7 Tips yang Harus Diperhatikan saat Beli Barang Bekas

27 Jul 2021 by Laruan

Siapa bilang membeli sesuatu harus selalu baru? Jika Sobat Pintar menginginkan sesuatu dengan harga yang relatif lebih murah tetapi kualitas yang masih layak guna, membeli barang bekas bisa jadi salah satu solusi. Namun membeli barang bekas tidak bisa sembarangan. Dalam artikel ini, ada beberapa tips beli barang bekas yang perlu diperhatikan.

Berikut adalah beberapa tips yang mesti Sobat Pintar ingat sebelum menjatuhkan pilihan pada barang bekas yang akan Sobat Pintar beli:

tips beli barang bekas

1. Beli Barang Bekas dari Orang yang Dipercaya

Ada beberapa cara untuk memastikan orang yang Sobat Pintar beli barang bekasnya terpercaya atau tidak. Pertama, sebaiknya Sobat Pintar membeli langsung barang bekas dari seseorang yang Sobat Pintar kenal, entah teman, sahabat, keluarga, atau kerabat. Atau kedua, beli barang dari seseorang yang memang punya reputasi baik dalam hal menjual barang bekas. Pilihannya ada di tangan Sobat Pintar.

2. Tawar Barang Bekas Tersebut dengan Cara yang Baik

Tawar-menawar dalam proses jual-beli barang bekas adalah hal yang biasa dan bisa menjadi tips yang wajib ditiru. Oleh karena itu, jika penjual barang bekas menawarkan Sobat Pintar kesempatan untuk menego harga dari barang yang mereka jual, lakukan itu dengan cara yang baik. Pastikan Sobat Pintar tidak menawarnya terlalu rendah dan memberikan harga yang masuk akal. Jika harga yang Sobat Pintar tawarkan “berjodoh” dengan harga yang diinginkan penjual, maka barang tersebut bisa jadi milik Sobat Pintar.

3. Perhatikan Tahun Produksi Barang Bekas Tersebut

Sebelum Sobat Pintar memutuskan untuk membeli sebuah barang bekas, pastikan Sobat Pintar sudah tahu kapan barang tersebut diproduksi. Hal ini akan membantu Sobat Pintar dalam menaksir usia barang tersebut. Dengan mengetahui usia barang bekas yang Sobat Pintar beli, Sobat Pintar jadi tahu kualitas barang tersebut dan memprediksi kira-kira berapa lama Sobat Pintar bisa bertahan dengan barang yang Sobat Pintar beli.

4. Lakukan Perbandingan Harga

Ini penting, karena perbandingan harga ini dapat membantu Sobat Pintar menemukan barang yang Sobat Pintar inginkan dengan harga yang paling baik. Misalkan Sobat Pintar menemukan barang bekas yang Sobat Pintar ingin di dua tempat berbeda, Sobat Pintar perlu membandingkan berbagai aspeknya. Dimulai dari apakah penjualnya terpercaya atau tidak, kualitas barangnya, lalu harganya.

5. Pembayaran dengan Metode Cash on Delivery Amat Direkomendasikan

Karena Sobat Pintar perlu memastikan kualitas barang bekas yang Sobat Pintar beli, usahakan metode pembayaran yang Sobat Pintar pilih adalah cash on delivery. Ini berguna untuk memeriksa kualitas barangnya terlebih dahulu secara langsung sebelum akhirnya melakukan pembayaran. Oleh karena itu, disarankan Sobat Pintar membeli barang bekas dari seseorang yang tinggal satu kota dengan Sobat Pintar untuk memudahkan proses cash on delivery.

6. Periksa Kelengkapan Barang Bekas yang Sobat Pintar Beli

Hal ini bisa Sobat Pintar lakukan saat melakukan proses cash on delivery. Sobat Pintar perlu benar-benar teliti terhadap barang yang Sobat Pintar beli. Jika Sobat Pintar membeli gadget, pastikan kelengkapan barang tersebut sama seperti yang dijanjikan di iklan. Sobat Pintar harus memeriksa fitur-fitur yang tersedia di dalam gadget tersebut. Pastikan kelebihan dan kekurangan gadget sesuai dengan yang penjual beri tahu di iklan.

7. Pastikan Reputasi Penjual Barang Bekas Benar-Benar Baik

Ini berlaku untuk Sobat Pintar yang membeli barang bekas di toko online. Sobat Pintar harus memeriksa rating dari penjual barang bekas tersebut dan membaca kolom komentar yang ada di sana.

Apakah penjual barang bekas ini pernah mengecewakan salah satu pembelinya? Bagaimana dengan kualitas barang bekas yang penjual ini tawarkan? Apakah pernah ada indikasi penipuan dari penjual satu ini? Sobat Pintar harus benar-benar yakin bahwa penjual yang Sobat Pintar hubungi terpercaya sebelum membeli barang darinya.

Itulah beberapa tips yang harus Sobat Pintar perhatikan saat ingin membeli barang bekas. Tetap bersikap selektif saat Sobat Pintar memilih barang bekas yang akan Sobat Pintar beli. Hal ini akan membantu Sobat Pintar dalam hal menyortir barang bekas terbaik yang bisa Sobat Pintar dapatkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload