Cara Bayar Virtual Account Mandiri Online Tanpa Ribet

11 Jan 2023 by kreditpintar, Last edit: 13 Jan 2023

Kecanggihan teknologi yang setiap hari kian memunculkan teknologi-teknologi baru yang terkinikan membuat kita harus belajar terus agar dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi tersebut. Termasuk dalam hal teknologi perbankan, bermunculan teknologi baru dalam hal metode pembayaran, Virtual Account misalnya, apa itu Virtual Account? Dan bagaimana cara bayar Virtual Account Mandiri? Kami akan membahas secara lengkap di artikel ini.

Bank Mandiri merupakan salah satu Bank yang memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi keuangan. Bank Mandiri menghadirkan beberapa pilihan aplikasi yang dapat memudahkan nasabahnya untuk transaksi yaitu Mandiri Online dan Livin by Mandiri.

So, kami sarankan bagi Anda nasabah Bank Mandiri segera sekarang juga untuk Daftar Mandiri Online dan Livin by Mandiri agar dapat memanfaatkan berbagai macam fiturnya yaitu Transfer, Top Up, serta pembayaran Virtual Account marketplace unicorn seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dll.

Baca juga: Yuk Kenali Apa Itu Virtual Account Sebagai Teknologi Pembayaran

Syarat Bayar Virtual Account Mandiri Online

Sama seperti Bank lainnya yang menyediakan layanan Pembayaran Virtual Account, cara pembayaran Virtual Account Mandiri pun ada syaratnya. Dibawah ini adalah beberapa syarat yang perlu Anda ketahui dan pahami yaitu:

  1. Memanfaatkan pembayaran Virtual Account Mandiri Online ada minimal jumlah pembayaran yaitu Rp. 10.000.
  2. Anda harus punya kode bayar khusus Virtual Account Mandiri baik ATM atau Mandiri Online.
  3. Nomor Virtual Account Mandiri memiliki batas waktu 24 jam untuk digunakan, lewat dari batas waktu tersebut nomor Virtual Account Mandiri akan kadaluarsa.
  4. Lewat dari waktu 24 jam akan mengakibatkan transaksi batal karena nomor Virtual Account sudah tidak dapat dipakai.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kode Virtual Account Mandiri?

Diatas sudah kami bahas syarat cara bayar Virtual Account Mandiri, nah salah satu syarat yang sudah kami sebutkan diatas yaitu Anda harus mempunyai Kode Nomor Virtual Account dimana itu bisa didapatkan dari penyedia jasa.

Nah dibawah ini kami akan memberikan contoh cara mendapatkan Kode Nomor Virtual Account dari Tokopedia, yaitu:

  1. Beli produk di Tokopedia melalui aplikasinya.
  2. Pilih produk, jumlah dan varian kemudian pilih bayar.
  3. Akan muncul halaman metode pembayaran, pilih metode pembayaran Transfer Virtual Account lalu pilih Mandiri Virtual Account.
  4. Maka secara otomatis Kode Nomor Virtual Account Mandiri muncul.
  5. Anda bisa catat Kode Nomor tersebut untuk melakukan pembayaran.

Cara Bayar Virtual Account Mandiri Online

Selesai Anda membeli sebuah produk di sebuah marketplace dan Anda sudah mendapatkan Kode Nomor Virtual Account, maka selanjutnya siap untuk mengetahui informasi bagaimana cara bayar Virtual Account Mandiri tersebut. Berikut ini cara pembayaran Virtual Account Mandiri, yaitu:

  1. Akses Mandiri Online

Akses Mandiri Online atau Livin by Mandiri di Smartphone Anda, namun sebelumnya persiapkan Kode Nomor Virtual Account untuk memudahkan transaksi pembayarannya.

  1. Masuk ke Mandiri Online

Siapkan User dan Password Mandiri Online atau Livin by Mandiri Anda untuk login aplikasi dan pastikan benar jangan sampai salah untuk terhindar terblokir.

  1. Tap Bayar

Ketika sudah berhasil login dan masuk ke halaman utama aplikasi Mandiri Online atau Livin by Mandiri, tap menu bayar untuk melakukan transaksi pembayaran Virtual Account Mandiri.

  1. Tap Buat Pembayaran Baru

Akan muncul halaman pembayaran, lalu pilih buat pembayaran baru.

  1. Tap Multi Payment

Agar dapat melakukan pembayaran Virtual Account Mandiri menggunakan aplikasi Mandiri Online atau Livin by Mandiri maka Anda harus tap Sub Menu Multi Payment.

  1. Tap Penyedia Jasa

Aplikasi akan secara otomatis membawa Anda ke halaman dimana Anda diwajibkan memasukan penyedia jasa pembayaran Virtual Account Mandiri. Siapa sih penyedia jasa tersebut? Misalkan Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, dll.

