Banyak Yang Menjadi Korban, Kenali Ciri Pinjaman Online Ilegal!

Banyak Yang Menjadi Korban, Kenali Ciri Pinjaman Online Ilegal!

13 Apr 2021 by dan.shen
ciri pinjaman online ilegal

Sekarang ini banyak perusahaan atau kelompok yang menawarkan pinjaman online. Pinjaman online ialah jenis pinjaman yang dilakukan melalui aplikasi atau website melalui smartphone, sehingga kamu tidak perlu bertemu langsung. Hal ini tentu memudahkan dalam proses pengajuan peminjaman. Karena kemudahan dan kecepatan prosesnya, maka pertumbuhan pinjaman online di Indonesia berkembang pesat. Banyaknya tawaran pinjaman online, membuat kamu harus tetap waspada dengan mengetahui ciri pinjaman online ilegal.

Ciri Pinjaman Online Ilegal

Kenapa sih harus waspada dengan pinjaman online ilegal? Pinjaman online yang tidak legal atau sah, biasanya akan memberikan denda, bunga, dan fee yang sangat tinggi. Tidak hanya itu, pinjaman online ilegal juga pada umumnya akan memberikan teror bahkan kekerasan kepada nasabah yang tidak membayar pinjaman. Identitas pribadi kamu juga akan terancam tersebar jika melakukan pinjaman pada pinjaman online yang tidak sah. Supaya kamu tidak menjadi korban, berikut ini ciri pinjaman online ilegal yang perlu kamu ketahui.

  1. Tidak memiliki ijin resmi Otoritas Jasa Keuangan, untuk mengatahui sebuah pinjaman online berijin atau tidak, kamu dapat mengecek website resmi Otoritas Jasa Keuangan.
  2. Mengakses data peminjam secara berlebihan dimana pinjaman online ilegal akan mengakses lebih dari mikrofon, lokasi, dan kamera. Seperti yang sudah dsetujui oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  3. Pinjaman online ilegal cenderung mengancam, teror, bahkan menggunakan kekerasan pada saat menagih pinjaman pada peminjam.
  4. Menerapkan bunga, fee, dan denda yang sangat tinggi bahkan tidak masuk akal pada peminjam. Biasanya hal ini tidak dijelaskan dengan jelas pada perjanjian awal.
  5. Menggunakan SMS atau pesan singkat untuk menawarkan pinjaman onlinenya. Pinjaman online terpercaya tidak akan mengirimkan atau menawarkan pinjaman melalui sarana komunikasi pribadi tanpa ijin.
  6. Kantor pinjaman online ilegal yang tidak diketahui atau tidak jelas. Bahkan ada yang di luar negeri sehingga akan membuat kasus sulit untuk diselesaikan.
  7. Tidak memiliki layanan pengaduan, sehingga jika ada pengaduan dari konsumen atau nasabah tidak akan ditangani.

Nah, itu tadi ciri pinjaman online ilegal, jika kamu sudah mengetahui dan memahaminya sebenarnya pinjaman online banyak menawarkan menfaat atau kelebihan untuk kamu. Misalnya prosesnya yang cepat dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja dengan mudah melalui smartphone. Kamu hanya perlu menginstall aplikasi atau mengunjungi website perusahaan fintech, lalu mengajukan pinjaman online. Proses pengajuan pinjaman pada bank biasanya akan memakan waktu berhari-hari, namun dengan pinjaman online proses hanya kurang dari satu hari.

Penting untuk kamu tahu pinjaman online terpercaya, agar tidak tertipu dan mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan. Selain itu, jika kamu memang ingin merasakan kelebihan pinjaman online yang sudah disebut diatas sudah seharusnya kamu memahami ciri pinjaman online ilegal.

Setelah mengetahui ciri pinjaman online ilegal, sudah seharusnya kamu lebih tahu bukan mana pinjaman online terpercaya? Salah satunya adalah kredit pintar yang merupakan perusahaan fintech dimana pinjaman online cepat cair, dimana persetujuan pinjaman kurang dari 24 jam. Kredit pintar juga telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Tidak seperti ciri pinjaman online ilegal nomor 4, Kredit Pintar menawarkan bunga yang rendah. Sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terbebani ketika bunga yang tinggi. Proses identifikasi data pribadi juga tidak akan berlebihan, kamu hanya perlu menyediakan Kartu Tanda Penduduk.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk