Banyak Disukai Orang, Apa Kelebihan dan Kekurangan Belanja Online

11 May 2021 by kreditpintar
belanja online

Beberapa tahun belakangan ini banyak orang yang beralih ke belanja online, alih-alih belanja langsung ke toko. Apalagi dengan kondisi pandemi seperti ini, dimana ada peraturan jaga jarak dan lainnya, sehingga orang mulai semakin jarang berbelanja di toko langsung. Selain memiliki kelebihan tentunya online shopping juga punya kekurangan. 

Kelebihan Belanja Online

Banyak kelebihan dari online shopping, salah satunya adalah banyaknya diskon yang kerap kali ditawarkan. Berikut kelebihan online shopping.

1. Banyak pilihan platform

Dengan online shopping kita akan dihadapkan dengan banyak pilihan toko online. Sekarang di sosial media kita sudah banyak menemukan penjual mulai dari instagram, facebook, bahkan twitter. Tidak hanya itu, saat ini banyak muncul e-commerce seperti zalora, shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, dan lainnya. Bahkan, beberapa e-commerce menawarkan paylater. 

2. Kapan dan dimana saja 

Melakukan belanja online dapat dilakukan kapan saja karena toko online tidak akan tutup. Sobat Pintar tetap dapat melihat, memilih, dan memesan produk jam berapa saja tidak ada batas waktu. Namun tentu saja tiap toko biasanya menerapkan jam operasional. Berbasis online, tentu saja Sobat Pintar dapat melakukan pembelian dimana saja melalui smartphone.

3. Keuntungan  

Hal yang menyenangkan online shopping adalah dimana biasanya toko atau e-commerce banyak menawarkan promosi. Seperti diskon, gratis ongkir, dan voucher sehingga membuat harganya dapat menjadi lebih murah dibandingkan dengan toko fisik.

4. Pembayaran lebih mudah

Banyak pilihan metode pembayaran yang dapat Sobat Pintar lakukan seperti transfer bank, bayar lewat minimarket, kartu kredit dan lainnya. ini menjadi salah satu daya tarik bagi pembeli atau calon konsumen. 

Kekurangan

Telah mengetahui kelebihan atau keuntungan online shopping, lalu apa saja kekurangan atau bahkan cenderung dapat menjadi kerugian? Berikut ini penjelasannya.

  1. Ada resiko barang tidak sesuai, dimana ketika Sobat Pintar memilih dan memutuskan membeli produk ternyata produk yang diterima tidak seperti di foto. Sehingga perlu kehati-hatian saat melihat detail produk, gambar produk, dan deskripsi produk. Jangan sampai Sobat Pintar lengah dan ceroboh ketika melakukan online shopping.
  2. Dapat mengundang impulsive buying, dimana Sobat Pintar membeli produk yang tidak menjadi rencana sebelumnya. Tanpa disadari ini merupakan kerugian buat Sobat Pintar, barang yang sebenarnya Sobat Pintar butuhkan bisa jadi terlewat karena adanya impulsive buying ini.
  3. Rawan penipuan, apabila Sobat Pintar tidak terlalu jeli dan lalai maka, online shopping dapat menjadi sebuah kerugian. Sobat Pintar harus benar mengecek toko online baik di sosial media atau pun e-commerce. Cek testimoni pembeli lain, berapa banyak followers yang dimiliki, serta gambar produk toko tersebut.
  4. Konsumtif, banyak melihat produk-produk di toko online tentunya dapat membuat Sobat Pintar terlena atau lapar mata. Apa yang sebenarnya tidak diperlukan, malah dibeli dan jadi tidak terkontrol.

Apabila Sobat Pintar ingin belanja online namun dompet sedang tidak mendukung. Sekarang ini ada Kredit Pintar yang menawarkan pinjaman dana. Kredit Pintar adalah perusahaan fintech yang menawarkan pinjaman dana online terpercaya dan telah berizin, terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, Sobat Pintar dapat mengeceknya di website resmi OJK. Tidak sampai disitu, keuntungan lainnya adalah bunga yang rendah, tidak seperti pinjaman dana lainnya. Sobat Pintar juga mendapat banyak pilihan metode pembayaran pinjaman.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload