Cara Daftar DTKS Kemensos: Apa itu DTKS dan Cara Cek

26 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Sejak awal pandemi pada 2020, pemerintah gencar memberikan bantuan dan subsidi untuk masyarakat kurang mampu. Untuk memenuhi syarat dan ketentuan menjadi penerima bantuan dan subsidi, masyarakat wajib terdaftar dalam DTKS. Apa itu DTKS? Pelajari selengkapnya dalam artikel ini. 

Baca juga : Pemilik UMKM, Usahamu Bisa Menerima BLT dengan Penuhi Syarat Berikut

apa itu dtks

Apa Itu DTKS

DTKS merupakan singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial. DTKS memuat data masyarakat yang berhak menerima dana bantuan dari pemerintah. Artinya, dengan melakukan pendaftaran pada portal DTKS, masyarakat bisa menerima berbagai dana bantuan yang tersedia. 

Sayangnya, pendaftaran DTKS tidak dibuka setiap saat, melainkan 4 kali dalam setahun. Selama 22 Agustus – 10 September 2022, pemerintah provinsi DKI Jakarta membuka pendaftaran DTKS. Oleh karenanya, masyarakat yang merasa berhak menerima bantuan dana pemerintah diharapkan melakukan pendaftaran selama periode tersebut.

Istilah dalam DTKS yang Perlu Diketahui

Setelah mengetahui apa itu DTKS, calon pemilik akun juga perlu mengetahui berbagai istilah yang ada dalam sistem DTKS. Pengetahuan ini bisa mempermudah calon pemilik akun untuk melakukan pendaftaran dan pengecekan akun DTKS. Inilah rangkaian daftar istilah dalam DTKS. 

1. SIKS-NG

Istilah ini merupakan singkatan dari Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next-Generation yang merupakan sistem informasi untuk mengelola data pada DTKS.

2. Potensi & Sumber Kesejahteraan Sosial

Pihak-pihak yang berperan dalam mendukung terwujudnya kesejahteraan sosial. Adapun pihak-pihak tersebut terdiri dari individu, keluarga, dan kelompok masyarakat. 

3. Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial

Pihak yang membutuhkan pelayanan sosial untuk memenuhi kebutuhan dalam hidup berdasarkan aspek jasmani, rohani, dan sosial. Pihak tersebut terdiri dari individu, keluarga, dan kelompok masyarakat. 

4. Orang Tidak Mampu

Individu yang memiliki pekerjaan dengan gaji/upah yang nominalnya tidak mendukung kesejahteraan hidup namun dapat memenuhi kebutuhan dasar. 

5. Fakir Miskin

Orang yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar. Definisi ini berlaku bagi individu yang memiliki sumber mata pencaharian maupun tidak.

6. Validasi Data

Pengesahan data yang masuk pada sistem yang berguna untuk memastikan apakah data sudah memenuhi aturan validasi.

7. Verifikasi Data

Pemeriksaan data untuk memastikan bahwa proses input telah dilakukan sesuai prosedur dan data yang dimasukkan benar adanya.

8. Pendataan

Proses pengumpulan data.

9. Pengelolaan Data

Rangkaian kegiatan yang mendukung terwujudnya penyimpanan dan pemeliharaan data pengaturan data, dan penetapan data. 

Cara Daftar dan Cara Cek DTKS Kemensos

Cara daftar DTKS Kemensos bisa dilakukan dengan mudah secara online melalui situs https://dtks.jakarta.go.id/ atau aplikasi Cek Bansos yang tersedia di Play Store/AppStore.  Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan calon pemilik akun memiliki KTP karena formulir pendaftaran membutuhkan NIK.

cara cek dtks

Selengkapnya, berikut ini cara daftar DTKS Kemensos. 

Baca juga : Cara Daftar Kartu Indonesia Pintar

Cara Daftar DTKS Kemensos via Cek Bansos

  1. Download aplikasi Cek Bansos
  2. lakukan pendaftaran dengan klik “Buat Akun Baru”
  3. Lengkapi data yang diminta pada layar
  4. Upload foto selfie menggunakan KTP
  5. Klik “Buat Akun Baru” untuk mengakhiri pendaftaran

Cara Daftar DTKS Kemensos via Situs Web DTKS

  1. Kunjungi situs https://dtks.jakarta.go.id/ 
  2. Lakukan pendaftaran dengan klik “Buat Akun Pendaftaran”
  3. Lengkapi data yang diminta pada layar
  4. Klik “Daftar” untuk mengakhiri pendaftaran

Setelah melakukan pendaftaran, tentunya calon pemilik akun wajib memastikan apakah proses pendaftaran berhasil. Untuk memastikan, calon pemilik akun bisa cek DTKS. Inilah cara cek DTKS selengkapnya.

  1. Cek melalui Cek Bansos

Setelah pendaftaran berakhir, lakukan login dengan membuka aplikasi Cek Bansos. Kemudian masukkan username dan password sebelum klik “Login”.

  1. Cek melalui situs DTKS

Setelah menyelesaikan pendaftaran akun, kunjungi situs https://dtks.jakarta.go.id/ lalu klik tombol “Sudah punya akun? Silakan login di sini” yang berwarna hijau. Pemilik akun wajib melengkapi email, password, dan kode yang tertera pada layar.

Manfaat DTKS

Pada paragraf Apa Itu DTKS, kita bisa mengenal bahwa istilah tersebut merupakan sebuah singkatan dari salah satu jenis data terpadu yang didapatkan oleh pemerintah. Namun, selain dinyatakan sebagai data terpadu, DTKS merupakan sumber data utama untuk menentukan penerima bantuan sosial. Selain itu, dengan adanya DTKS diharapkan pemerintah dapat menyelenggarakan kesejahteraan sosial secara berkelanjutan dan terarah.

Siapa Saja yang Boleh Daftar DTKS?

Dengan adanya peluang mendapatkan bantuan sosial melalui DTKS, ada pula berbagai kelompok masyarakat yang tertarik untuk melakukan pendaftaran DTKS. Sayangnya, tidak semua golongan masyarakat boleh melakukan pendaftaran. Berikut ini adalah golongan masyarakat yang boleh daftar DTKS.

cara daftar dtks kemensos
  1. Individu yang terdampak Covid-19 dan kehilangan sumber mata pencaharian akibat PHK
  2. Individu tidak tergolong sebagai Polri/TNI maupun ASN
  3. Individu miskin/rentan miskin

Demikianlah, dengan mengetahui cara daftar DTKS diharapkan masyarakat yang boleh mendaftar bisa mengetahui rangkaian informasi mengenai DTKS yang meliputi apa itu DTKS, cara daftar dan cek DTKS, serta informasi lainnya. Semoga membantu!

Baca juga : Cairkan Bansos di Kantor Pos dengan Cara Berikut


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download