Begini Cara Download Story Facebook Paling Mudah

30 Nov 2021 by Laruan, Last edit: 11 Mar 2022

Ada yang masih belum tahu cara download story Facebook? Artikel kali ini akan membahas tema tersebut. Facebook merupakan media sosial populer hingga sekarang. Sama dengan aplikasi media sosial lainnya, Facebook pun menawarkan fitur “story”, yang bisa dishare oleh pengguna dalam waktu 24 jam saja.

Begini Cara Download Story Facebook Paling Mudah

Inilah mengapa banyak pengguna FB sekarang lebih suka share story atau tema daripada status postingan. Entah itu berupa video atau gambar kegiatan sehari-hari yang didapatkan dari orang lain. 

Bukan tidak mungkin dari sekian story video atau gambar story dari pengguna FB lain tersebut ternyata ada yang Anda sukai. Anda bisa mengunduhnya untuk menyimpan dalam memori sebagai koleksi. Cara mengunduhnya bisa dilakukan dengan atau tanpa aplikasi. Berikut ulasan tentang cara download story Facebook selengkapnya:

Cara Download Story Facebook Dengan Aplikasi

Begini Cara Download Story Facebook Paling Mudah

Sumber: pexels.com

Pertama bahas tentang download video story Facebook menggunakan aplikasi. Ada cukup banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan. Anda bisa memilih salah satunya, mana yang dianggap paling mudah. 

Pakai Aplikasi “Save Story for Facebook Stories”

Anda bisa gunakan aplikasi Save Story for Facebook Stories untuk unduh story FB. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan karena interface nya yang sederhana. Langkah-langkah mengunduh video story atau tema melalui aplikasi ini yaitu:

  • Unduh Aplikasinya Dulu

Langkah pertama adalah tentu saja Anda perlu mengunduh aplikasi Save Story for Facebook Stories terlebih dahulu. Silahkan cari di internet atau Playstore, lalu lakukan proses unduh seperti biasa. Kemudian, lanjutkan instalasi seperti pada umumnya. 

  • Login Ke Aplikasi

Setelah berhasil terinstall, lanjutkan dengan membuka aplikasi tersebut. Begitu bisa terbuka, Anda bisa langsung login dengan akun Facebook Anda. Caranya adalah dengan memasukkan alamat email dan password FB seperti biasanya. Jika Anda menggunakan aplikasi ini, maka hanya bisa login dengan akun Facebook saja. 

  • Download Story FB Pengguna Lain Yang Diinginkan

Pada umumnya, setelah berhasil login, Anda akan langsung dibawa ke halaman utama Facebook Anda. Dari sana, akan terlihat story para pengguna lain atau teman-teman Anda. Silahkan pilih salah satu mana yang ingin di download. 

Apabila sudah menemukan story FB yang ingin diunduh, langsung buka saja. Perhatikan video story yang terbuka tadi, tepatnya sebelah kiri bawah. Pada bagian tersebut akan muncul menu “download” yang bisa langsung Anda klik. 

Apabila Anda takut story yang Anda unduh tersebut ketahuan oleh pemiliknya, jangan khawatir. Pasalnya, aplikasi Save Story for Facebook Stories ini punya fitur Anonymous. Artinya, pemilik story video tidak akan pernah tahu jika Anda telah melihat bahkan mengunduh storynya.

Satu hal yang harus Anda pastikan adalah memilih aplikasi download yang terpercaya. Maksudnya adalah pastikan mengunduh aplikasi pihak ketiga tersebut dari developer terbaik. Sehingga, keamanan perangkat dan data Anda pun bisa terjamin.

Pakai Aplikasi “Story Saver for Facebook”

Selain aplikasi sebelumnya, Anda pun dapat menggunakan aplikasi Story Saver for Facebook untuk mengunduh story teman. Sama dengan aplikasi sebelumnya, yang ini juga cukup mudah digunakan. Sehingga, Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Install Aplikasinya

Unduh dulu aplikasinya via Playstore. Jadi, dari halaman utama PlayStore, Anda bisa ketik keyword “Story Saver for Facebook”. Ketika sudah menemukannya, silahkan unduh seperti biasa dan install. 

  • Buka Aplikasi Dan Login 

Jika sudah berhasil terinstall, Anda akan dihadapkan pada halaman utama aplikasi. Biasanya, akan langsung muncul menu “login with Facebook”. Klik opsi tersebut untuk melanjutkan tahap berikutnya. 

  • Klik “Login by Username”

Setelah itu, akan muncul jendela pop up yang menampilkan 2 opsi yaitu “login by username” atau “login by cookie”. Kali ini klik yang opsi pertama yaitu “login by username” Untuk konfirmasi silahkan klik “ok”.

  • Masukkan ID FB

Jika sudah, Anda akan dibawa pada halaman facebook. Namun sebelum bisa masuk ke akun, tentu saja perlu memasukkan username dan password dulu. Masukkan ID dengan benar, supaya prosesnya jadi jauh lebih cepat.

  • Muncul Halaman Story, Pilih Yang Ingin Diunduh

Apabila sudah berhasil masuk, biasanya akan diarahkan ke halaman story Anda. Apabila Anda ingin unduh story teman, tentu saja harus masuk milik mereka dulu. Setelah berhasil masuk story teman, pilih yang ingin diunduh. 

  • Klik Download

Saat sudah ketemu mana yang ingin didownload, putar dulu story nya. Biasanya akan muncul menu “download” setelah story tersebut diputar. Setelah itu, Anda tinggal klik tombol “download” tersebut untuk bisa segera menyimpannya. 

  • Tunggu Proses Hingga Berhasil

Terakhir, apabila seluruh langkah dari mulai pertama tadi sudah dilakukan dengan baik, akan muncul notifikasi proses unduhan yang sedang berjalan. Anda tinggal tunggu saja sampai berhasil. Untuk melihat hasil unduhan nanti, bisa langsung menuju ke menu “galeri” lalu klik “album” dan pilih “StorySaver”.

Cara Download Story Facebook Tanpa Aplikasi

Begini Cara Download Story Facebook Paling Mudah

Tadi sudah dijelaskan jika mengunduh story FB bukan hanya bisa mengandalkan aplikasi saja. Anda juga bisa melakukannya tanpa aplikasi atau memanfaatkan fitur yang ada pada smartphone. Cara ini dianggap lebih mudah dan cukup banyak yang memilihnya. 

Apabila Anda memutuskan untuk pakai cara ini, fitur screenshot paling direkomendasikan. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa langsung menyimpan atau mengunduh story tanpa aplikasi sama sekali. Walaupun banyak yang memilihnya, namun cara ini bukan tanpa kelemahan.

Salah satu kelemahannya adalah cara ini tidak dapat diandalkan untuk menyimpan story dalam bentuk video. Mengingat story FB bukan hanya dalam bentuk foto, namun juga bisa berupa video. Anda bisa memanfaatkan fitur screenshot ini untuk menyimpan story teman FB yang bentuknya gambar atau foto. Langkah-langkahnya adalah

  • Buka Facebook Story Yang Ingin Diunduh

Langkah pertama, Anda bisa mulai dengan membuka story FB yang ingin disimpan. Hanya saja, sebelum melakukan langkah ini, pastikan Anda sudah paham, tombol mana yang bisa digunakan ketika ingin melakukan screenshot atau tangkap layar. 

  • Gunakan Fitur Screenshot Untuk Menyimpan Story Gambar

Apabila story teman yang ingin disimpan sudah muncul, Anda tinggal tekan tombol untuk mengaktifkan screenshot tadi. Maka, otomatis smartphone akan melakukan proses tangkap layar. Sehingga, story tersebut akan tersimpan pada memori dalam bentuk foto.

Sebetulnya, ada cara lain jika Anda ingin simpan story teman FB dalam bentuk video. Anda bisa gunakan fitur perekam layar. Beberapa smartphone memiliki fitur tersebut, walaupun sebagian lagi tidak ada. Jika memang tidak punya, Anda tetap harus pakai bantuan aplikasi pihak ketiga yang punya fungsi screen recorder.Demikian tadi cara download story Facebook paling mudah. Anda bisa gunakan atau tanpa aplikasi. Mana yang menurut Anda paling praktis, langsung pilih saja.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
11 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download