Apa Itu Unit Link? Pahami Cara Kerja, Resiko, dan Manfaatnya di Sini!

25 May 2021 by kreditpintar
cara kerja unit link

Berbagai strategi investasi kini telah berkembang seiring dengan berkembangnya pula beragam kebutuhan masyarakat. Investasi disadari sebagai bentuk persiapan kita akan masa depan, dengan cara mengelola aset yang dimiliki pada saat ini agar bisa berkembang menjadi lebih besar di kemudian hari. Salah satu produk investasi yang bisa dijadikan sasaran dan tujuan adalah polis asuransi Unit Link. Apa itu unit link? Bagaimana cara kerja, resiko, manfaat dari investasi pada asuransi unit link? Yuk simak uraian berikut ini

Definisi Unit Link

Apa itu unit link? Asuransi unit link ini dapat didefinisikan sebagai salah satu produk asuransi yang mempunyai benefit untuk perlindungan atau proteksi dan juga untuk berinvestasi. Adapun kegunaan dari segi proteksi adalah perlindungan terhadap nilai ekonomi pengguna asuransi apabila ia wafat atau meninggal dunia. Sedangkan kegunaan dari segi investasi adalah yang memiliki keterkaitan terhadap pasar modal.

Unit link menjadi produk asuransi yang mengkombinasikan antara kegunaan dari segi proteksi dan juga investasi. Unit link mampu memberikan 2 (dua) sekaligus kegunaan yang tentu saja akan lebih menghadirkan daya tarik tersendiri yang menguntungkan daripada produk-produk investasi yang hanya mampu memberikan kegunaan investasi tanpa memikirkan segi proteksi yang mampu dihasilkannya.

Unit Link akan memberikan keuntungan yang berlipat ganda bagi pesertanya. Keuntungan double tersebut antara lain terdiri dari modal premi yang disetorkan akan dikelola menjadi bentuk uang yang bisa diklaim apabila ada proteksi sekaligus sebagai bentuk investasi yang menghasilkan. Berbeda dengan asuransi murni atau asuransi pada umumnya yang modal premi yang tidak digunakan untuk proteksi maka akan dianggap hangus ketika masa perlindungan yang dijamin telah habis.

Cara Kerja Unit Link

Setelah mengetahui apa itu unit link, selanjutnya dapat dipahami bagaimana langkah kerja yang ada pada unit link. Secara sekilas, prosedur unit link memang terlihat sangat kompleks dan luas. Anda juga harus memahami bagaimana dan apa saja yang menjadi konsekuensi unit link ini. Pada langkah kerja yang pertama, peserta harus membayarkan sejumlah premi yang telah dipilih sesuai polis asuransi yang ada. 

Premi yang dibayarkan tersebut pada tahun pertama akan melalui pemotongan biaya untuk proteksi yang menjadi pertanggungan secara mendasar dan tambahan, serta pemotongan biaya akuisisi untuk penerbitan polis asuransi yang dipilih. Polis asuransi yang telah dipilih tersebut akan berjenjang masa berlakunya hingga lima tahun awal polis tersebut berlaku.

Kemudian, biaya dari akuisisi yang terjadi tersebut akan dibagi antar pihak perusahaan asuransi unit link yang menyelenggarakan, dan komisi untuk agen asuransi yang memasarkan produk unit link tersebut. Tidak hanya ada biaya akuisisi, premi unit link dalam lima tahun awal polis akan dikenai pula biaya admin, biaya untuk mengelola dana, dan biaya untuk merubah pengalokasian dana investasi.

Prosedur unit link ini akan dialokasikan secara penuh sebagai investasi apabila masa polis mulai memasuki tahun yang ke-6. Namun jangan khawatir, fungsi proteksi tetap didapatkan oleh peserta unit link. Setelah lewat dari 5 tahun ini pula lah nilai tunai dari polis yang telah disepakati baru bisa dirasakan. Peserta dari unit link diperbolehkan untuk melakukan pengambilan uang yang diperoleh dari nilai polis dengan catatan masih terdapat sisa untuk pembayaran biaya-biaya lainnya seperti biaya mengelola dana, biaya admin, dan sebagainya.

Jika nilai polis kemudian sudah tidak bersisa dan tidak lagi dapat membayar biaya-biaya rutin yang harus dibayarkan, maka akan menjadi kewajiban peserta untuk memberikan tambahan dana untuk membayar biaya-biaya tersebut. Namun, jika peserta tidak mampu untuk menambahkan dana sebagai pembayaran biaya rutin, maka peserta perlu menambah biaya preminya.

Kekurangan

Yang menjadi konsekuensi dan resiko unit link adalah apabila ketika kondisi dari nilai polis yang ada tidak lagi bisa untuk menutup atau membayar biaya rutin, dan peserta tidak mampu atau tidak bersedia untuk menambah dana atau menambah biaya premi, maka polis asuransi unit link milik peserta tersebut akan terhenti dan fungsi proteksi tidak lagi bisa dirasakan manfaatnya oleh peserta tersebut.

Tak hanya itu, kekurangan unit link juga tampak pada perusahaan unit link yang tidak bisa memberikan jaminan bahwa setiap peserta yang mengikuti polis unit link bisa mendapatkan return maupun keuntungan yang dihasilkan dari kegiatan investasi pada dana premi unit link. Ketidakmampuan penjaminan keuntungan ini juga berkaitan dengan ketergantungan resiko yang mungkin bisa dihadapi oleh peserta tersebut.

Pada kondisi lain, ketika polis mengalami kerugian, maka peserta harus menjaga value atau nilai polis tersebut seperti semula demi menjaga fungsi proteksinya agar tidak hilang. Nilai polis ini merupakan hasil dari setiap premi yang peserta bayarkan ke dalam instrumen investasi unit link yang dipilih atau ditentukan, lalu dikurangi terlebih dahulu dengan biaya-biaya rutin seperti biaya administrasi dan biaya akuisisi.

Dapat dikatakan bahwa nilai polis ini adalah hasil yang bisa diperoleh dari kegiatan investasi unit link, yaitu uang yang digunakan untuk membayar fungsi proteksi asuransi beserta biaya-biayanya. Unit link dapat digolongkan sebagai salah satu produk asuransi yang direkomendasikan karena dapat memberikan berbagai keuntungan.

Keuntungan

Keuntungan yang bisa didapatkan sebagai peserta asuransi unit link adalah hasil investasi yang didapatkan akan menentukan besaran proteksi asuransi yang peserta terima. Kemudian, biaya asuransi akan terus meningkat namun selisihnya dapat dibayarkan hanya dengan memotong nilai polis saja, kemudian kemudahan dan transparansi perhitungan biaya yang ditanggung peserta secara rutin, dan kejelasan investasi jangka panjang setelah melewati tahun ke-6 polis disepakati.

Ada banyak cara untuk memperoleh dana tunai. Tidak hanya dari kegiatan investasi saja. Bagi Anda yang membutuhkan dana tunai dalam waktu cepat tanpa perlu ada jaminan, Anda bisa mengakses aplikasi pinjaman uang di Kredit Pintar. Aplikasi pinjaman online yang satu ini dapat memberikan pembiayaan untuk berbagai kebutuhan seperti pendidikan, konsumtif, kebutuhan sehari-hari, kesehatan, pernikahan, renovasi, dan lain sebagainya.

Anda bisa aplikasi pinjaman uang di Kredit Pintar secara resmi di Google Play Store dan menginstalnya pada smartphone Anda. Kredibilitas dari aplikasi yang satu ini sudah terjamin karena telah diawasi langsung oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Anda tidak akan terkena tipuan atau tindakan kriminalitas lainnya karena kerahasiaan dan privasi Anda pun sangat terjamin.

Demikianlah informasi dan penjelasan mengenai apa itu unit link, dan bagaimana pula cara kerja, konsekuensi, manfaat, dan informasi lainnya terkait Asuransi Unit Link. Setiap produk investasi tentu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi, pelajari dan kenali terlebih dahulu bagaimana sistem kerja dan kemungkinan return atau keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload