Mengenal Platform Investasi Binomo yang Kontroversi

27 Sep 2021 by Laruan

Maraknya seminar edukasi dan iklan tentang kesuksesan investasi membuat masyarakat, khususnya anak muda, berbondong-bondong terjun ke dunia trading. Meskipun itu hanyalah salah satu instrumen, tetapi paling banyak diminati karena dipercaya mampu menghasilkan profit jutaan hingga milyaran rupiah. Binomo hadir di tengah tren ini sebagai penyedia platform trading saham dan mata uang asing.

Awalnya dipandang sebagai tools untuk berinvestasi, namun lambat laun eksistensinya mengundang kontroversi. Pada dasarnya, semua jenis investasi mengandung risiko yang bisa menimbulkan kerugian (lost). Hanya saja kalau dijalankan dengan pengetahuan yang mumpuni dan penuh perhitungan akan bisa meraup keuntungan maksimal. Sayang, tak sedikit yang langsung tergoda dengan iming-iming hasil berlipat ganda.

Bagi mereka yang merasa rugi akhirnya mengklaim kalau platform ini merupakan sebuah penipuan, judi, dan sebagainya. Padahal, ini bisa saja diakibatkan minim pengetahuan dan kurangnya eksplorasi. Dengan begitu, mereka yang telah mengeluarkan banyak uang di awal merasa tertipu. Mari simak lebih jauh tentang Binomo di bawah ini.

Sekilas Tentang Binomo

Mengenal Platform Investasi Binomo yang Kontroversi

Seperti online trading platform pada umumnya, apk Binomo bisa dipakai oleh semua orang dari seluruh dunia. Pertama kali muncul pada tahun 2014, aplikasi ini menawarkan berbagai macam produk keuangan derivatif dengan fitur-fitur menariknya. Jika dimanfaatkan dengan baik, fitur-fitur tersebut membantu seseorang untuk belajar menganalisa pasar sehingga menjadi profesional.

Secara kredibilitas sebenarnya platform ini tak perlu diragukan karena di bawah pengawasan International Financial Commission Category A. Ini adalah sebuah organisasi independen yang khusus mengawasi pasar finansial. Sayangnya, untuk izin operasinya di Indonesia belum terdaftar secara hukum.

Agar dapat melakukan trading lewat Binomo, seseorang hanya perlu registrasi dengan email aktifnya. Setelah itu, login dan melakukan deposit. Di sini lah seseorang perlu menentukan strateginya karena user sendiri yang akan melakukan perdagangan, seperti menentukan jangka waktu, memprediksi harga naik dan turun, hingga menetapkan open position.

Trading dengan Binomo dapat dilakukan melalui browser pada PC atau aplikasi smartphone. Cukup unduh aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store. Mereka menyediakan dua tipe aplikasi untuk Android dan iOS guna menjangkau pasar yang luas.

Kelebihan Trading di Binomo

Mengenal Platform Investasi Binomo yang Kontroversi

Salah satu tujuan seseorang melakukan trading adalah mendapatkan pemasukan tambahan. Ada juga yang menjadikan aktivitas ini sebagai income utama mengingat tren bekerja masyarakat telah bergeser. Sebagai sebuah platform, ada keunggulan yang dimiliki oleh Binomo, yaitu:

  1. Platform Trading Bertaraf Internasional

Seperti yang disebutkan di atas, Binomo berada di bawah pengawasan International Financial Commission Category A. Dengan demikian, standar yang diterapkan sudah berkelas dunia. Misalnya, secara regulasi bertaraf internasional, fokus pada kepuasan pelanggan, didukung dengan teknologi terkini, dan sebagainya.

Memang hampir semua platform seperti ini bisa digunakan orang-orang dari berbagai negara. Namun, tak banyak yang kualitasnya sekelas internasional. Platform ini telah digunakan lebih dari 130 negara. Ini membuktikan bahwa cara kerjanya bisa diaplikasikan secara mendunia.

  1. Praktis dan Mudah Bagi Pemula

Kalau masih awam dalam dunia investasi, apk Binomo bisa dipertimbangkan untuk dipilih. Sebab, kalau mau dieksplorasi lebih jauh, pada aplikasi ini terdapat berbagai macam tutorial yang bermanfaat. Tak perlu khawatir apakah harus memasukkan deposit dulu atau tidak. Seluruh tutorialnya gratis sehingga jangan pernah melewatkan arahan-arahan yang diberikannya.

Kenyamanan ini juga dirasakan apabila seseorang telah berpengalaman. Mereka menyiapkan tim khusus yang akan membantu secara profesional, solutif, dan efisien. Satu lagi, aplikasinya tergolong ringan, user friendly, dan cepat.

  1. Menyediakan Berbagai Macam Instrumen

Kalau berpikir trading dengan Binomo hanya bisa jual-beli saham, maka itu adalah anggapan yang salah. Sebab, salah satu keunggulan platform ini adalah menawarkan banyak variasi instrumen keuangan secara derivatif. Seorang pengguna bebas memilih jenis satu aset atau lebih yang akan diperdagangkan. Bahkan bisa diperdagangkan dalam satu waktu sekaligus.

Hanya saja bagi pemula tidak disarankan untuk langsung memiliki banyak aset, apalagi menjualnya. Sebaiknya mempelajari dulu satu per satu dan mendalaminya. Kalau sudah paham betul cara trading-nya, baru menambah aset lainnya.

  1. Menampilkan Performance Pasar Terkini

Sangat penting bagi seorang trader untuk mengetahui kondisi pasar terkini. Bagaimana perkembangan tren, naik turun harga, dan sebagainya. Dalam aplikasi Binomo terdapat grafik yang menunjukkan kondisi pasar teraktual. Dengan begitu, seseorang akan mudah dalam memprediksi dan menetapkan harga jualnya.

Sistem analisis ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran juga. Sebab, investasi yang tepat dan menguntungkan adalah investasi yang disertai dengan pengetahuan. Itulah sebabnya platform ini sebenarnya bermanfaat bagi mereka yang mau belajar tentang trading dan jual beli mata uang asing.

  1. Memberikan Berita Ter-update

Tak hanya menyediakan laporan dalam bentuk grafik saja, di dalam aplikasinya juga terdapat fitur berita terkini. Isinya adalah semua informasi atau berita yang berkaitan dengan dunia trading. Seluruh informasi yang disajikan paling baru alias terkini, maka seseorang tak perlu takut ketinggalan berita ter-update.

Baik performance report maupun fitur berita terkini ini dua-duanya sangat vital saat seseorang akan open position atau melakukan penjualan. Apabila ingin meraih keuntungan, maka strategi yang di-set harus sesuai tren pasar. Maka dari itu, bagi pengguna Binomo jangan malas membaca, memperhatikan laporan, serta memaksimalkan fitur-fitur aplikasi ini.

Alasan Pemerintah Memblokir Binomo

Poin-poin kelebihan di atas tampaknya tidak cukup mencegah pemerintah Indonesia untuk memblokir penyedia jasa satu ini. Meskipun tampak user friendly bagi pemula serta memudahkan seseorang mendapatkan passive income, aplikasi Binomo tetap dianggap berbahaya. Berikut adalah alasannya hingga pemerintah melakukan pemblokiran:

  1. Iklan yang Berlebihan

Binomo sangat gencar melakukan promosinya lewat YouTube. Frekuensi tayangnya tak main-main, bisa dibilang iklan mereka akan muncul setiap seseorang melihat video. Dalam iklan itu terdapat sosok Budi Setiawan yang mengaku sebagai seorang trader berpengalaman dengan Binomo.

Sebenarnya tidak salah dengan strategi yang masif ini. Namun, akan berbahaya jadinya kalau dilihat berulang-ulang oleh seseorang yang tidak memiliki pengetahuan cukup soal trading. Dilihat dari sasarannya, Binomo membidik mahasiswa atau anak-anak SMA sebagai trader pemula. Jika tidak disikapi dengan bijak, maka kelompok masyarakat ini akan mudah terpengaruh dan terjebak.

  1. Menjanjikan Keuntungan yang Tak Wajar

Pesan yang terkandung dalam iklan Binomo dianggap mislead. Budi Setiawan menyampaikan bahwa ia dapat menghasilkan 1000 USD dalam sehari. Nominal ini disebutkan sebagai fixed profit padahal kenyataannya dalam berinvestasi tidaklah demikian. Jumlah keuntungan akan sebanding dengan besarnya modal di awal.

Tanpa menjelaskan berapa modal dan risikonya, maka iklan tersebut menjanjikan keuntungan tak masuk akal. Sebab, jika ingin mengantongi untung 1000 USD per hari, paling tidak seseorang harus menanamkan modal milyaran rupiah dahulu. Belum lagi mimpi-mimpi lainnya yang dijual secara persuasif sehingga seseorang akan berinvestasi secara emosional, bukan rasional.

  1. Tidak Memiliki Izin Bappebti

Saat ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah memblokir sejumlah akun pialang berjangka, termasuk situs dan media sosialnya. Hal tersebut dilakukan juga pada Binomo karena dianggap tidak mengantongi izin usaha di Indonesia. Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) membatasi ruang gerak para pialang ini guna melindungi masyarakat.

Bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kemendag men-suspend akun Facebook dan Instagram sebagai media iklan dan promosi. Apabila telah memiliki legalitas serta konten komunikasinya menawarkan keuntungan yang wajar, maka ada kemungkinan aktivitas penangguhan ini dicabut sebab telah dianggap aman secara hukum.

Jadi, apakah tertarik untuk berinvestasi melalui Binomo? Perlu diingat bahwa trading merupakan kegiatan yang berisiko tinggi. Jadi, jangan malas untuk belajar dan mencari tahu lebih lanjut sebelum masuk ke dalamnya. Kalau melihat platform ini sebagai media latihan, maka memiliki sisi positif. Namun, akan salah jadinya apabila memimpikan keuntungan yang banyak dalam waktu singkat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Sep 2021
mobile-closeKredit PintarDownload