7+ Peluang Bisnis Rental Modal Kecil Pasti Laris

22 Dec 2022 by kreditpintar, Last edit: 27 Dec 2022

Kini bisnis rental modal kecil sangat menjanjikan bagi seseorang yang ingin memiliki penghasilan sampingan. Yakin modal kecil namun menguntungkan? Kamu patut mencoba apabila tidak memiliki budget besar untuk memulai bisnis rental.

Baca juga: 10+ Usaha Sampingan di Desa yang Menguntungkan

Ide Bisnis Rental Modal Kecil, Menguntungkan Berkali-kali Lipat

Kebutuhan meningkat namun manusia belum tentu bisa memenuhinya. Sebab kebutuhan primer lebih dipentingkan untuk kehidupan yang serba keras seperti sekarang ini. Bagaimana tidak, semua serba mahal namun kita membutuhkan beberapa barang sebagai penunjang kehidupan. Salah satu peluang untuk kamu yang ingin memiliki usaha sampingan. Ya, kamu bisa mencoba bisnis rental. Berikut ide rental yang bisa kamu jajal:

Motor

Rental motor sangat banyak peminatnya, sebab tidak semua orang dapat mengendarai mobil. Terlebih wisatawan belum mengetahui medan jalan, sehingga lebih minim resiko apabila menggunakan motor. Selain itu akses wisata lebih mudah dijangkau menggunakan kendaraan roda 2.

Selain itu jika rental motor yang kamu miliki berada di kota dekat dengan kampus. Kebanyakan mahasiswa datang dari luar pulau, sehingga mereka membutuhkan kendaraan. Meski tidak menyewa setiap hari namun ide ini sangat cocok dijalankan untuk menambah penghasilan.

Kamera

Ide bisnis rental modal kecil selanjutnya yakni sewa kamera. Saat ini sedang trend membuat konten dan langsung upload. Entah foto maupun video yang di unggah melalui sosial media seperti instagram, Tik Tok, Facebook dan lainnya. Tentu mereka berlomba-lomba agar sebagus mungkin, tentu menggunakan peralatan yang memadai seperti kamera agar hasil maksimal. Namun tidak semua orang memiliki kamera, padahal moment apapun wajib diabadikan. Maka dari itu, akhir-akhir ini kamera sedang naik daun. Nyatanya dalam sehari bisa memegang Rp 100.000 bersih. Apabila dalam 1 bulan off 10 hari, maka kamu akan mendapatkan omset Rp 2.000.000. Waw fantastis!

Apabila belum cukup modal, kamu dapat membeli kamera dengan cara second asalkan masih bagus. Jika uang dari sewa terkumpul hingga cukup untuk membeli baru, kamu bisa membeli untuk menambah kamera agar usahamu makin berkembang.

Sepeda

Seseorang yang sibuk dengan pekerjaan atau hal lain namun suka bersepeda dan ingin melakukannya ketika waktunya renggang, kemungkinan akan lebih memilih sewa sebagai alternatif dibandingkan dengan membelinya. Sebab dengan menyewa, rentan waktu hingga 6 bulan pun tidak menjadi masalah. Namun jika membeli dan tidak digunakan, hanya 5-6 bulan sekali atau saat kita ingin memakai sepeda justru rugi.

Mainan Anak

Bertambah bulan hingga tahun, mainan anak sesuai tahapan usianya akan berbeda-beda. Hal ini tentu membuat orang tua bingung dalam pemenuhan kebutuhan satu ini. Mainan tidak digunakan dalam jangka yang Panjang, sebab bisa saja anak mudah bosan. Atau setiap 1 minggu sekali ingin memiliki mainan yang baru. Nah solusinya rental mainan saja.

Untuk mainan edukasi bisa di belikan dengan dapat memilih bisa dipakai hingga jangka waktu bertahun-tahun atau tidak. Seperti misalnya, kamu bisa rental perosotan beserta ayunan Rp 150.000 dalam waktu 7 hari. Cukup murah bukan?

Baca juga: 5 Ide Bisnis Sampingan Karyawan untuk Tambah Penghasilan

Peralatan Bayi

Semakin bertambah tahun, usaha ada-ada saja. Seperti bisnis rental modal kecil yang unik ini. mengapa demikian? Dahulu kala tidak ada usaha rental peralatan bayi. Dahulu bisa memakai apa saja yang ada di rumah.

Peralatan bayi yang cukup mahal akan tetapi waktu pakai hanya singkat, membuat orang tua membertimbangkan membeli barang tersebut. misalnya tempat makan duduk yang memakainya hanya saat anak berusia 1-3 tahun saja. Selebihnya bisa duduk di meja makan atau ruang keluarga.

Pertumbuhan anak cepat sekali, sayang jika peralatan hanya digunakan sebentar lalu kita simpan dan tidak tahu akan dikemanakan. Solusinya yaitu menyewa. Seperti car seat yang dipakai di kursi mobil agar anak duduk sendiri dan ada sabuk pengamannya, itupun hanya terpakai usia 1-4 tahun saja. Nah kita bisa menyewa saja setiap kali akan bepergian jauh dan membutuhkan barang tersebut.

Alat Pancing

Persewaan alat pancing pun masuk di list bisnis rental modal kecil. BAgaimana tidak, kamu cukup membeli pancing 5-7 buah untuk permulaan. Sembari bisnismu berjalan kamu bisa menambah hingga puluhan alat pancing. Akan sangat worth it jika rumahmu dekat dengan danau, wisata kolam pancing, sungai maupun waduk.

Playstation / PS3

Kabarnya bisnis rental PS ini cukup menguntungkan dan tidak menguras tenaga. Sebab kamu bisa menyediakan lahan dirumah atau bisa mereka bawa pulang. Biasanya di patok harga Rp 20.000 selama 24 jam. Namun jika dalam 1 bulan full di rental, maka kamu akan mendapatkan Rp 360.000. Wah cukup menggiurkan bukan? Jika kamu merental dan menyediakan lokasi dirumah, memang membutuhkan tambahan modal TV. Jika dihitung hitung 1 paket harganya kurang lebih Rp 4.5000.00. kamu pun perlu memperhitungkan tentang PS versi berapa yang makan direntalkan.

Buku atau Perpustakaan Komik

Bisnis rental modal kecil berikutnya yaitu buku atau komik. Bagi sebagian orang sudah enggan membaca buku sebab sudah jamannya internet, yang kita bisa membaca apapun hanya melalui ponsel. Bahkan mereka juga bisa mengunduh e-book, sehingga bisa dibaca dimanapun dan kapanpun.

Lain hal dengan yang hobi membaca, mereka akan tetap merental komik sebab membaca di ponsel dengan menyentuh buku fisik akan berbeda rasanya. Walaupun tidak seperti dulu, namun rental ini tidak termakan usia. Ada saja penggemarnya. Kamu bisa promosi melalui media sosial dengan target pasar orang yang suka membaca dan mengubah lokasi perpustakaan menjadi aesthetic nan menarik untuk dikunjungi. Tidak ketinggalan, tambah koleksi buku seperti

Baca juga: Mantap Berwirausaha, Ini Rekomendasi Bisnis Online Terbaik

HT (Handy Talkie)

HT sangat dibutuhkan pada acara besar seperti pernikahan, seminar, konser dan lainnya sebagai media koordinasi dan komunikasi antar panitia. 1 HT dibanderol Rp 150.000 , kamu bisa membeli 6-7 terlebih dahulu untuk pemula.

Apabila panitia hanya komunitas, tentu mereka tidak memiliki peralatan yang lengkap. Maka dari itu rental HT akan menolong mereka. Terlebih kalau ada event 17an dan musik di kampung yang diselenggarakan 1 tahun sekali. Wah usaha Bisnis rental modal kecil ini pasti akan laris manis dengan resiko mini.

Ide ini merupakan bisnis rental modal kecil bukan? Dengan anggaran dibawah 3 juta, sudah bisa memiliki salah satu alat rental ini. Karena, setiap event akan membutuhkan HT sebagai media komunikasi untuk melancarkan acaranya.

Kelebihan Usaha Rental Persewaan

Tentu ada keuntungan jika kamu membuka rental persewaan, simak berikut ini:

  • Mudah dijalankan: Prinsip kerja rental sederhana, tidak memiliki ilmu bisnis secara mendalam tetap bisa mengelola.
  • Biaya operasional kecil: Terkadang jika ada kerusakan, beberapa jenis alat tidak membutuhkan biaya perawatan tidak terlalu mahal.
  • Karyawan secukupnya: Apabila bisnismu masih kecil, bisa dikelola kamu dengan anggota keluarga. Memakai kendaraan pribadi dan melibatkan anggota keluarga 2-3 saja.
  • Cepat balik modal: Buat price list harga standar, sebab jika kemahalan jarang ada yang menyewa. Namun jika standar, ada sedikit tapi setiap minggu ada order.
  • Pangsa pasar jelas: Mudah mengidentifikasi calon konsumen, bisa dengan membuka sosial media. Pelaku bisnis bazar di Mall, Sunday Morning atau yang lain.

Wah 9 bisnis rental modal kecil sudah kita bahas. Kamu akan bisnis yang mana nih? Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
27 Dec 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download