7 Langkah Mudah Buat Daftar Kartu Pra Kerja

19 Aug 2021 by pujisukarryadi

Sobat Pintar!

Kartu Prakerja adalah sebuah program yang diinisiasi oleh pemerintah bagi angkatan kerja yang terdampak oleh pandemi COVID-19. Lalu, bagaimana langkah-langkah cara daftar Kartu Prakerja?

Sejak pandemi COVID-19 muncul, tidak bisa dipungkiri bahwa ada banyak sekali badan usaha yang kinerjanya terhambat, sehingga muncullah kebijakan untuk melakukan efisiensi karyawan dengan memberlakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). 

Kebijakan tersebut berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran di Indonesia, sehingga banyak angkatan kerja kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan tetap.

Dengan memprediksi kondisi tersebut, maka pemerintah membuat inisiatif untuk memberikan pelatihan serta intensif bagi angkatan kerja yang terdampak, berupa Kartu Prakerja. 

Angkatan kerja yang berhasil terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan insentif pelatihan kerja sebesar Rp1.000.000,- yang diberikan dalam bentuk saldo untuk memilih pelatihan secara online dari mitra yang bekerjasama dengan Kartu Prakerja. 

Setelah menyelesaikan pelatihan, peserta berhak mendapatkan insentif tunai sebesar Rp 600.000,- selama 4 bulan berturut-turut untuk mengembangkan kemampuan kerja yang dimiliki, seperti; menjadi pekerja lepas, membuka usaha, dan lain-lain.

Tertarik untuk mendaftar sebagai anggota Kartu Prakerja? Simak cara daftar Kartu Prakerja dalam 7 langkah mudah berikut ini.

Cara Daftar Kartu Prakerja

Saat ini, pendaftaran peserta Kartu Prakerja telah dibuka. Sobat Pintar bisa melakukan pendaftaran dengan menuju website www.prakerja.go.id yang bisa diakses melalui handphone maupun web browser dari komputer. Berikut ini adalah tahapan pendaftaran Kartu Prakerja yang harus dipenuhi agar Sobat Pintar berkesempatan menjadi peserta Kartu Prakerja.

1. Daftarkan diri dengan mengisi data berupa email dan password

Seperti pembuatan akun pada umumnya, Sobat Pintar akan diminta untuk mengisi data berupa email dan password dalam proses pendaftaran. Kedua data tersebut akan menjadi akses permanen bagi peserta untuk mengakses berbagai fasilitas yang disediakan oleh Kartu Prakerja, jadi pastikan tidak ada kesalahan penulisan dalam data tersebut, ya.

Jangan lupa untuk mencatat password yang didaftarkan dalam lama Kartu Prakerja, agar Sobat Pintar bisa mengakses akun Kartu Prakerja dengan lancar.

2. Verifikasi email pendaftaran sebagai tahapan cara mendaftar kartu prakerja

Setelah mendaftarkan email dan password, maka Sobat Pintar wajib untuk melakukan verifikasi yang dikirimkan oleh sistem, untuk memastikan bahwa pemilik akun secara dengan sadar dan sukarela akan melanjutkan proses pendaftaran di laman Kartu Prakerja.

Selain itu, proses verifikasi juga bertujuan untuk memastikan bahwa email dan password yang terdaftar merupakan data yang secara sah didaftarkan oleh pemilik akun secara langsung, sehingga bisa meminimalisir potensi penipuan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Sobat Pintar bisa melakukan verifikasi email sesuai petunjuk yang ditampilkan di layar.

3. Masukkan email dan password yang telah diverifikasi untuk melanjutkan pendaftaran akun

Setelah melakukan verifikasi, Sobat Pintar bisa melanjutkan pendaftaran akun Kartu Prakerja. Silakan kembali ke halaman utama dan klik tombol login untuk melanjutkan proses pendaftaran. Pastikan bahwa email serta password yang dituliskan saat login, sama dengan email serta password yang telah terverifikasi sebelumnya.

4. Lakukan verifikasi KTP, nomor handphone, dan data diri

Setelah berhasil melakukan login, Sobat Pintar wajib melakukan verifikasi KTP, nomor handphone, dan data diri. Lakukan verifikasi KTP dengan memasukkan 16 digit angka nomor KTP, Nomor Kartu Keluarga, serta tanggal lahir yang tertera di KTP dan KK.

Setelah itu, lanjutkan proses pendaftaran dengan pengisian data diri berupa alamat email yang telah diverifikasi, nama lengkap peserta Kartu Prakerja, nama lengkap ibu kandung, alamat sesuai KTP dan alamat tempat tinggal, apabila saat ini bertempat tinggal di luar alamat yang tertera di dalam KTP.

Setelah menyelesaikan pengisian data diri, Sobat Pintar diharuskan untuk mengisi nomor handphone yang berstatus aktif. Pastikan bahwa Sobat Pintar telah mengisi data-data tersebut sesuai dengan data yang berlaku agar resmi terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja.

5. Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui nomor handphone yang didaftarkan

Apabila Sobat Pintar telah menyelesaikan langkah nomor 4, maka sistem akan melakukan verifikasi tahap kedua dengan cara mengirimkan Kode OTP ke nomor handphone yang didaftarkan melalui SMS. 

Ingat, jangan beritahukan Kode OTP ke siapapun, untuk menjaga keamanan data dirimu. Jika Sobat Pintar telah menerima Kode OTP, segera masukkan Kode OTP ke laman Kartu Prakerja sebelum kadaluarsa. 

6. Melengkapi pernyataan pendaftar

Berikutnya, Sobat Pintar akan memasuki tahapan pernyataan pendaftar. Dalam tahap ini, Sobat Pintar bisa memilih pernyataan yang sesuai berdasarkan pertanyaan yang ditampilkan pada halaman pendaftaran. Pada tahapan ini, sistem akan memastikan bahwa pendaftar adalah angkatan kerja yang berhak mendaftarkan diri sebagai peserta Kartu Prakerja, dengan ketentuan berikut ini;

1. WNI dengan minimal usia 18 tahun.

2. Tidak terdaftar dan menjalankan aktivitas dalam lembaga pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lainnya sejak pandemi COVID-19.

5. Tidak terdaftar sebagai Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

7. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar untuk menyelesaikan proses pendaftaran

Tes motivasi dan kemampuan dasar merupakan tes yang wajib diselesaikan oleh pendaftar Kartu Prakerja sebagai tahapan dari seleksi peserta. Pendaftar akan diberikan waktu selama 25 menit untuk menyelesaikan tes tersebut. Siapkan alat tulis dan kertas kosong apabila diperlukan dan usahakan untuk mengerjakan tes tersebut dengan suasana yang kondusif.

Bagaimana Cara Mengetahui Status Kelulusan Pendaftaran Kartu Prakerja?

Setelah semua rangkaian cara daftar Prakerja diselesaikan, Sobat Pintar bisa menanti pengumuman penerimaan peserta Kartu Prakerja melalui pengumuman yang diberikan melalui SMS dan email yang terdaftar dalam akun Kartu Prakerja.

Namun, apabila tidak lolos, pendaftar bisa melihat pengumuman serta alasan ketidaklulusan yang terdapat pada dashboard akun. Pendaftar yang tidak lolos diperbolehkan untuk mendaftarkan diri pada gelombang selanjutnya.

Demikianlah cara daftar Kartu Prakerja Dalam 7 langkah mudah. Semoga membantu! 

mobile-closeKredit PintarDownload