7 Cara Menghilangkan Flek Hitam Di Wajah!

28 Jul 2021 by Laruan

Cara menghilangkan flek hitam tidaklah mudah, bahkan banyak orang yang merasa frustasi mencari cara untuk menghilangkannya. Bahkan, karena tidak mengetahui bagaimana cara untuk menghilangkan flek hitam ini, mereka cenderung membiarkan flek hitam tetap ada di kulit mereka, atau menutupinya dengan menggunakan concealer

cara menghilangkan flek hitam

Penyebab Flek Hitam Muncul

Flek hitam (ephelis) adalah istilah untuk kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome. Biasanya flek hitam muncul di daerah kulit wajah, tangan, dan bagian tubuh lainnya. Menurut para ahli, penyebab flek hitam pada kulit dapat dikaitkan dengan dua hal:

  1. Jaringan parut
  2. Hiperpigmentasi (secara teknis, jaringan parut adalah hiperpigmentasi pasca-inflamasi). 

Flek hitam—alias hiperpigmentasi—bisa jadi akibat bekas luka (karena hiperpigmentasi pasca-inflamasi) dan kerusakan karena paparan sinar matahari. Flek hitam di wajah ini memang sangat mengganggu, terutama bagi seorang wanita. 

Setelah mengetahui 2 penyebab flek hitam yang muncul di kulit wajah, selanjutnya kita akan membahas tips memudarkan noda hitam di wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Ingin tahu caranya? Simak penjelasan berikut ini:

7 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

  1. Lemon atau perasan jeruk nipis

Buah lemon dan jeruk nipis terkenal akan kandungan vitamin C yang sangat banyak. Selain terkenal karena kandungan vitaminnya yang banyak, ternyata kedua buah ini juga terkenal di industri kecantikan akan khasiatnya pada kulit wajah.

Buah lemon dan jeruk nipis ini terkenal dengan khasiatnya yang mampu menangkal radikal bebas, mencerahkan wajah, dan merawat kerusakan kulit akibat terlalu sering terpapar sinar matahari, dan mampu menghilangkan flek hitam di wajah.

Tips memudarkan noda hitam dengan buah lemon dan jeruk nipis:

  1. Peras jeruk nipis atau jus buah lemon
  2. Ambil air yang sudah diperas dengan menggunakan kapas
  3. Oleskan ke bagian wajah kalian yang mengalami flek hitam
  4. Setelah kering, bilas wajahmu dengan menggunakan air bersih

Setidaknya Sobat Pintar melakukan perawatan ini secara rutin selama dua minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  Cara ini juga bisa dilakukan untuk Sobat Pintar yang memiliki kulit sensitif, dengan catatan, Sobat Pintar harus menambah air bersih supaya air jeruk nipis atau lemon tidak terlalu asam.

  1. Pepaya

Pepaya memiliki asam buah yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi (AHA), yang merupakan exfoliant kimia. Asam alfa-hidroksi ini biasa digunakan untuk mereka yang memiliki kulit kering yang bisa mencegah penuaan dengan memperbaiki lapisan kulit yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan memancarkan sel-sel kulit yang lebih sehat.

Karenanya, asal alfa-hidroksi ini sangat efektif untuk menghancurkan sel-sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Pada dasarnya, pepaya memang dapat membantu mencerahkan wajah dan membuat kulit tampak awet muda.

Sobat Pintar bisa menggunakan tips memudarkan noda hitam dengan pepaya dengan cara:

  1. Tumbuk pepaya matang
  2. Oleskan hasil tumbukan pepaya ke kulit wajah sebagai masker
  3. Setelah 20 menit, cuci wajah Sobat Pintar

Untuk hasil maksimal, lakukan cara perawatan ini tiga hingga empat kali seminggu agar efeknya maksimal ya, Sobat Pintar.

  1. Almond

Bahan alami penguat kulit lainnya yang bisa kalian temukan di dapur adalah minyak almond manis. Penggunaan minyak almond yang biasa Sobat Pintar gunakan untuk memasak tidaklah sama ketika digunakan pada kulit.

Dengan adanya Vitamin E dan niasin di dalam kandungan minyak almond, dapat membantu hiperpigmentasi dan memperbaiki warna kulit – karena minyak almond manis pada umumnya dipandang sebagai non-komedogenik (yang tidak menyumbat pori-pori).

Gunakan minyak almond manis ini setiap malam sebagai penghapus riasan atau pelembab yang membantu melindungi kulit.

  1. Aloe Vera atau Lidah Buaya
cara menghilangkan flek hitam

Sebagian kasus flek hitam diwajah bukanlah hasil dari hiperpigmentasi melainkan jaringan parut, terutama bagi mereka yang memiliki kulit yang memiliki melanin sangat banyak. Bahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit dari dalam maupun luar adalah lidah buaya atau aloe vera. Sobat Pintar dapat mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman atau mengolahnya sebagai masker wajah.

Cara penggunaannya sangatlah gampang:

  1. Ambil 1 daun tanaman lidah buaya
  2. Oleskan zat lengket pada tanaman lidah buaya pada bekas luka Sobat Pintar
  3. Setelah 20-30 menit, bersihkan wajah Sobat Pintar dengan air bersih

Jika Sobat Pintar tidak memiliki tanaman lidah buaya, kalian bisa menemukan produk-produk kecantikan yang dijual di marketplace kesayangan Sobat Pintar.

  1. Tomat

Cara menghilangkan flek hitam dengan menggunakan tomat bisa dilakukan dengan dua cara; memakannya ataupun mengoleskannya ke wajah Sobat Pintar.

Menurut studi 2011, peserta yang mengonsumsi sekitar 55 miligram pasta tomat dengan minyak zaitun per hari, mendapatkan perlindungan dari kerusakan akut dalam jangka panjang yang disebabkan oleh sinar UV. Kenapa bisa begitu efektif? Karena tomat kaya akan likopen yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk perlindungan sinar matahari.

Dengan mengkonsumsi tomat setiap hari, Sobat Pintar tidak hanya mendapatkan kulit yang sehat dan cerah, tubuh pun sehat terlindungi dari efek radikal bebas.

  1. Oatmeal

Oatmeal terkenal sebagai makanan sehat untuk mereka yang menjalani gaya hidup sehat atau diet. Selain untuk makan, Sobat Pintar bisa mengolah oatmeal sebagai masker wajah.

Cara menggunakan oatmeal untuk menghilangkan flek hitam:

  1. Tuangkan oatmeal ke dalam mangkuk dan tumbuk hingga halus
  2. Tuang air perasan lemon hingga oatmeal menjadi pasta
  3. Oleskan pasta oatmeal tersebut ke wajah Sobat Pintar
  4. Setelah kering, bilas dengan air hangat

Tips memudarkan noda hitam dengan oatmeal ini tidak hanya untuk kulit di wajah saja, tetapi juga mampu melembutkan dan meremajakan kulit wajah Sobat Pintar.

  1. Yogurt

Tips memudarkan noda hitam terakhir yang efektif untuk menghilangkan flek hitam di wajah adalah yogurt. Yogurt memiliki sifat pengelupasan yang efektif memecah sel-sel kulit mati karena asam laktat.

Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan dengan menggunakan bahan ini, kalian bisa secara langsung mengoleskan yogurt secara langsung di waja, atau campurkan yogurt dengan bahan seperti madu yang bersifat antibakteri dan bagus untuk kulit yang rentan jerawat, atau menambahkan oatmeal ke masker yogurt yang akan membantu mengelupas dan menenangkan kulit kering.

  1. Oleskan yogurt secara langsung di wajah Sobat Pintar
  2. Campurkan yogurt dengan bahan seperti madu yang bersifat antibakteri dan bagus untuk kulit yang rentan jerawat, lalu oleskan ke wajah
  3. Tambahkan oatmeal le masker yogurt yang akan membantu mengelupas dan menenangkan kulit kering.

Setelah kering, jangan lupa untuk membilas wajahmu dengan air hangat.
Jadi itulah 7 cara menghilangkan flek hitam secara alami yang sudah terbukti. Memiliki kulit sehat dan cerah itu tidak selalu mahal, gunakanlah bahan-bahan alami yang dapat kalian temukan dengan mudah di dapur maupun di toko-toko terdekat di rumah Sobat Pintar.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload