Cara Membuat Boba dengan Resep Rumahan

23 Jun 2021 by Laruan
Cara Membuat Boba dengan Resep Rumahan

Beberapa saat yang lalu, fenomena demam boba melanda generasi millennial di Indonesia. Dipercaya bahwa mulanya minuman boba berasal dari Taiwan dan dikenal dengan nama zenzhu naicha atau susu teh dengan bola tapioka. Boba adalah bola-bola berukuran sedang dengan bahan dasar dari tepung tapioka yang sering ditambahkan dalam minuman sebagai isian bubble tea.

Dengan menambahkan boba pada minuman akan memberikan “pleasant feeling” bagi penikmat minuman di saat mengunyah nya karena teksturnya yang kenyal. Terbukti dengan tingginya minat konsumen terhadap minuman boba, mengindikasikan bahwa tekstur kenyal pada boba sangat digemari oleh banyak orang.  

Kehadiran boba sebagai isian minuman, membuat kita mudah untuk berkreasi meracik minuman sesuai dengan keinginan kita. Beberapa jenis minuman yang dapat kita tambahkan boba di dalamnya seperti teh, es kopi, the susu, slushies dan smoothies. Tidak hanya menjadi isian di dalam minuman, saat ini penggunaan boba sering dijumpai sebagai hiasan di atas dessert untuk mempercantik tampilan kue. 

Pembuatan boba juga terbilang sangat mudah dan praktis dengan membutuhkan dua bahan utama saja yaitu tepung tapioka dan air. Lantas, bagaimana cara membuat boba yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah kalian masing-masing? Simak langkah-langkah berikut ini.  

Alat: 

  • Panci anti lengket
  • Spatula kayu
  • Talenan tahan panas
  •  Wadah tahan panas 

Bahan membuat boba: 

  • Tepung tapioka 280 gram
  • Brown sugar atau gula jawa 90 gram
  • Air 164 gram

Bahan membuat sweet brown syrup

  • Brown sugar atau gula jawa 200 gram
  • Air 400 gram

Jika bahan sudah tersedia, kini saatnya kita menyimak langkah-langkah dan cara membuat boba dengan resep rumahan yang enak dan praktis. 

sweet brown syrup

Langkah-langkah dan Cara membuat boba homemade

  1. Masak air dengan gula jawa sampai mendidih dengan api kecil. Kemudian masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah semua adonan tercampur rata, matikan api dan sisipkan.
  2. Diamkan adonan boba sampai suhu boba menjadi hangat dan tidak terlalu panas. Lalu tuangkan adonan ke atas talenan tahan pana dan beri sedikit taburan tepung tapioka diatas adonan kemudian uleni adonan hingga kalis. Setelah adonan kalis, bagi adonan menjadi 4 bagian sama besar.
  3. Bentuk masing-masing adonan menjadi bentuk memanjang. Kemudian, potong adonan dengan ukuran sedang menyesuaikan dengan ukuran lubang sedotan besar yang sering digunakan.
  4. Setelah adonan dipotong-potong, bulatkan kembali dengan menggunakan taburan tepung tapioka supaya adonan tidak lengket.
  5. Siapkan air di panci untuk merebus boba. Setelah mendidih, masukkan boba dan rebus hingga boba mengapung ke permukaan. Apabila boba sudah mengapung, segera angkat dan tiriskan boba.

Langkah-langkah membuat sirup boba:

  1. Rebus air hingga mendidih lalu masukkan gula jawa dan masak hingga gula benar-benar larut.
  2. Setelah itu, segera masukkan boba dan masak hingga air gula mengental. Air gula dan boba harus sesekali diaduk agar tidak saling menempel dan pastikan boba tetap terpisah satu sama lain. Setelah air gula dan boba tercampur dengan rata dan matang, segera angkat dan pindahkan ke dalam wadah tahan panas. Kemudian tunggu sampai boba menjadi dingin dan boba siap disajikan sebagai campuran minuman maupun dessert.

Cara membuat boba dengan resep rumahan dapat Sobat Pintar lakukan sendiri di rumah dengan alat dan bahan baku yang mudah ditemui. Tentunya, dengan membuat boba sendiri di rumah ukuran boba pasti akan sesuai selera masing-masing dan terjamin kualitas serta kebersihannya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload