7 Cara Menghilangkan Komedo yang Efektif

22 Jul 2021 by Laruan

Komedo merupakan salah satu permasalahan kulit yang terjadi akibat adanya penyumbatan pori-pori oleh sel kulit mati dan sebum (minyak). Kulit berkomedo akan tampak sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kulit normal. Keberadaan komedo yang cukup mengganggu penampilan ini membuat orang berlomba untuk mencari cara menghilangkan komedo dengan cepat dan efektif. 

Cara Menghilangkan Komedo yang Efektif dengan Hasil Nyata

Komedo mengganggu penampilan dan kesehatan kulit

Komedo biasanya muncul di area wajah, namun bisa juga muncul di bagian tubuh lain seperti punggung, lengan, atau bahu. Komedo yang merupakan salah satu awal mula jerawat ini tampak seperti benjolan kecil yang berwarna putih atau kehitaman. Komedo yang berwarna kehitaman sebenarnya adalah komedo yang permukaanya terbuka dan terpapar udara. Sehingga membuat warnanya berubah.

Pada umumnya, komedo tidak menimbulkan rasa sakit. Namun ketika terjadi infeksi di bagian kulit berkomedo, biasanya akan terjadi bengkak, kemerahan, hingga jerawat. Untuk menghilangkan komedo atau mencegahnya dari infeksi, berikut adalah beberapa cara menghilangkan komedo yang dapat dilakukan.

  1. Rutin Membersihkan Wajah

Langkah pertama untuk menghilangkan komedo adalah dengan membersihkan wajah secara rutin. Cara ini menjadi langkah paling efektif untuk menghilangkan komedo. Terlebih jika aktivitas harian memicu produksi keringat berlebih hingga sering terpapar debu atau kotoran. 

Membersihkan wajah sebaiknya dilakukan dua kali sehari, pagi dan sore setelah beraktivitas. Namun sebaiknya juga jangan dilakukan terlalu sering karena justru dapat memicu produksi minyak berlebih di area wajah.

  1. Pilih Sabun Wajah dengan Kandungan Asam Salisilat

Asam salisilat merupakan suatu senyawa yang dapat menghilangkan minyak berlebih dan membersihkan sel kulit mati di wajah. Minyak dan sel kulit mati inilah yang menyumbat pori-pori kulit dan menimbulkan komedo. 

Rutin menggunakan produk pembersih wajah yang mengandung asam salisilat adalah cara menghilangkan komedo yang cukup efektif. Namun penggunaannya pun tidak perlu terlalu sering untuk menjaga keseimbangan kelembaban kulit.

  1. Menggunakan Masker Wajah 

Terdapat dua macam masker wajah yang cukup efektif untuk melawan komedo. Clay mask dan charcoal mask merupakan produk yang baik dalam membersihkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati pada wajah. 

Clay mask merupakan masker yang terbuat dari tanah yang diracik sedemikian rupa, sedangkan charcoal mask dibuat dari arang. Dua masker ini dapat menjadi pilihan sebagai cara menghilangkan komedo.

  1. Gunakan Lotion Retinoid

Retinoid adalah nama lain dari vitamin A. Sehingga lotion retinoid yang dimaksud tidak lain adalah lotion dengan kandungan vitamin A yang tinggi. Losion ini berfungsi untuk membersihkan pori-pori dan merangsang pembentukan sel kulit baru. 

Namun perlu diperhatikan karena vitamin A sangat sensitif terhadap sinar matahari, maka sebaiknya produk ini digunakan ketika malam hari. Agar manfaatnya dapat lebih maksimal.

  1. Menggunakan Sikat Pembersih Pori Kulit

Sikat pembersih pori kulit wajah menjadi cara lain agar komedo dapat hilang secara merata. SIkat pembersih pori umumnya memiliki tekstur yang lembut. Sikat ini akan membantu membersihkan kotoran hingga sisa riasan yang menempel pada wajah. Agar kulit tetap terhidrasi dengan baik, usahakan untuk rutin mengaplikasikan pelembab wajah setelah menggunakan sikat pembersih.

  1. Lakukan Ekstraksi Komedo

Ketika komedo benar-benar sudah parah, maka ekstraksi komedo dapat menjadi alternatif untuk menghilangkannya. Namun perlu diperhatikan bahwa tindakan ini perlu dilakukan oleh tenaga ahli yang profesional. Karena apabila dilakukan secara sembarangan, justru dapat membahayakan kulit dan menimbulkan permasalahan lain yang lebih serius.

  1. Jangan Tidur dengan Riasan

Meski terlihat sepele namun tidur dengan riasan yang masih menempel di wajah dapat memperburuk kondisi kulit. Kebiasaan ini dapat meningkatkan produksi komedo karena pori-pori tertutup riasan yang belum dibersihkan.

Itulah beberapa cara menghilangkan komedo yang dapat dilakukan untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit wajah. Apabila langkah-langkah tersebut dilakukan secara teratur, hasil yang diperoleh pun akan maksimal. Wajah cantik dan terbebas dari komedo bukan sebatas impian lagi.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload