Cara Jualan di Shopee Bagi Pemula Agar Laris Manis

01 Nov 2021 by Laruan

Penasaran bagaimana cara jualan di shopee dan mendapatkan keuntungan yang maksimal? Di artikel kita akan membahas cara memulai bisnis online di shopee bagi pemula beserta tips agar jualan mu laris manis.

Cara Jualan di Shopee Bagi Pemula Agar Laris Manis

Masa pandemi membuat semua menjadi begitu sulit, terutama bagi perekonomian masyarakat. Banyak yang dipecat dari pekerjaannya, yang tidak bisa berjualan karena pembatasan kegiatan di luar rumah dan banyak lagi keadaan miris lainnya. Sehingga berjualan online menjadi pilihan ekonomi yang paling tepat. 

Alasan berjualan di Shopee

Terdapat beberapa alasan mengapa kamu harus mulai jualan di shopee. Pertama, karena Shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yang memiliki banyak pembeli. Shopee menjangkau semua kalangan, menengah dan atas. Sehingga jumlah peminatnya lebih banyak jika dibandingkan dengan marketplace lainnya. Kedua, karena cara jualan di shopee sangat mudah bahkan untuk pemula sekalipun. Metode yang digunakan sederhana sehingga berjualan menjadi lebih efektif.

Cara membuka toko di Shopee

Sebelum kamu memutuskan untuk membuka toko di Shopee, sebaiknya kamu tentukan dulu apakah kamu akan menjual produk sendiri, menjadi reseller atau dropshipper. Karena ini akan menentukan bagaimana caramu berjualan di Shopee.

Jika kamu ingin menjual produk sendiri, kamu haru sudah paham apa keunggulan produk mi jika dibandingkan dengan produk kompetitor. Tentunya kamu juga telah memiliki tim produksi yang sanggup memenuhi permintaan pasar. kamu bisa memulai bisnis online ini dari awal atau dengan mengubah bisnis offline mu yang sudah ada menjadi sistem online atau dengan menjalankan keduanya sekaligus.

Kelebihan dari menjual produk sendiri adalah kamu bisa mengelola semuanya sendiri, mulai dari ketersediaan barang hingga mengelola reseller dan dropshipper. Namun, untuk bisa menjual produk sendiri kamu membutuhkan modal yang lebih besar sebab kamu harus memulai dari nol agar merek produk mu bisa dikenal orang banyak. 

Selanjutnya adalah menjadi reseller. Itu berarti kamu akan menjual produk orang lain. Kamu bisa mengambil barang dari supplier besar yang sudah memiliki nama. Caranya yaitu dengan membeli sejumlah barang dari mereka, biasanya reseller akan mendapatkan potongan harga. Lalu kamu tinggal jual di toko mu. Keunggulannya yaitu kamu tidak perlu repot-repot membangun brand dari awal. Namun, biasanya supplier akan memintamu membeli barang dalam jumlah besar yang tentu memerlukan biaya yang besar pula.

Terakhir yaitu menjadi dropshipper. Ini merupakan metode jualan tanpa modal, tanpa stok dan tanpa resiko. Yang perlu kamu lakukan adalah mencari pelanggan, dan mengirimkan data pelanggan tersebut ke supplier. Selanjutnya supplier lah yang akan mengirimkan pesanan kepada pelanggan mu. Kamu hanya perlu duduk manis dan mendapatkan keuntungan. Namun, keuntungannya tentu tidak sebesar jika kamu memiliki produk sendiri atau menjadi reseller.

Setelah mengetahui jenis barang yang akan kamu jual, barulah selanjutnya kamu membuka toko di shopee. Berikut ulasannya:

  1. Buka toko di Shopee lewat aplikasi

Tahukah kamu jika untuk membuka toko baru di Shopee bisa dilakukan dengan mudah lewat aplikasi Shopee melalui smartphone. Caranya yaitu,

Pertama, unduh aplikasi Shopee Indonesia pada playstore atau appstore.

Kedua,klik daftar lalu masukkan nomor hp yang masih aktif dan kode  lalu klik daftar lagi.

Ketiga, masukkan kode verifikasi yang telah dikirimkan ke nomor hp mu tadi lalu klik lanjutkan.

Terakhir, kamu tinggal masukkan username yang kamu inginkan sebagai nama toko mu dan masukkan kata sandi. Pendaftaran telah selesai. 

  1. Mulai berjualan di Shopee

Setelah berhasil membuka toko di Shopee selanjutnya adalah memulai penjualan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi shopee yang telah kamu daftarkan sebelumnya, sebaiknya kamu menggunakan akun khusus bisnis bukan akun pribadimu. 
  • Lalu klik ‘saya’, ‘jual’ dan kemudian klik ‘tambah produk baru’
  • Lengkapi semua kebutuhan produk yang akan kamu jual, buat semenarik mungkin, seperti foto dan video produk, rincian produk, hingga jenis jasa pengiriman. 
  • Jangan lupa mengklik icon centang di bagian kanan atas untuk menandai produk kamu telah siap untuk dijual dan Shopee telah menyimpan serta menampilkannya di aplikasi.

Tips berjualan di Shopee

Setelah melengkapi semua produk di tokomu, selanjutnya adalah mempelajari bagaimana cara jualan di shopee sehingga bisa laku keras dengan cepat. Tentu terdapat beberapa strategi yang harus kamu lakukan. Berikut adalah tips dan trik yang bisa kamu coba terapkan pada toko online di Shopee:

  1. Membuat voucher promosi

Diskon merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk meningkatkan minat pembeli. Apalagi jika diskon tersebut menawarkan keuntungan yang menarik bagi pembeli, sudah barang tentu mereka akan melirik tokomu. 

Kamu pun bisa menerapkan hal ini di toko Shopeemu karena Shopee juga menyediakan sebuah fitur voucher yang bisa dimanfaatkan oleh pedagang mereka yang ingin memberikan potongan harga kepada pelanggannya. Caranya yaitu dengan membuka ‘voucherku’ di bagian menu ‘Promosiku’. Selanjutnya, klik ‘buat voucher baru’ dan lengkapi semua informasi yang diperlukan. Jika sudah selesai, kamu dapat menekan tombol ‘simpan’. Jangan lupa untuk mengatur diskon sedemikian rupa dan semenarik mungkin namun harus tetap mempertimbangkan keuntunganmu. 

  1. Manfaatkan fitur ‘Naikkan Produk’ 

Shopee memiliki sebuah fitur yang bernama ‘naikkan produk’. Tujuannya adalah untuk memberikan peluang kepada suatu produk muncul di bagian awal ketika konsumen mencari produk serupa. Hal ini akan membantu calon pembeli untuk lebih mudah menemukan produkmu dan lebih menarik minatnya. Fitur ini dapat kamu gunakan untuk 5 produk sekaligus pada tokomu setiap 4 jam sekali. Jadi, pantau terus fitur ini dan jangan sampai lupa memanfaatkannya karena peluangmu ada disana.

  1. Buat harga semanarik mungkin dan bersaing

Perang harga adalah salah satu yang paling tren di Shopee. Kamu selalu penjual, mau tidak mau harus mengikuti algoritma ini. Semakin menarik harga yang kamu pasang maka akan semakin tinggi peluang produkmu untuk dilirik pembeli. Konsumen Indonesia selalu tertarik terhadap suatu yang bagus dan berkualitas tetapi dengan harga yang terjangkau. Namun, kamu harus mempertimbangkan dengan baik berapa harga yang pantas untuk produkmu agar tidak terlalu mahal namun tidak sampai membuatmu rugi. Jangan sampai memasang harga yang terlalu murah, sebab bisa membuat pembeli menjadi ragu dan mempertanyakan kualitas produkmu.

  1. Jual produk dengan berbagai variasi

Variasi produk dapat dalam berbagai hal seperti warna, motif dan ukuran. Dengan  membuat banyak variasi pada satu produk, kamu bisa menangkap konsumen dalam jumlah lebih banyak lagi. Karena biasanya pembeli sangat suka memilih banyak motif atau banyak warna dari pada satu jenis saja.

  1. Lakukan promosi di luar

Buatlah media sosial sebagai salah satu platform yang memasarkan produkmu. Kamu bisa melakukannya melalui akun pribadimu atau memanfaatkan jasa influencer atau teman. Tips cara jualan di Shopee ini dinilai sangat efektif karena dunia digital membuat orang lebih banyak beraktifitas di sosial media. Semakin aktif kamu mempromosikan barangmu di sosial media maka akan semakin besar kesempatanmu untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload