7 Makanan Penyebab Jerawat Yang Wajib Dihindari

02 Jun 2021 by kreditpintar
7 Makanan Penyebab Jerawat Yang Wajib Dihindari

Bagi kebanyakan orang, memiliki wajah berjerawat merupakan masalah yang sulit diatasi. Sebenarnya, banyak penyebab dari munculnya jerawat pada wajah. Hormon, kebersihan wajah, hingga makanan yang memicu munculnya jerawat bisa menjadi alasannya. 

Jerawat akan muncul ketika pori-pori di kulit tersumbat sel kulit mati, bakteri, minyak (sebum), kotoran, atau kombinasi dari sel kulit mati, bakteri, dan minyak. Pori-pori yang tersumbat kemudian meradang dan selanjutnya tumbuh sebagai yang dikenal dengan jerawat. Penyebab jerawat pada seseorang bisa berbeda-beda, jenis jerawat yang dialami juga berbeda-beda.

Utamanya, jerawat muncul karena ada penyumbatan pori-pori. Tetapi, beberapa riset menunjukkan bahwa ada faktor makanan penyebab jerawat yang menjadi pendukung datangnya jerawat pada wajah. Terutama pada remaja, makanan bisa sangat berpengaruh terhadap hormon tubuh, sehingga pemilihan makanan wajib diperhatikan. 

Apa Saja Makanan Penyebab Jerawat?

1. Mengandung Gula Tinggi

Makanan berindeks glikemik tinggi adalah makanan yang mengandung gula dan karbohidrat olahan. Makanan indeks glikemik menjadi makanan penyebab jerawat. Nasi putih, tepung, mie, roti, permen, merupakan makanan yang memicu munculnya jerawat karena dapat membuat hormon androgen dalam tubuh menjadi aktif sehingga memproduksi lebih banyak minyak alami atau sebum di kulit. Makanan-makanan tersebut kemudian mempengaruhi kadar hormon lain sehingga bisa meningkatkan produksi minyak di kulit. Apabila kulit memproduksi minyak secara berlebihan, maka jerawat dapat bermunculan dengan mudah.

2. Produk Susu dan Olahannya

Makanan penyebab jerawat selanjutnya adalah produk susu dan produk-produk olahannya. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa susu dan produk olahannya bisa memicu munculnya jerawat pada wajah.. Susu sapi juga mengandung asam amino yang merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak IGF-1. Hormon IGF-1 sendiri merupakan hormon yang berhubungan dengan pembentukan jerawat. 

3. Fast Food

Mengonsumsi makanan cepat saji seperti ayam goreng, kentang goreng, burger, dan lainnya ternyata menurut penelitian dapat meningkatkan timbulnya jerawat sebesar 17% dibanding orang yang tidak makan-makanan cepat saji. Makanan cepat saji mempengaruhi hormon tubuh. 

4. Makanan Laut

Udang dan lobster, dipercaya sebagai makanan yang memicu munculnya jerawat. Dua jenis makanan laut ini mengandung iodine yang sangat tinggi, apabila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan jerawat. 

5. Whey Protein

Bagi Anda yang sering gym, pasti tak asing dengan whey protein. Whey protein adalah salah satu jenis protein yang kaya akan kandungan asam leusin dan glutamin. Kandungan asam amino dalam whey protein dapat membuat sel kulit tubuh membelah lebih cepat sehingga berkontribusi pada pembentukan jerawat. 

6. Cokelat

Cokelat dapat meningkatkan pelepasan protein interleukin-1B (IL-IB) dan IL-10. Apabila berinteraksi dengan bakteri Propionibacterium acnes atau Staphylcoccus aureus meningkatkan risiko terjadinya jerawat.  Campuran gula dan lemak dalam coklat menjadi penyebab utama munculnya jerawat. 

7. Lemak Trans

Makanan yang memicu munculnya jerawat lainnya adalah makanan yang mengandung lemak trans. Lemak ini tidak baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Makanan yang mengandung lemak trans adalah dari kue kering hingga tepung cake instan. Lemak trans tidak hanya menyumbat pembuluh darah, tapi juga bisa menyumbat pembuluh darah kecil di kulit. 

Beberapa makanan di atas bisa Anda hindari atau kurangi konsumsinya agar tidak timbul jerawat. Jika Anda membutuhkan uang tambahan untuk membeli bahan-bahan makanan yang sehat, Anda bisa menggunakan pinjaman uang dari Kredit Pintar. Kredit Pintar sebagai pinjaman online terpercaya akan memenuhi kebutuhan Anda.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload