Apa itu Malware? Ini Cara Mengatasi Serta Perbedaannya Dengan Virus dan Trojan

20 May 2021 by kreditpintar
apa itu malware

Ketika banyak orang bertanya apa itu Malware, banyak yang masih belum bisa membedakan Malware, Virus dan Trojan. Istilah-istilah tersebut memang sering digunakan secara bergantian namun sebenarnya keduanya tidaklah sama. Virus, Trojan dan worm adalah program jahat yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat Sobat Pintar tetapi ketiganya memiliki perbedaan. Untuk mengetahui perbedaan tersebut kita akan bahas satu persatu. 

Apa itu Malware?

Malware atau malicious software adalah program berbahaya. Biasanya Malware tertempel atau terinjeksi pada 1 file atau program yang dapat menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya dan meninggalkan kerusakan. Cara kerjanya sama, Virus atau Malware tersebut bekerja seperti Virus manusia. Virus komputer juga dapat mengakibatkan beberapa kerusakan yang beragam mulai dari yang ringan sampai berat. Beberapa Virus mungkin hanya menyebabkan kerusakan yang tidak berarti artinya hanya mengganggu sementara, sedangkan Malware lain dapat merusak beberapa perangkat lunak, perangkat keras atau bahkan file Sobat Pintar.

Hampir semua Virus yang menempel pada file di komputer Sobat Pintar bisa menginfeksi komputer kecuali Sobat Pintar tidak memiliki sumber antiVirus. Untuk menghindari rusaknya perangkat karena Malware atau Virus, Sobat Pintar harus menghapus program yang sudah tidak Sobat Pintar gunakan atau tidak Sobat Pintar kenal. Sobat Pintar juga bisa menghapus file duplikat yang biasanya terjangkit Virus atau Malware. 

Perbedaan dengan Virus dan Trojan

Trojan dan Virus adalah dua hal yang berbeda. Virus adalah payung utama yang membawahi beberapa varian Virus komputer atau Malware. Sedangkan Trojan horse bukanlah Virus. Trojan horse adalah program perusak yang tidak membahayakan namun mengganggu kinerja komputer. Trojan horse tidak bisa mereplikasi dirinya sendiri tapi bisa memiliki dampak yang buruk.

Malware, atau software berbahaya, adalah istilah umum untuk semua jenis software yang dibuat untuk menyebabkan kerusakan. Itulah mengapa bisnis anti Malware atau anti Virus sangat legit. Banyak perusahaan yang berusaha menciptakan aplikasi atau program anti Malware yang bisa melindungi perangkat penting seperti pada perusahaan, pemerintahan dan agen rahasia lain. 

Banyak program anti Malware yang menawarkan berbagai banyak fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa harga juga dibedakan karena kebutuhan proteksinya juga berbeda. Sobat Pintar bisa melihat dari beberapa fitur yang ditawarkan. Di sana akan terlihat perbedaan cara mencegah berdasarkan cara kerja Virus atau Malware yang ada. Dengan adanya perbedaan dengan Virus dan Trojan, maka program anti Malware dibedakan sesuai dengan kebutuhan pengguna, sehingga itulah mengapa harganya pun juga berbeda. 

Cara mengatasi Malware

1. Memusnahkan Malware

Cara pertama yang paling mudah untuk menghilangkan Malware di PC atau laptop adalah menghapus Malwarenya.  Dengan menghapus file atau program yang terjangkit Malware, Sobat Pintar akan terhindar dari dampak kerusakannya. Jika Sobat Pintar sudah curiga beberapa file aneh, Sobat Pintar bisa hapus file atau memformat hardisk Sobat Pintar. 

2. Mencadangkan

Cara ini seharusnya dilakukan sebelum menghapus file yang Sobat Pintar curigai. Sobat Pintar perlu membuat back up folder di hardisk lain atau cloud. Sobat Pintar harus memilah-milah dokumen penting yang dibutuhkan oleh Sobat Pintar atau kantor Sobat Pintar. Jika perlu, Sobat Pintar bisa menyewa jasa Cloud untuk menyimpan file penting hingga 100GB. Menyimpan file di cloud akan mempermudah Sobat Pintar mengakses dan melindungi data Sobat Pintar dari Virus. 

Jadi ketika ada hal-hal yang terjadi di luar kendali Sobat Pintar seperti kehilangan data karena terkena Virus, Sobat Pintar sudah memiliki cadangan yang sudah Sobat Pintar buat di cloud. Sobat Pintar bisa memformat hardisk kapanpun Sobat Pintar mau. Setiap Sobat Pintar akan menyimpan file penting, Sobat Pintar bisa menyimpannya di dua tempat yaitu file di hardisk atau penyimpanan perangkat dan cloud. Rapikan dengan membuat folder sesuai kebutuhan

3. Memutuskan Jaringan Internet

Setelah paham apa itu Malware, tentu Sobat Pintar tahu bagaimana cara mengatasinya. Hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan selanjutnya adalah memutuskan koneksi internet. Jika komputer atau laptop Sobat Pintar sedang terhubung dengan internet tersebut, segeralah matikan koneksi internet yang terhubung dengan komputer atau laptop Sobat Pintar. Ini dilakukan agar mencegah transmisi data dari komputer atau laptop Sobat Pintar ke pihak yang tidak dikenal melalui internet. Sebab, koneksi internet merupakan jalan masuknya.

4. Menjalankan Safe Mode

Cara yang keempat adalah menjalankan mode aman atau safe mode pada Windows. Software ini biasanya ada di perangkat yang memiliki OS atau sistem operasi Windows. Program ini biasanya digunakan untuk memperbaiki beberapa kerusakan yang terjadi di perangkat komputer. Sobat Pintar bisa mengaktifkan dengan cara berikut. Yang pertama adalah merestart komputer atau laptop Sobat Pintar kemudian tekan f8 pada keyboard Sobat Pintar. Di sana akan muncul beberapa pilihan safe mode (safe mode, safe mode with networking dan safe mode with command prompt), kemudian pilihlah safe mode.

5. Memusnahkan temporary file

Cara yang kelima adalah menghapus menghapus temporary file ini. Ini dilakukan sebelumnya Sobat Pintar melakukan scanning secara menyeluruh menggunakan program anti Malware. Ini wajib dilakukan bagi Sobat Pintar yang ingin mempercepat proses scanning. Jika komputer Sobat Pintar sudah terbekali dengan windows 10, Sobat Pintar bisa menghapus file dengan fitur Disk Cleanup. Sobat Pintar hanya perlu mencari Disk Cleanup di search bar. Lalu, pilihlah mana yang Sobat Pintar ingin hapus. 

6. Menggunakan anti Malware canggih 

Yang keenam adalah penggunaan anti Malware. Ada beberapa software anti-Virus yang bisa dipasang pada komputer Sobat Pintar. Sobat Pintar bisa langsung memindai atau scanning perangkat atau komputer Sobat Pintar secara berkala. Biasanya Sobat Pintar akan butuh waktu 15 menit atau sampai jam. Yang harus Sobat Pintar lakukan hanyalah menunggu proses scanning selesai. Secara otomatis software anti-Virus yang telah Sobat Pintar pasang akan menghapus Malware atau Virus yang menginfeksi komputer Sobat Pintar.

Beberapa software anti Malware memang bisa didapat gratis, namun proteksinya tidak semaksimal ketika Sobat Pintar menggunakan software berbayar. Harganya bisa jutaan tergantung produk apa yang dipilih. Jika Sobat Pintar memiliki concern yang lebih terhadap perlindungan data dan perangkat, Sobat Pintar bisa membuat perencanaan perlindungan perangkat untuk usaha Sobat Pintar. 

7. Menggunakan Windows Defender

Windows defender bisa dimanfaatkan untuk mengatasi Malware. Cara kerjanya seperti anti Malware pada umumnya. Windows defender adalah software bawaan dari Windows. Sobat Pintar bisa membuka program ini dengan setting, lalu update & security, lalu Windows Defender. Bagi pengguna windows 10 yang terbaru, Sobat Pintar dapat menggunakan Windows Defender Offline. Ini berfungsi untuk menscan semua Virus yang kemungkinan sudah ada di perangkat Sobat Pintar. Biasanya proses ini akan restart otomatis komputer atau laptop Sobat Pintar dan  berlangsung selama 15 hingga 20 menit.

Demikianlah penjelasan tentang apa itu Malware, serta perbedaan dengan Virus dan Trojan, dan informasi lainnya. Dengan mengenal Malware, semoga Sobat Pintar bisa terhindar dari ancamannya, ya!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload