6 Makanan Penyebab Asam Urat dan Pencegahannya

07 Jul 2021 by Laruan

Secara garis besar, makanan penyebab asam urat adalah makanan yang tinggi akan purin. Akan tetapi tidak hanya makanan yang tinggi purin saja yang harus dihindari agar mencegah penyakit asam urat. 

6 Makanan Penyebab Asam Urat dan Pencegahannya

Asam urat merupakan suatu penyakit yang menyebabkan gejala nyeri dan bengkak sendi. Pada intinya penyakit asam urat adalah penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan metabolisme purin. Purin merupakan molekul yang terbentuk dari atom karbon dan nitrogen dapat ditemukan dalam berbagai makanan. Purin yang tercerna oleh tubuh akan berubah menjadi asam urat dan sebagian besar akan dibuang melalui urin dan kotoran. Namun, karena adanya gangguan metabolisme, maka hasil cerna purin atau asam urat tersebut tertumpuk di antara persendian dan menyebabkan pembengkakan. 

Makanan Penyebab Asam Urat 

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah makanan pemicu asam urat yang memiliki 100-1.000 mg purin per 100 gram bahan: 

  1. Alkohol 

Alkohol terbukti secara penelitian dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Dikutip dari Healthline, bahwa alkohol merupakan salah satu sumber purin yang tinggi. Selain itu juga, alkohol memicu kadar metabolisme nukleotida dalam tubuh yang merupakan sumber purin tambahan. 

  1. Jeroan hewan dan daging merah 

Jeroan hewan seperti otak, lidah, jantung, hati, limpa, ginjal, dan usus juga sebaiknya dihindari bagi penderita asam urat. Kemudian, daging merah seperti daging kambing dan daging sapi juga memiliki kandungan purin yang tinggi. 

  1. Buah-buahan yang dapat berubah menjadi alkohol

Ada beberapa buah-buahan yang jika dikonsumsi terlalu banyak akan tercerna dan berubah menjadi alkohol. Buah-buahan yang dimaksud adalah seperti anggur, nangka, durian, dan nanas. Buah-buahan tersebut jika dicerna akan menghasilkan alkohol dan menyebabkan asam urat yang meningkat. 

  1. Makanan yang diawetkan dalam kaleng 

Makanan dalam kaleng seperti ikan sarden, ikan makarel, dan daging kornet memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dibandingkan makanan yang tidak diawetkan dalam kaleng. Kandungan purin dalam makanan kaleng bisa mencapai 1000 mg per 100 gr sehingga dapat masuk ke dalam daftar makanan pemicu asam urat.

  1. Hewan-hewan laut 

Hewan-hewan laut atau seafood yang memiliki kandungan purin yang cukup tinggi meliputi kerang-kerangan, kepiting, lobster, telur ikan dan ikan air asin. 

  1. Makanan dan minuman terlalu manis 

Tidak hanya penderita diabetes, makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula yang tinggi juga perlu dihindari oleh penderita asam urat. Sebenarnya makanan minuman yang manis tidak memiliki purin yang tinggi namun permasalahan terletak pada fruktosa (gula dari sirup jagung) yang jika dicerna oleh tubuh akan menghasilkan purin. Sehingga makanan dan minuman yang terlalu manis masuk ke dalam daftar makanan pemicu asam urat.

Pencegahan Asam Urat 

Pencegahan yang baik dalam mengatasi asam urat adalah dengan menghindari konsumsi berlebihan makanan pemicu asam urat yang memiliki kandungan purin tinggi. Namun, selain itu ada beberapa cara yang harus dilakukan agar metabolisme purin tetap lancar. Berikut adalah pencegahan yang dianjurkan untuk dilakukan dalam mengatasi asam urat:

  1. Olahraga rutin 

Olahraga ringan yang rutin lebih baik dibanding dengan olahraga berat dalam sekali waktu. Olahraga ringan yang baik dilakukan adalah berjalan kaki setiap pagi selama 30-60 menit.

  1. Konsumsi air putih 2 liter sehari 

Mengkonsumsi air putih dapat menurunkan resiko asam urat karena asam urat yang terbentuk oleh purin dapat langsung dibuang melalui urin. Oleh karena itu asam urat tersebut tidak akan sempat menumpuk dalam sendi dan menyebabkan pembengkakan.

  1. Konsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat 

Buah dan sayur yang dikonsumsi lebih baik yang kaya akan serat dan hindari buah yang memiliki kandungan alkohol seperti makanan penyebab asam urat di atas. 

  1. Batasi konsumsi gula harian

Konsumsi gula harian yang baik bagi orang dewasa adalah 30 gr atau setara dengan 7 sendok teh. Minuman kemasan berasa juga sebaiknya dihindari karena pada umumnya minuman kemasan memiliki kandungan gula yang tinggi. 

  1. Hindari rokok dan alkohol

Menghindari rokok dan alkohol bertujuan agar tubuh selalu sehat dan bugar sehingga secara tidak langsung akan mencegah penumpukan asam urat di persendian. 
Jika Sobat Pintar memiliki orang tua yang memiliki penyakit asam urat sebaiknya Sobat Pintar juga tetap waspada karena Sobat Pintar berisiko terkena asam urat seperti orang tua Sobat Pintar. Dengan menjaga pola hidup sehat, olahraga rutin, dan membatasi makanan penyebab asam urat Sobat Pintar dapat menjaga dan terhindar dari penyakit asam urat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload