Aktif Gunakan Smartphone? Berikut Cara Menjaga Kesehatan Mata

23 Apr 2021 by kreditpintar
kesehatan mata

Sebagai pengguna smartphone aktif seringkali Anda lupa akan kesehatan mata. Padahal mata merupakan organ yang penting bagi manusia. Sebagai salah satu panca indera, mata berfungsi untuk melihat bagaimana indahnya dunia dan senyum bahagia orang yang Anda sayangi. Oleh karena itu, kesehatan mata sangat perlu untuk selalu dijaga. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan mata yang bisa dipraktekkan, terlebih oleh pengguna smartphone. 

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Memperbesar Ukuran Font 

Rerata pengguna smartphone memegang ponsel hanya berjarak 8 inci dari wajah, padahal kebiasaan ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan mata. Nah, agar Anda tidak kesulitan membaca teks yang tampak di layar, cobalah untuk memperbesar ukuran font pada ponsel. Dengan ukuran font besar, Anda dapat tetap membaca teks pada layar sekalipun jarak ponsel dijauhkan dari wajah. 

2. Lebih Sering Mengedipkan Mata

Cara menjaga kesehatan mata yang kedua adalah dengan mengedipkan mata lebih sering ketika menatap layar ponsel. Karena tanpa disadari, terlalu sering menatap layar membuat mata cenderung kurang berkedip karena terlalu fokus. Hal ini dapat menyebabkan mata menjadi kering, cepat lelah dan terasa perih. Jadi, cobalah untuk berkedip dengan lebih sering. 

3. Meredupkan Layar Ponsel

Agar aman menggunakan smartphone berlama-lama, sebaiknya Anda mengatur pencahayaan ponsel menjadi redup. Beberapa smartphone seri teranyar dilengkapi dengan pengatur kenyamanan mata. 

4. Beristirahat Sejenak

Cara lain yang dapat dicoba untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan beristirahat sejenak dari aktivitas di depan layar smartphone. Beri mata kesempatan untuk jauh dari sinar radiasi yang terpancar dari ponsel. Anda bisa mencoba untuk melakukan aktivitas lain yang tidak berhubungan dengan smartphone atau sinar UV lainnya.  Jika perlu, kompres mata dengan mentimun sebelum tidur malam. 

5. Menggunakan Kacamata Antiradiasi

Terakhir, cara menjaga kesehatan mata Anda adalah dengan menggunakan kacamata yang memiliki lensa anti radiasi/ terpolarisasi. Sehingga dapat melindungi mata Anda. 

Cara-cara yang telah diulas di atas dapat Anda praktekkan ketika menggunakan smartphone agar aman dan tetap nyaman untuk kesehatan mata. 

Kredit Pintar, Aplikasi Pinjaman Instan Aman dan Terpercaya

Bagi Anda yang ingin berganti smartphone seri terbaru, tidak ada salahnya jika mengajukan pinjaman instan ke Kredit Pintar.  Kredit pintar merupakan aplikasi pinjaman instan yang dapat memenuhi segala kebutuhan Anda. Mulai dari biaya untuk pendidikan, renovasi rumah, modal usaha hingga mencukupi kebutuhan sehari-hari. Apalagi limit pinjaman yang ditawarkan hingga 8 juta rupiah, dan tenor 12 bulan. 

Cara pengajuan pinjaman pun cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan KTP elektronik asli dan berswafoto saja, tanpa agunan dan syarat lainnya. Semua pengajuan dilakukan secara online 100%, sehingga memudahkan Anda untuk mengajukan pinjaman kapanpun dan di mana saja.  

Nikmati kemudahan pengajuan pinjaman online dengan syarat mudah dan proses yang cepat. Hanya butuh 3 menit untuk mengajukan pinjaman dana melalui aplikasi Kredit Pintar. Download sekarang juga aplikasinya di Playstore secara gratis, dan dapatkan penawaran menarik lainnya. 

Kesimpulan

Memang tidak salah jika Anda mengikuti perkembangan zaman dengan aktif menggunakan smartphone. Gunakanlah smartphone dengan bijak, dan praktekkan beberapa cara menjaga kesehatan mata di atas agar tetap memiliki mata sehat hingga usia senja.  Dan ingat, jangan ragu untuk mengunjungi situs Kredit Pintar jika membutuhkan pinjaman tunai dengan proses cepat.

kredit pintar