6 Penyebab Mata Gatal dan 3 Cara Mengatasinya

23 Aug 2021 by Laruan

Banyak yang menganggap bahwa mata gatal bukanlah masalah kesehatan mata yang serius. Mata merupakan salah satu organ tubuh paling penting. Tidak heran jika memang untuk menjaga kesehatan mata, seseorang melakukan berbagai macam hal. Namun, tidak banyak orang yang dengan serius menjaga mata. Beberapa dari mereka acuh terhadap kesehatan mata. 

6 Penyebab Mata Gatal dan 3 Cara Mengatasinya

Sebenarnya, ada kondisi di mana ketika mengalami gatal pada mata, harus segera berkonsultasi kepada dokter. Sebab, ditakutkan gatal yang dialami sudah masuk ke tahap serius. Oleh sebab itu, ada baiknya mengenal gatal pada mata sesegera mungkin. Agar nantinya bisa dengan mudah mengatasi hal tersebut. 

Mata gatal sendiri dalam istilah medis sering dikenal dengan nama pruritus okular. Di mana, masalah mata satu ini sering dialami oleh kebanyakan orang dari berbagai kalangan. Seringkali, ketika mata sudah mulai gatal, maka menjadi tidak nyaman dalam menjalani aktivitas. Oleh sebab itu, kamu harus sesegera mungkin mendapatkan penanganan. 

Sebelum ke tahap penanganan, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan mata menjadi gatal. Di mana, setiap kondisinya memiliki penanganan yang berbeda. Adapun beberapa faktor yang menyebabkan mata menjadi gatal adalah sebagai berikut. 

Penyebab Mata Gatal yang Harus Diketahui 

1.Iritasi 

Nampaknya penyebab yang satu ini sudah tidak asing bagi kebanyakan orang. Bagaimana tidak? Hampir setiap orang pernah mengalami mata yang gatal karena iritasi. Biasanya beberapa orang tersebut iritan terhadap asap rokok, asap pembakaran, parfum, asap kendaraan dan lain sebagainya. Jika memang mengenai mata, maka iritan akan membuat mata menjadi berair, merah, sampai dengan gatal. Kondisi seperti ini sangatlah tidak nyaman, apalagi jika berlangsung cukup lama. 

2.Mata Kering 

Penyebab lainnya adalah karena mata kering. Biasanya hal ini disebabkan oleh penuaan atau misalnya penggunaan obat-obatan tertentu. Mata kering sendiri merupakan kondisi di mana mata tidak memproduksi air mata yang cukup. Sehingga, hal ini membuat mata menjadi berair, gatal dan perih. 

Sebenarnya, mata kering juga bisa disebabkan oleh kualitas air mata yang kurang baik. Nah, biasanya, komponen dari air mata sendiri adalah mucus (lender), minyak dan air. Namun, karena memang ada masalah pada kelenjar penghasil minyak, membuat kualitasnya menjadi kurang baik. 

3.Infeksi Mata 

Infeksi mata merupakan penyebab  yang selanjutnya. Infeksi ini biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur atau virus. Ada setidaknya 2 jenis infeksi mata yang sudah umum ditemukan, yaitu konjungtivitis dan uveitis. Konjungtivitis sendiri biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus. Sementara, uveitis merupakan peradangan pada uvea yang disebabkan oleh infeksi. 

Infeksi mata sendiri ternyata menimbulkan beberapa gejala, seperti misalnya gatal, sensitive terhadap cahaya, mata merah dan juga penglihatan buram. Kondisi ini ternyata harus segera ditangani oleh dokter, karena bisa menyebabkan gangguan mata lebih parah lagi. Seperti misalnya katarak, luka pada retina sampai dengan kehilangan penglihatan secara permanen. 

4.Alergi Mata 

Alergi mata atau yang biasa dikenal dengan konjungtivitis alergi ini merupakan sebuah peradangan mata yang disebabkan oleh reaksi alergi terhadap zat-zat, seperti misalnya serbuk sari, spora jamur, debu, bulu binatang dan aroma zat-zat kimia. 

Ternyata, ada dua jenis konjungtivitis alergi, yaitu konjungtivitis alergi akut dan kronis. Konjungtivitis alergi akut sendiri merupakan kondisi yang paling umum terjadi. Biasanya, gejalanya sendiri adalah mata tiba-tiba terasa gatal dan perih seperti terbakar. Selain itu, disertai dengan hidung berair, seperti kondisi pada seseorang yang sedang pilek. 

Untuk konjungtivitis kronis sendiri sebenarnya jarang terjadi. Namun biasanya ketika terjadi, maka akan terjadi sepanjang tahun, secara terus-terusan. Alergi ini memang merupakan reaksi atau respon tubuh terhadap alergen, seperti bulu binatang, debu dan makanan. 

5.Terlalu Lama Menatap Layar

Penyebab rasa gatal pada indera pengelihatan yang satu ini mungkin banyak dirasakan oleh para kaum milenial saat ini atau bagi mereka yang melakukan wfh. Biasanya, mereka akan menghabiskan banyak waktu untuk menatap layar, baik ketika sedang bekerja, belajar atau bermain game. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan mata. 

Nah, ketika sedang menatap layar, maka seseorang menjadi jarang berkedip seperti biasanya. Hal ini membuat mata menjadi iritasi, cepat lelah dan kering. Tidak heran, jika dalam beberapa waktu kemudian, mata akan mengalami gatal. 

6.Penggunaan Lensa

Penggunaan lensa ternyata bisa menyebabkan mata menjadi gatal. Biasanya, ketika kamu memakai lensa kontak dalam waktu yang cukup lama atau memang jarang diganti, maka mata akan menjadi gatal. Selain itu, beberapa orang juga merasa alergi terhadap cairan lensa kontak. Tentu saja, kondisi ini bisa membuat mata menjadi tidak nyaman. Lambat laun kondisinya bisa menjadi lebih parah jika tidak ditangani sesegera mungkin. 

Cara Mengatasi Mata Gatal 

Setelah mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan mata menjadi gatal, maka selanjutnya perlu memahami mengenai cara untuk bisa mengatasi hal ini. Ada beberapa cara yang ternyata bisa kamu lakukan. 

1.Menggunakan Kompres Air Hangat atau Dingin 

Kompres mata merupakan salah satu cara mengatasinya. Di mana, kamu bisa menggunakan air hangat atau air dingin untuk melakukan cara ini. Tentunya, penggunaan air hangat dan dingin ini disesuaikan dengan faktor penyebabnya. Jika memang mata menjadi gatal karena disebabkan oleh bintitan, maka kamu bisa menggunakan air hangat. Sementara, jika disebabkan oleh konjungtivitis, maka bisa dikompres menggunakan air dingin. 

2.Mengkonsumsi Obat 

Ada cara lain yang biasanya dilakukan oleh seseorang, yaitu dengan mengkonsumsi obat. Pengkonsumsian obat sendiri harus melalui resep dokter, agar nantinya tidak salah. Biasanya, untuk kondisi yang disebabkan oleh alergi, maka kamu harus mengkonsumsi obat minum dan obat tetes mata yang mengandung antihistamin. 

Sementara itu, untuk mengurangi kemerahan pada matanya, maka bisa mengkonsumsi obat yang mengandung dekongestan. Kemudian, untuk cara mengatasi rasa gatal karena infeksi akan diberikan obat tetes dan minum yang mengandung antibiotik. 

3.Selalu Menjaga Kebersihan Mata 

Nampaknya, kebersihan mata memang sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Padahal menjaga kebersihan mata sangatlah penting. Biasanya, menjaga mata tetap bersih ini bisa menghindarkan kamu dari gejala-gejala yang mengganggu. Untuk menjaga kesehatan mata ini, kamu bisa membasuh mata dengan air, kemudian dilap sampai kering. 

Jika sudah, maka kamu bisa meneteskan obat mata. Selain berfungsi untuk mengeluarkan kotoran di dalam mata, hal ini juga bisa menjadi salah satu cara mengatasinya. Jangan lupa juga untuk melepaskan lensa kontak ketika sudah seharian menggunakannya. 

Demikianlah penjelasan singkat mengenai gangguan gatal pada indera pengelihatan, penyebab dan cara untuk mengatasinya. Kesehatan mata memang sangat penting untuk dijaga. Sebab, jika tidak dijaga dengan baik, maka akan muncul beberapa gangguan. 

Baca juga: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload