Cara Buat Manisan Mangga Yang Segar

03 Aug 2022 by Laruan, Last edit: 09 Aug 2022

Selain dimakan langsung, buah ini juga terasa nikmat jika diolah menjadi jenis camilan lain. Cara buat manisan mangga wajib untuk disimak. Di Indonesia, buah mangga merupakan tanaman yang dapat tumbuh di banyak daerah yang tersebar di seluruh nusantara. Oleh karenanya, buah ini banyak diolah oleh sebagian besar masyarakat kita.

Banyaknya mangga yang diperoleh ketika musimnya, membuat beberapa orang suka membuat manisan mangga yang menggugah selera. Sobat Pintar tentunya bisa wajib menyimak cara buat manisan mangga yang bisa dilakukan di rumah berikut ini. Selamat mencoba!

Mangga yang Cocok untuk Dijadikan Manisan

Jenis buah yang akan dijadikan manisan sangat berpengaruh terhadap rasa manisan yang akan dihasilkan. Buah yang paling tepat untuk dijadikan manisan adalah buah bertekstur keras dan padat. 

Buah setengah matang adalah buah yang paling mendekati tekstur tersebut. Jadi, buah setengah matang sangat tepat dijadikan bahan utama manisan.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa buah yang hendak dijadikan manisan sebaiknya memiliki rasa tawar, manis, atau asam. Sebab, buah yang memiliki rasa tawar akan mendominasi manis dari gula yang ditambahkan. 

Sedangkan buah dengan rasa asam akan memberikan cita rasa yang segar, kombinasi antara asam dan manis.

Sebagai buah yang tumbuh subur di daerah tropis, maka jumlah mangga di Indonesia sangatlah banyak. Karena mangga sangat mudah ditemukan di Indonesia, maka manisan mangga juga bukan termasuk jenis makanan yang langka.

Manisan mangga sangat mudah ditemukan dijual dalam stoples kaca, berwarna kuning merona, dan terendam dalam air bercita rasa manis, asam, bahkan kadang pedas. Biasanya manisan ini banyak dijual di supermarket. 

Bahkan, cara membuatnya pun cukup mudah sehingga jika Sobat Pintar ingin, Sobat Pintar bisa membuat manisan mangga sendiri di rumah.

Baca juga: Tips Memilih Buah Mangga Yang Perlu Kamu Ketahui!

Cara Buat Manisan Mangga dengan Berbagai Resep

Rasanya yang asam dan manis membuat buah mangga dijadikan bahan manisan yang memiliki banyak penggemar. Selain tampilannya yang menggiurkan, manisan mangga juga memiliki rasa manis dan menyegarkan yang khas. Simak cara buat manisan mangga di bawah ini ya Sobat Pintar!

1. Cara Buat Manisan Mangga Original

Cara buat manisan mangga sangatlah sederhana. Dengan bahan tambahan gula, garam, dan cabe yang dicampur, olahan manisan mangga pun siap disantap. Langsung saja simak resep cara membuat manisan mangga sederhana di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 500 gr mangga muda
  2. 175 gr gula pasir
  3. 250 ml air
  4. Garam secukupnya
  5. 4 buah cabe merah keriting

Cara pembuatan:

  1. Kupas mangga, dan potong sesuai selera. Rebus air, gula, garam dan cabe merah keriting hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan dinginkan.
  2. Masukkan mangga dan larutan gula ke dalam toples kaca, lalu tutup rapat. Simpan dalam lemari es selama semalam. Manisan mangga siap untuk disajikan.

2. Cara Buat Manisan Mangga Kering

Salah satu manisan kering yang bisa Sobat Pintar coba buat sendiri di rumah adalah manisan kering dari buah mangga. Cara buat manisan mangga kering ini cukup sederhana kok. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak resep selengkapnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 9 buah mangga muda
  2. 8 sdm gula
  3. 2 sdm garam

Cara pembuatan:

  1. Kupas mangga kemudian potong memanjang. Taburi garam sambil diremas-remas sampai layu dan keluar airnya. Cuci bersih lalu peras agar garam dan air hilang.
  2. Tambahkan gula kemudian aduk rata. Masukkan ke dalam lemari es. Jemur di terik matahari selama 1 hari atau sampai kering. Setelah itu taburi gula. Manisan mangga kering siap dihidangkan.

Baca juga: Buah yang Mengandung Vitamin D Untuk Hindari Covid

3. Cara Buat Manisan Mangga Basah

Selin kering, manisan mangga juga bisa dibuat dengan varian olahan basah. Rasa asam dan manisnya gula menjadi perpaduan nikmat tersendiri ketika dimakan. Simak cara buat manisan mangga basah di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. 125 gr gula pasir
  2. 75 ml air
  3. Garam secukupnya
  4. 150 g gula pasir
  5. 300 ml air

Cara pembuatan:

  1. Rendam mangga yang sudah dipotong-potong dalam larutan kapur sirih selama kurang lebih 30 menit. Cuci mangga yang sudah direndam hingga benar-benar bersih.
  2. Setelah bersih masukan mangga ke dalam toples kaca dan tutup rapat lalu sisihkan. Campurkan bahan A, lalu rebus sampai mendidih lalu dinginkan. Jika sudah dingin, tuangkan larutan gula kedalam toples yang berisi mangga, biarkan semalaman.
  3. Ambil mangga yang ada di toples dan tiriskan. Campurkan bahan B dan rebus sampai mendidih lalu dinginkan. Siapkan toples baru, masukkan mangga dan larutan B yang sudah dingin. Masukkan dalam lemari es, tunggu sampai dingin. Manisan mangga siap untuk disajikan.

4. Cara Buat Manisan Mangga Pedas

Manisan mangga akan semakin nikmat dengan rasa pedas yang menggoda. Jika kamu suka camilan pedas, manis dan asam yang menyegarkan, maka Sobat Pintar wajib mencoba membuat olahan manisan ini di rumah. Yuk simak langsung cara buat manisan mangga pedas di bawah ini.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  1. Cabai rawit merah secukupnya
  2. 5 buah mangga apel kupas dan iris tipis
  3. 4 sdm gula pasir
  4. 1 1/2 gelas air es
  5. 1 sdt garam
  6. 1/2 gelas air panas

Cara pembuatan:

  1. Ulek cabai bersama garam sampai halus. Tuang air panas, masukkan ke wadah yang sudah diisi irisan buah mangga apel. Beri gula pasir, aduk rata. Tunggu sampai gula larut. Tuang air es.

Baca juga:  Pilihan Buah untuk Tipes? Yuk Coba yang Ini

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara buat manisan mangga yang manis, pedas, dan asam super menyegarkan ini? Sobat Pintar lebih suka olahan manisan mangga yang mana nih? Selamat membuatnya di rumah!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
09 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download