7 Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

22 Jul 2021 by Laruan

Mabuk perjalanan merupakan salah satu bentuk gangguan sistem keseimbangan yang umumnya dialami ketika seseorang berada dalam kendaraan. Terjadinya ketidaksinkronan antar organ dalam sistem keseimbangan ini membuat seseorang merasa pusing, mual hingga muntah. Terdapat beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan yang dapat diterapkan agar perjalan dapat terasa lebih nyaman.

Mabuk perjalanan dapat dialami oleh siapa saja

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan atau yang dikenal juga dengan istilah motion sickness dapat dialami oleh siapa saja, namun paling sering dialami oleh anak-anak, wanita hamil, dan orang lansia. Ketidakmampuan otak dalam dalam menerima serta merespon sinyal-sinyal dan rangsang saraf yang masuk menjadi salah satu penyebab munculnya mabuk perjalanan.

Kerja otak yang tidak semestinya ini menimbulkan kekacauan dalam pengaturan keseimbangan tubuh. Hal ini kemudian memicu keluhan-keluhan yang umum terjadi ketika dalam perjalanan menggunakan mobil, bus, kereta, kapal laut, hingga pesawat terbang. Mabuk perjalanan dapat diatasi dengan melakukan langkah-langkah sebagai berikut. 

1. Perhatikan jenis makanan yang dikonsumsi

Jenis makanan yang dikonsumsi dapat berpengaruh terhadap kondisi tubuh ketika bepergian. Agar terhindar dari gejala mabuk perjalanan, maka sebaiknya hindari makanan berlebihan, yang mengandung terlalu banyak minyak, atau yang terlalu asam. 

Konsumsi makanan tersebut diperbolehkan namun perlu diberi jarak sebelum melakukan perjalanan. Makanan yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna seperti daging, kue, atau sosis juga sebaiknya dihindari. Makan sebelum perjalanan diperlukan, namun jangan sampai berlebihan.

2. Pilih posisi tempat duduk yang tepat

Cara mengatasi mabuk perjalanan selanjutnya adalah dengan memilih posisi tempat duduk. Ketika berada di dalam kendaraan, pilih posisi tempat duduk yang yang tidak sering mengalami guncangan. Hindari duduk di kursi paling belakang, karena akan mengalami guncangan yang lebih besar.

Apabila tetap merasakan gejala mabuk ketika sudah memiliki posisi tempat duduk yang tepat, maka bisa diatasi dengan membaringkan kepala. Hal ini biasanya dapat mengurangi perasaan mabuk.

3. Tidak membelakangi arah laju kendaraan

Ketika berada di dalam kendaraan yang sedang berjalan, usahakan untuk duduk menghadap arah laju kendaraan. Hal ini akan mencegah terjadinya mabuk perjalanan. Hindari juga duduk menghadap ke samping atau belakang.

4. Mencari udara segar 

Cara lain yang dapat dilakukan untuk menghindari mabuk perjalanan adalah dengan mendapat udara segar yang cukup. Hal ini penting karena bau kendaraan terkadang bisa menjadi penyebab mabuk dalam perjalanan. Ketika mulai merasa tidak nyaman, dan keadaan memungkinkan, usahakan untuk segera membuka jendela dan menghirup udara segar. Trik ini menjadi salah satu cara mengatasi mabuk perjalanan yang cukup efektif.

5. Tidak membaca buku atau memainkan ponsel

Ketika mata terfokus pada satu titik, sedangkan tubuh sedang berusaha menyeimbangkan posisi karena guncangan dalam perjalanan, saat itulah perasaan mabuk dapat muncul. Usahakan untuk menghindari aktivitas membaca selama berada dalam perjalanan. 

Hal yang sama juga berlaku untuk ponsel atau menonton video. Aktivitas ini dapat meningkatkan perasaan pusing dan mual. Untuk mengalihkan perasaan ini, bisa dilakukan dengan melihat pemandangan atau objek diam yang berada jauh di depan.

6. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik, selain dapat mengusir kejenuhan, juga dapat mencegah terjadinya mabuk perjalanan. Posisikan tubuh sesantai mungkin sambil mendengar alunan musik melalui earphone. Aktivitas ini dapat membantu mengistirahatkan pikiran dan mengalihkan perhatian. 

7. Konsumsi obat anti mual

Cara ini dapat menjadi langkah pamungkas apabila seluruh tips di atas belum mampu mengatasi mabuk perjalanan yang terjadi. Setelah mengkonsumsi obat anti mual, seseorang biasanya akan merasa mengantuk dan tertidur. Ketika tidur, tubuh cenderung tidak akan merasakan guncangan atau perasaan pusing, sehingga cara ini dianggap cukup efektif.

Mabuk perjalanan perlu diatasi agar tidak mengganggu kenyaman selama perjalanan. Cara mengatasi mabuk perjalanan di atas dapat diterapkan untuk mencegah munculnya gejala-gejala mabuk yang mungkin saja muncul. Perjalanan pun bisa terasa lebih menyenangkan.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload