6 Rekomendasi Bisnis Online Untuk Mahasiswa

23 Jul 2021 by Laruan, Last edit: 06 Aug 2021

Memiliki penghasilan sendiri pada saat masih menjadi mahasiswa pastinya menjadi keinginan banyak orang. Setidaknya penghasilan yang didapatkan bisa dijadikan untuk menambah uang jajan atau lebih dari itu. Nah, salah satu kerja sampingan yang saat ini banyak diminati yaitu bisnis online. Saat ini banyak sekali bisnis online untuk mahasiswa yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. 

Memulai bisnis online akan sangat menguntungkan bagi mahasiswa, dibandingkan harus mengisi waktu luang hanya untuk nongkrong tidak penting. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya terkait rekomendasi bisnis online, keuntungan bisnis online serta tips dalam menjalankannya simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Rekomendasi Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Rekomendasi Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Bingung mencari bisnis online apa yang cocok untuk mahasiswa? Sebenarnya banyak sekali bisnis online yang bisa dilakukan, bahkan dapat disesuaikan dengan hobi. Nah, berikut ini beberapa rekomendasinya.

  1. Dropshipper

Bagi Sobat Pintar yang ingin mencari bisnis online tanpa memerlukan modal, dropshipper bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun termasuk salah satu jenis bisnis online, tetapi Sobat Pintar tidak perlu lagi menyetok barang. Pasalnya bisnis online ini sistemnya Sobat Pintar cukup melakukan promosi dan menerima pembayaran. Sedangkan untuk proses pengemasan hingga pengiriman barang dilakukan oleh supplier. 

  1. Desain Grafis

Bagi yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis, tidak ada salahnya jika memanfaatkan keahlian tersebut untuk dijadikan sebuah bisnis online. Sobat Pintar bisa memulainya dengan mempromosikan kepada orang-orang terdekat dengan menawarkan jasa desain banner, spanduk, poster dan lainnya. Bahkan, kedepannya Sobat Pintar juga bisa menawarkan jasa pembuatan desain undangan, cover buku dan lain sebagainya. Modal yang diperlukan hanyalah laptop dan seperangkat software. Nah, jika tidak memiliki uang untuk membeli peralatan yang dibutuhkan bisa kredit pintar, langsung cair yang saat ini banyak tersedia. 

  1. Penulis Artikel Website

Apakah Sobat Pintar suka menulis? Bisa sekali kemampuan tersebut dijadikan sebuah bisnis dengan penghasilan yang cukup menjanjikan. Caranya yaitu dengan menawarkan jasa penulis artikel website. Yang mana saat ini banyak sekali pemilik website yang membutuhkan banyak konten. Dalam menyelesaikan pesanan artikel ini, Sobat Pintar bisa memanfaatkan waktu luang di luar jam Kuliah.

  1. Penerjemah

Rekomendasi bisnis online untuk mahasiswa yang selanjutnya yaitu penerjemah atau translator. Pekerjaannya meliputi menerjemahkan artikel, buku, dokumen dan sejenisnya. Nah, jika Sobat Pintar memiliki keahlian di bidang ini, tidak ada salahnya jika menjalin kerjasama dengan pembeli dan bekerja secara lepas. 

  1. Pembuatan Website

Bisa membuat website? Jika bisa sayang sekali jika Sobat Pintar tidak memanfaatkannya untuk dijadikan sebuah bisnis online. Yang mah dengan bekal bisa membuat website ini Sobat Pintar bisa menawarkan jasa pembuatan website. Diketahui jika jasa Ini pendapatnya cukup banyak untuk pembuatan satu website saja. Coba saja Sobat Pintar bayangkan jika banyak sekali orang yang berniat untuk menggunakan jasa Sobat Pintar dalam pembuatan website, pastinya pendapatan yang didapatkan sangat banyak. 

  1. Toko Online

Bagi yang suka berdagang membuka toko online adalah solusi yang tepat. Pasalnya saat ini tersedia berbagai platform marketplace yang bisa Sobat Pintar gunakan secara gratis untuk mempromosikan produk. Selain itu, Sobat Pintar juga bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk. Sebelum itu tentukan barang apa yang akan Sobat Pintar jual. Misalnya saat ini yang sedang trend adalah fashion dan makanan.

Keuntungan Bisnis Online

Ada beberapa keuntungan yang biasa Sobat Pintar dapatkan dari bisnis online, sebagaimana berikut ini. 

  1. Tidak Butuh Modal Besar

Keuntungan yang Sobat Pintar dapatkan jika membuka bisnis online yaitu modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Pasalnya modal yang dibutuhkan untuk bisnis online ini hanya berupa smartphone beserta paket internet. Sedangkan jika Sobat Pintar memilih menjadi dropshipper, tentunya tidak perlu lagi mengeluarkan modal untuk stok barang. Berbeda jika Sobat Pintar menjual barang dengan stok sendiri, tentunya harus menyiapkan modal yang cukup banyak. Nah, jika tidak memiliki modal yang cukup bisa sekali dengan kredit pintar, langsung cair untuk melakukan pinjaman. 

  1. Pemasaran dengan Jangkauan Luas

Keuntungan yang paling besar jika membuka bisnis online yaitu pemasaran dengan jangkauan yang sangat luas. Bahkan, hanya dalam waktu yang singkat produk yang Sobat Pintar jual bisa diketahui banyak orang. Selain itu, internet juga terbilang murah dan mudah sekali digunakan. Bahkan, dengan bisnis online ini Sobat Pintar bisa melakukannya dimanapun dan kapanpun. Jauh berbeda jika Sobat Pintar berjualan secara offline, pastinya banyak sekali modal yang harus dikeluarkan. 

  1. Waktu Sangat Fleksibel

Berbeda dengan kerja kantoran yang ditetapkan jam kerjanya, tetapi bisnis online ini waktunya sangat fleksibel. Dengan kata lain bisa dilakukan kapanpun. Apalagi bagi seorang mahasiswa yang terkadang mendadak mendapatkan jam kuliah dari dosen, sehingga bisnis online sangatlah cocok. Selain itu, dengan memiliki bisnis online juga masih bisa melakukan aktivitas lainnya.

  1. Lebih Mudah dan Sederhana

Nah, keuntungan terakhir bisnis online untuk mahasiswa yang terakhir yaitu lebih mudah dan sederhana. Pasalnya bisnis ini tidak lagi menuntut Sobat Pintar untuk memajang produk secara fisik. Dengan kata lain cukup memajang katalog yang dilengkapi dengan deskripsi lengkap di setiap produknya. Bahkan, bisnis ini juga tak perlu lagi membutuhkan karyawan. 

Tips Menjalankan Bisnis Online

Jika Sobat Pintar sudah mantap untuk membuka bisnis online, penting sekali untuk menerapkan beberapa tips berikut ini. 

  1. Menentukan Produk atau Jasa

Tips pertama yang paling penting yaitu tentukan produk atau jasa apa yang akan Sobat Pintar jual. Di sini Sobat Pintar bisa menentukan mana yang kira-kira passion yang dapat menghasilkan uang. Misalnya saja jika memiliki passion di bidang desain grafis, Sobat Pintar bisa menawarkan jasa desain undangan, banner, pamflet dan lain sebagainya. 

  1. Membangun Mindset

Membangun mindset yang tepat juga penting sekali untuk diterapkan. Disini, fokuslah pada 1 jenis bisnis saja. Nah, setelah sudah memiliki jangkauan pasaran yang luas, barulah Sobat Pintar bisa memulai bisnis lainnya. Seberapa jenis bisnis online yang Sobat Pintar buat, pastikan konsisten untuk menjalankannya.

  1. Pemasaran Bisnis Online

Pemasaran sangatlah dibutuhkan dalam jenis bisnis apapun. Terutama bagi Sobat Pintar yang membuka bisnis online, pemasaran bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Sobat Pintar hanya perlu memposting produk pada beberapa marketplace yang gratis untuk digunakan. Selain itu, bisa juga untuk upload produk melalui media sosial seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram. 

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Memanfaatkan media sosial sangatlah tepat bagi Sobat Pintar yang yang memiliki bisnis online. Apalagi saat ini pengguna media sosial semakin banyak, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Apalagi saat ini banyak sekali media sosial hal-hal yang sudah menyediakan platform jual-beli atau biasa disebut dengan marketplace. 

  1. Mengatur Manajemen Keuangan

Tips terakhir menjalankan bisnis online yaitu dengan mengatur manajemen keuangan. Apalagi jika modalnya berasal dari kredit pintar, langsung cair sehingga harus dipertimbangkan dengan benar. Untuk permulaan Sobat Pintar bisa mencatat semua jenis transaksi baik itu pemasukan atau pengeluaran secara detail.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
06 Aug 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download