  1. Pilih Penyedia Jasa

Setelah mencari dan ketemu penyedia jasa mana yang anda gunakan, silahkan langsung pilih.

  1. Input Kode Nomor Virtual Account

Input Kode Nomor Virtual Account setelah memilih penyedia jasa yang tepat.

  1. Tambahkan Sebagai Kode Nomor Baru

Setelah Anda sudah input Kode Nomor Virtual Account, selanjutnya tap tambah sebagai nomor baru yang letaknya ada di bawah.

  1. Lengkapi Nama Pembayaran

Selanjutnya lengkapi nama pembayaran apabila menurut Anda dibutuhkan, apabila tidak dibutuhkan Anda bisa langsung saja tap konfirmasi.

  1. Lengkapi Deskripsi

Selanjutnya melengkapi deskripsi, lengkapi deskripsi adalah optional, jadi jika memang dibutuhkan Anda bisa isi tapi apabila tidak dibutuhkan Anda bisa lewati untuk tidak diisi dan Anda bisa langsung tap lanjut.

  1. Pilih Tagihan

Tagihan Virtual Account Mandiri akan ditampilkan oleh aplikasi Mandiri Online atau Livin by Mandiri. Pastikan jumlah tagihan yang ditampilkan sama dengan ketika Anda melakukan pembelian. Kalau sudah tepat tap lingkaran kecil yang ada di kiri tagihan lalu tap lanjut yang ada di bagian bawah.

  1. Lakukan Konfirmasi Pembayaran

Anda akan ditampilkan halaman konfirmasi pembayaran yang menampilkan Nama, Kode Nomor Virtual Account, Nominal. Pastikan informasi yang disajikan di halaman konfirmasi pembayaran sudah benar lalu lanjutkan tap konfirmasi di bagian bawah.

  1. Input MPIN Mandiri Anda

Anda akan diminta dan wajib untuk mengisi MPIN Mandiri yang berjumlah 6 digit untuk meneruskan pembayaran Virtual Account tersebut. Pastikan memasukan MPIN yang benar untuk terhindar dari terblokir.

  1. Simpan Bukti Pembayaran

Dengan memasukan MPIN Mandiri yang benar maka proses pembayaran Virtual Account telah berhasil dilakukan. Anda akan disajikan Bukti Transfer Mandiri yang bisa Anda download dan simpan sebagai bukti bahwa transaksi pembayaran Virtual Account sudah Anda selesaikan.

Baca juga: Jangan Terlambat! Begini Cara Bayar Shopee Paylater

Berapa Biaya Pembayaran Virtual Account Mandiri Online

Di atas kami sudah sampaikan secara detail dan lengkap bagaimana cara bayar Virtual Account Mandiri, mulai dari syarat bayar Virtual Account Mandiri, cara mendapatkan Kode Nomor Virtual Account, sampai dengan cara bayar Virtual Account Mandiri. Dengan kecanggihan teknologi perbankan dewasa ini tentu hal tersebut akan memudahkan Anda dalam melakukan pembayaran tagihan apapun dan dimanapun.

Nah, ketika Anda sudah di mudahkan dengan kecanggihan teknologi dalam membayar tagihan Anda, apakah Anda masih bertanya-tanya apakah ada biaya tambahan ketika Anda melakukan pembayaran Virtual Account Mandiri? Berdasarkan penelitian dan dari pengalaman pribadi penulis selama melakukan pembayaran Virtual Account Mandiri Online, maka dapat penulis simpulkan tidak ada biaya tambahan atau biaya admin alias gratis.

FAQ

Bagaimana sih cara bayar Virtual Account Mandiri yang mudah?

Anda dapat menggunakan mesin ATM yang tersebar luas, Aplikasi Mandiri Online atau Aplikasi Livin by Mandiri, atau datang langsung ke Kantor Cabang Bank terdekat dengan menunjukan Kode Nomor Virtual Account pembayaran.

Saya bisa mendapatkan Kode Nomor Virtual Account Mandiri dimana saja?

Anda bisa mendapatkan Kode Nomor Virtual Account Mandiri melalui penyedia jasa atau perusahaan yang memang telah menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri. Contohnya Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, OLX, BliBli, Dll.

Kode Nomor Virtual Account Mandiri itu ada berapa digit sih jumlahnya?

Berdasarkan penelitian dan pengalaman penulis, digit Kode Nomor Virtual Account ada 16 digit jumlahnya.

Itulah langkah-langkah lengkap dan mudah tentang cara bayar Virtual Account Mandiri yang saat ini Kredit Pintar dapat sampaikan. Semoga apa yang sudah penulis sampaikan dalam artikel ini dapat menjadi pegangan Anda dan dapat mempermudah Anda dalam melakukan pembayaran Virtual Account Mandiri.

Baca juga: Cara Bayar Cicilan Kredit Pintar Dengan Kode Bank BNI atau Mandiri

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Jan 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download