Inilah Cara Download Play Store yang Hilang Terhapus

21 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Cara download play store yang hilang terhapus bisa dilakukan dengan mengunduh aplikasi di situs terpercaya. Namun, Sobat Pintar harus mengetahui terkait situs penyedia. Jangan sampai salah, karena bisa-bisa malah salah unduh aplikasi.

cara download playstore

Download play store yang hilang terhapus bisa dilakukan melalui smartphone maupun laptop. Play store merupakan salah satu aplikasi penting yang harus dimiliki. Karena menjadi sebuah wadah yang mendistribusikan berbagai jenis aplikasi yang dibutuhkan. 

Play store sudah tersedia secara langsung di dalam gadget ketika Sobat Pintar membelinya. Biasanya pemilik gadget baru harus membuat akun terlebih dahulu dengan memasukan alamat email berikut kata sandinya. Setelah akun siap, barulah Sobat Pintar bisa mengunduh berbagai aplikasi yang dibutuhkan. 

Akan tetapi, bagaimana jika play store terhapus? Tenang saja, sebab Sobat Pintar bisa mengunduhnya kembali. Cara download play store yang hilang terhapus bisa Sobat Pintar lakukan dengan mengunjungi situs terpercaya di internet.  Ikuti step by step tersebut dari sumber informasi yang tersedia. Bagaimana, terlihat mudah bukan?

Baca Juga: Cara Download Dokumen Gratis di Scribd

Cara Download Play Store yang Hilang Terhapus di Android

Cara download play store yang hilang terhapus sebenarnya bisa Sobat Pintar lalukan secara mandiri di rumah. Sehingga tidak perlu mendatangi tempat servis khusus smartphone. Sisi baiknya adalah bisa melakukan penghematan, karena tidak harus mengeluarkan uang yang cukup banyak untuk membayar biaya servis.

https://1.bp.blogspot.com/-E_nF1O-vtO4/Xmuka-qzNSI/AAAAAAAAFf4/2yJb_iCPpjEyWKJ8MsPafN7MEcpYcbzAQCLcBGAsYHQ/s1600/cara-download-dan-install-play-store-android.jpg

1. Mengunduh Kembali Play Store

Berbeda dengan aplikasi sebelumnya, Sobat Pintar harus mengunduh kembali play store namun dalam bentuk APK (Application Package File). Pengunduhan bisa dilakukan melalui website terpercaya. Di sinilah pentingnya mencari website terpercaya, agar bisa terhindar dari berbagai virus. Tahapan downloadnya adalah sebagai berikut:

  • Cari Website Pengunduhan Yang Terpercaya

Rekomendasi website terpercaya untuk Sobat Pintar yaitu website APK Pure. Setelah berhasil masuk ke APK Pure, langsung mengetikan play store di kolom pencarian yang terletak di bagian atas website. Setelah itu, tekan enter untuk melanjutkan pada step berikutnya. 

  • Memilih Versi File Sesuai Dengan Kapasitas Sistem

Karena di dalam APK tersebut terdapat berbagai versi file, Sobat Pintar bisa menyesuaikannya dengan kapasitas sistem yang dimiliki smartphone. Jangan lupa untuk mengecek besaran file yang akan diunduh, agar pada saat terinstall bisa digunakan dengan lancar tanpa lag.

2.  Mengubah Pengaturan Security Setting Smartphone yang Digunakan

Perubahan pada pengaturan keamanan diperlukan agar aplikasi tersebut bisa terinstall, meskipun tergolong sebagai aplikasi di luar dari play store. Selain itu, hal lain yang perlu diperhatikan, Sobat Pintar harus mengaktifkan unknown sources option yang tersedia di pengaturan smartphone android. Berikut mengenai tahapannya:

  • Masuk Pada Menu Setting

Hal pertama yang harus dilakukan dalam mengubah pengaturan ialah dengan masuk pada menu setting terlebih dahulu. Biasanya untuk menemukan menu setting, Sobat Pintar harus menarik layar dari atas ke bawah atau sebaliknya. 

  • Mengaktifkan Unknown Sources Option

Karena di dalam menu setting terdapat banyak fitur pengaturan, kemudian Sobat Pintar harus mencari opsi security. Setelah itu carilah opsi unknown sources atau sumber yang tidak dikenal, lalu aktifkan dengan cara menggeser tombol tersebut. 

3. Melakukan Penginstalan Play Store

Tahapan selanjutnya untuk cara download play store yang hilang terhapus yaitu melakukan penginstalan. Tahapan ini juga merupakan tahap akhir yang harus Sobat Pintar lakukan. Cara penginstalan sebagai berikut:

  • Masuk Pada File Manager

Play store versi APK yang telah di download secara otomatis akan tersimpan di file manager. Sobat Pintar harus membuka folder file tersebut untuk selanjutnya melakukan penginstalan. Untuk itu, pastikan aplikasi terunduh dengan sempurna guna melancarkan tahapan lainnya.

  • Melakukan Penginstalan

Setelah file terbuka, selanjutnya Sobat Pintar bisa langsung menginstall file tersebut dan tunggu hingga beberapa saat. Apabila sudah terinstall, jangan lupa mematikan fitur  unknown sources option pada menu setting. Dengan tahapan tersebut play store sudah bisa untuk digunakan kembali. 

Baca Juga: Cara Download SPSS Lengkap Beserta cara Instalnya

Cara Download Play Store yang Terhapus Melalui PC

Cara download play store yang hilang terhapus sebenarnya bisa juga dilakukan dengan menggunakan laptop, selain mengunduhnya langsung di smartphone. Cara ini sebagai alternatif lain untuk Sobat Pintar lakukan. Untuk tahapannya, akan diuraikan pada ulasan singkat di bawah ini:

https://www.tipspintar.com/wp-content/uploads/2018/11/cara-download-aplikasi-di-laptop.jpg

1.  Mengunduhnya Kembali Melalui Microsoft Store

Play store tidak hanya tersedia untuk smartphone saja, namun ada beberapa laptop yang di dalamnya sudah tersedia play store. Namun apabila aplikasi tersebut hilang karena terhapus, Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena dapat mengunduhnya kembali langsung melalui laptop dengan cara sebagai berikut:

  • Membuka Aplikasi Microsoft Store

Di dalam laman windows terdapat kolom pencarian yang biasanya terletak di bawah taskbar, biasanya ada di sebelah kiri. Lalu, ketikan Microsoft store di laman pencarian tersebut. Dalam Microsoft store, terdapat berbagai aplikasi yang bisa di unduh salah satunya play store. 

  • Menginstall Play Store

Bagi yang aplikasi play store nya hilang karena terhapus, bisa menginstalnya kembali melalui Microsoft store. Namun harap pastikan kembali jika aplikasi sudah terunduh secara sempurna. Baru setelah itu Sobat Pintar bisa mengunduh kembali play store melalui laptop.

2. Mengunduh Kembali Play Store yang Hilang Melalui Transfer File

Alternatif lain yang bisa dilakukan selain mengunduh secara langsung menggunakan laptop, ialah dengan melakukan transfer file dari android pada laptop. Cara ini bisa dilakukan apabila aplikasi sudah berhasil di download di perangkat android. Sehingga hanya tinggal melanjutkan pada tahapan berikutnya saja. 

  • Masuk Pada Browser SmartPhone

Dalam tahapan awal ini, Sobat Pintar harus masuk pada laman browser terlebih dahulu. Selanjutnya, masuk pada kolom pencarian untuk masuk ke situs penyedia aplikasi seperti APK Pure atau APK Mirror. Lakukan tahap pengunduhan serta pastikan hasil unduh tersimpan di dalam perangkat.

  • Melakukan Transfer File

Setelah aplikasi tersimpan dalam perangkat, maka transfer file dari smartphone android ke laptop sudah bisa dilakukan. Step berikutnya adalah mengulangi pengunduhan aplikasi melalui laptop, hal tersebut harus dilakukan agar selanjutnya bisa di install di dalam perangkat laptop. 

Baca Juga: Cara download Status WA Denga dan Tanpa Aplikasi

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download