di halaman ini kamu bisa menemukan tipe konten, situs alamat situs web (URL), desain code yang kamu inginkan, dan lain-lain.

3. Pilih tipe konten

Di website ini kamu bisa menyiapkan code untuk macam-macam konten sesuai kebutuhanmu. Misalnya URL website, vCard atau kontak handphone, tulisan, E-mail, Wifi, Profil media sosial Facebook dan twitter, lagu, pdf, dan gambar.

Perlu diingat bahwa masing-masing tipe nantinya akan mempunyai bentuk kode yang berbeda-beda. Jadi jangan lupa tentukan tipe kontennya dulu, ya!

4. Input data ke website nya

Setelah ditentukan, langkah selanjutnya adalah input data yang dibutuhkan ke website. Contohnya, kamu ingin membuat kode untuk katalog produk dalam format pdf, tinggal klik opsi pdf lalu unggah file-nya.

Jika kamu baru mengunjungi website ini, sebaiknya buat akun terlebih dahulu. Tenang saja, biaya pendaftarannya gratis 100%. Caranya dengan menekan tombol “Daftar Gratis” lalu ikuti langkah-langkah pendaftarannya.

5. Kustomisasi desain code QR

Berikutnya, setelah memasukan data mu ke website kamu bisa mengkustomisasi desain code nya langsung. Kamu bisa memilih jenis bingkai yang digunakan, warna, atau menambahkan logo. Atur sesuai keinginanmu, ya.

Menariknya, kamu juga bisa menambahkan logo perusahaan atau toko online yang kamu miliki di sini. Jika desainnya sudah oke, langsung unduh code QR nya ke dalam format JPG atau vektor.

6. Mencoba code QR

Sekarang kamu sudah sukses membuat code qr sendiri. Selanjutnya adalah mencoba code tersebut dengan memakai aplikasi scanner yang ada di smartphone mu. Jika berhasil dibuka dan sudah menampilkan katalog atau data yang kamu simpan sebelumnya, maka code QR siap untuk digunakan.

Baca juga: Realme 5 Pro: Smartphone Tangguh, Harga Bersahabat

Membuat code QR sendiri ternyata bisa dilakukan dengan mudah menggunakan bantuan website. Apalagi tidak ada biaya yang dikeluarkan sama sekali. Selamat mencoba, ya! 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
10 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download