Bisnis Laundry Kiloan, Bisnis yang Menjanjikan di Era Modern

Bisnis Laundry Kiloan, Bisnis yang Menjanjikan di Era Modern

13 May 2021 by kreditpintar
bisnis laundry

Bisnis laundry merupakan salah satu ide bisnis yang cukup menjanjikan di era modern seperti sekarang ini. Orang-orang disibukkan dengan aktivitas sehari-hari sehingga tidak sempat untuk mencuci pakaian maupun barang-barang lainnya, sehingga laundry menjadi salah satu tujuan orang-orang tersebut. Bisnis binatu memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, banyak peralatan dan perlengkapan yang harus disiapkan seperti mesin cuci dan setrika berteknologi tinggi, serta perlengkapan-perlengkapan kecil lainnya untuk mendukung bisnis binatu tersebut. Namun modal besar tersebut tidak akan menjadi halangan karena Kredit Pintar memberikan pinjaman modal dengan bunga rendah dan persyaratan yang mudah tanpa jaminan. Jadi membuka bisnis binatu bukan hanya sebatas angan-angan belaka. 

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Laundry

Bisnis binatu merupakan suatu jenis usaha yang bergerak di bidang jasa cuci-mencuci mulai dari pakaian hingga jenis barang-barang lainnya yang umum digunakan seperti perlengkapan tempat tidur, tirai, tas, sepatu dan masih banyak lagi. Kelebihan bisnis binatu adalah kebutuhan masyarakat modern yang mencintai kepraktisan dalam hidupnya. Masyarakat modern telah disibukkan dengan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari, sehingga tidak sempat untuk mencuci sendiri dirumah. Apalagi di kota-kota besar, bisnis binatu sangat menjanjikan karena gaya hidup modern sangat lekat dengan gaya masyarakat kota. Kelebihan lain bisnis binatu adalah tidak sulit untuk dipelajari, hanya membutuhkan ketelitian dan konsistensi agar memberikan kualitas pelayanan terbaik bagi konsumen. 

Kekurangan bisnis binatu adalah tingkat persaingan yang cukup tinggi mengingat untuk mengerjakan laundry tidak membutuhkan kemampuan khusus sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Untuk mensiasati kekurangan tersebut dibutuhkan strategi yang matang dalam mempersiapkan bisnis binatu agar dapat bersaing dengan laundry lainnya. 

Tips Membuka Bisnis Laundry Bagi Pemula

Dalam membuka sebuah bisnis tentunya membutuhkan strategi dan persiapan yang matang agar modal yang telah dikeluarkan tidak lenyap dengan sia-sia. Berikut adalah kiat yang dapat dilakukan dalam membuka bisnis laundry bagi pemula.

1. Pilihlah lokasi yang strategis 

Tips pertama adalah mencari lokasi yang paling strategis untuk membuka bisnis binatu. Lokasi merupakan aspek penting bagi bisnis apapun, terutama bisnis yang bergerak di bidang jasa. Pilihlah lokasi-lokasi yang paling memungkinkan memiliki target pasar yang besar. Lokasi-lokasi yang cocok untuk membuka bisnis binatu adalah seperti di area perkantoran yang ramai di pusat kota, area perumahan atau komplek, dan area kampus.

Putuskan lokasi mana yang paling cocok dengan target pasar yang ingin dicapai, apakah itu orang-orang kantoran yang sehari-harinya sibuk bekerja, konsumen rumah tangga atau mahasiswa. Selain itu perhatikan juga apakah di lokasi tersebut terdapat bisnis binatu lain yang nantinya akan menjadi kompetitor. Kompetitor dapat dijadikan tolak ukur dalam memberikan pelayanan dan promosi menarik sehingga bisnis binatu dapat bersaing. 

2. Persiapkan peralatan terbaik

Setelah menentukan target pasar yang ingin dicapai dan memutuskan lokasi yang tepat, kiat berikutnya adalah mempersiapkan peralatan dan perlengkapan. Utamakan menggunakan peralatan seperti mesin cuci dan setrika berteknologi tinggi. Alasannya adalah peralatan berteknologi tinggi dapat memberikan kinerja yang lebih baik dan efisien. Menggunakan peralatan dengan teknologi tinggi akan meningkatkan efektivitas dan produktivitas bisnis binatu sehingga keuntungan yang akan didapatkan pun akan semakin besar. Peralatan yang bagus juga akan mendukung jenis cucian yang beragam sehingga tidak hanya dapat mencuci pakaian saja, tapi dapat mencakup cucian-cuain lainnya yang tidak bisa dilakukan dengan mesin cuci biasa. Selain dua peralatan utama tersebut persiapkan juga perlengkapan-perlengkapan pendukung bisnis binatu lainnya. Seperti sabun cuci, pewangi pakaian, kemasan plastik dan gantungan baju.

3. Berikan pelayanan ekstra

bisnis binatu bergerak di bidang jasa, sehingga pelayanan maksimal merupakan nilai jual yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen. Berikan hasil cucian yang bersih dan wangi serta hasil setrika yang rapi. Selain mengandalkan kemampuan dan ketelatenan dalam mengerjakan, peralatan yang digunakan menjadi salah satu faktor pendukung untuk memberikan pelayanan terbaik dalam bisnis binatu. Selain itu berikan layanan mencuci ekspres yang dapat selesai dalam waktu cepat, atau berikan layanan antar jemput laundry ke alamat konsumen. 

4. Berikan harga yang bersaing

Tips berikutnya dalam membuka bisnis binatu adalah berikan harga yang bersaing. Harga bersaing tidak selalu tentang harga yang lebih murah daripada yang lainnya. Tentukan rentang harga sesuai dengan kualitas pelayanan yang akan diberikan. Konsumen tidak akan berpikir dua kali untuk membayar lebih mahal jika kualitas laundry serta pelayanan yang diberikan kepada konsumen baik. Selain itu pertimbangkan untuk menentukan harga yang sesuai dengan lokasi dan target pasar yang telah ditentukan di awal. Jika lokasi bisnis binatu berada di lingkungan kampus dengan target mahasiswa maka lebih baik untuk memberikan harga terjangkau. Dengan tetap mempertahankan kualitas namun mengurangi pengeluaran dengan memangkas pelayanan ekstra.

5. Persiapkan promo-promo menarik

Promosi merupakan langkah yang sangat penting dalam sebuah bisnis. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari cara konvensional dengan membagikan brosur atau selebaran kepada target pasar yang ingin dituju, melakukan promosi di media sosial, hingga memberikan promo-promo yang dapat menarik konsumen untuk datang.

Promo-promo yang dapat dilakukan untuk bisnis binatu antara lain promo paket member dengan memberikan potongan harga tertentu kepada konsumen yang terdaftar sebagai member, promo cuci gratis kepada konsumen setia yang mencuci beberapa kali, promo gratis antar jemput laundry, hingga hadiah-hadiah menarik lainnya kepada konsumen yang setia. Jangan ragu untuk mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan promosi, karena promosi adalah salah satu cara yang efektif dan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen sehingga konsumen lama tetap kembali dan konsumen baru tertarik untuk mencoba. 

6. Perhitungan modal

Kiat terakhir adalah perhitungan jumlah modal yang diperlukan untuk membuka bisnis binatu. Perhitungan pengeluaran modal dengan rinci mulai perlengkapan-perlengkapan yang membutuhkan biaya besar hingga perlengkapan kecil. Pisahkan perhitungan antara benda tetap seperti mesin cuci dan setrika dengan benda habis terpakai seperti sabun cuci, pewangi pakaian dan plastik kemasan. Modal yang dibutuhkan di awal memang sedikit besar. Jika kekurangan modal Kredit Pintar akan memberikan pinjaman modal tanpa jaminan untuk bisnis binatu dan bisnis-bisnis lainnya. 

Membuka bisnis binatu memang terlihat mudah namun membutuhkan strategi dan persiapan yang matang agar dapat menarik konsumen sebanyak-banyaknya. Selain itu kebutuhan modal yang cukup tinggi dapat dipenuhi dengan mengajukan pinjaman modal dengan bunga rendah di Kredit Pintar.

kredit pintar